Sponsors Link

4 Manfaat Obat Batuk Ventolin Expectoran yang Ampuh Mengobati Batuk

Sponsors Link

Ventolin Expectoran merupakan obat yang digunakan untuk meredakan dan mengobati berbagai gangguan pernapasan. Obat ini mempunyai kandungan zat aktif berupa Salbutamol dan Guaifenesin.

ads

Obat ini merupakan buatan GlaxoSmithKline Indonesia, penggunaan obat Ventolin Expectoran sebaiknya dikonsumsi pada waktu perut kosong, dan gunakan obat ini 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.

Manfaat Obat Batuk Ventolin Expectoran

Manfaat obat batuk Ventolin Expectoran adalah untuk untuk meredakan dan mengobati berbagai gangguan pernapasan. Contohnya seperti batuk, bronkial asma, bronkitis kronis, emfisema, meredakan obstruksi saluran napas dengan cara mengobati batuk sesak dan memperbaiki ventilasi paru.

Berikut merupakan penjelasan manfaat obat batuk Ventolin Expectoran, antara lain :

  1. Mengatasi Batuk

Manfaat obat batuk Ventolin Expectoran yang pertama sebagai cara ampuh mengatasi batuk. Kandungan zat aktif berupa Guaifenesin ini umumnya digunakan untuk mengobati batuk dikarenakan gangguan saluran pernapasan, misalnya flu dan juga bronkitis. Obat pengencer dahak ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak pada saluran pernapasan, sehingga penyebab hidung tersumbat pun hilang, alhasil saluran pernapasan pun menjadi lega.

  1. Mengatasi Batuk Karena Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis terjadi karena adanya peradangan atau pembengkakan pada bagian saluran pernapasan di paru-paru. Bronkitis kronis ditandai dengan batuk disertai dengan dahak yang berlangsung berhari-hari. Batuk disertai dahak ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, minimal 3 bulan dan berlangsung selama 2 tahun berturut-turut. Adabaiknya mengetahui ciri-ciri batuk kronis.

Penyebab penyakit bronkitis kronis adalah virus, virus ini juga dapat menyebabkan flu. Penyebab bronkitis akut sering kali dikarenakan oleh flu. Berikut merupakan gejala penyakit bronkitis kronis, antara lain ;

  • Batuk. Ketahui juga buah apel menghilangkan batuk.
  • Adanya lendir berwarna putih. Hijau atau abu-abu kuning.
  • Mudah lelah dan capek.
  • Sesak napas.
  • Demam ringan dan juga bandan menjadi kedinginan.
  • Dada terasa tidak nyaman.
  1. Mengatasi Batuk karena Asma Bronkial

Obat batuk Ventolin Expectoran ini juga dapat mengobati batuk yang dikarenakan asma bronkial, kandungan salbutamol dan guaifenesin pada obat ini merupakan penyebabnya. Penyakit asma baronial merupakan gangguan saluran pernapasan yang dikarenakan adanya peradangan pada bronkus atau biasa disebut dengan saluran udara.

Adanya peradangan tersebut lalu menjadikan bronkus menjadi bengkak serta menyempit, dan memproduksi lendir secara berlebih. Adanya produksi lendir berlebih pada paru ini menjadi sebuah reaksi dari peradangan yang kemudian menyumbat saluran udara, sehingga penderitanya akan mengalami kesulitan dalam bernapas.

Berikut merupakan gejala yang muncul bila mengalami asma bronkial, antara lain Batuk keras

  • Munculnya suara mengi. Berikut merupakan obat tradisional batuk mengi.
  • Kesulitan untuk bernapas lega.
  • Dada terasa sesak.
  • Tubuh menjadi mudah lelah.
  1. Mengatasi Batuk karena Emfisema

Manfaat obat batuk Ventolin Expectoran selanjutnya yaitu mengatasi batuk yang disebabkan emfisema. Kadungan zat aktif berupa salbutamol merupakan penyebabnya. Penyakit efisema merupakan gangguan saluran pernapasan yang terjadi pada paru-paru umumnya menyebabkan napas menjadi lebih pendek. Emfisema merupakan penyakit progresif jangka panjang dan temasuk dalam kelompok Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau disingkat dengan PPOK.

Emfisema disebut sebagai paru obstruktif karena aliran udara di bagian pernapasan diperlambat karena alveoli mengalami pembengkan berlebih. Gangguan yang terjadi ini akhirnya menghambat pertukaran gas yang terjadi pada saat bernapas.

Pasien dengan penyakit emfisema ini mengalami gangguan pada jaringan paru-paru yang memiliki fungsi dalam pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida menjadi hancur. Pada waktu jaringan rusak, saluran udara juga ikut mengalami kerusakan, alhasil paru-paru penderitanya akan sulit untuk mengosongan udara. Kerusakan ini justru membuat udara terjebak dalam alveoli.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan