Sponsors Link

16 Manfaat Semangka untuk Batuk Berdahak yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Siapa yang tidak tahu dengan buah semangka, dari anak-anak hingga lansia pasti mengenal buah yang satu ini dan sudah barang tentu sudah pula mnegonsumsi buah yang satu ini tentunya, terkecuali jika memang ia mengalami phobia dengan buah, khususnya buah semangka ini. Aneh memang, akan tetapi benar adanya bagi sebagian orang. Hal semacam ini termasuk phobia yang dalam bahasa medis disebut carpophobia. Phobia atau ketakutan yang dialami seseorang biasanya efek dari sesuatu yang tidak ia sukai atau membekas kenangan buruk tentangnya atau bisa jadi sebagai olokan untuk menakut-nakuti semata. Sangat disayangkan padahal buah semangka ada banyak manfaatnya, khususnya untuk batuk berdahak.

ads

Semangka berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, semangka pertama kali dipanen sekitar 5000 tahun yang lalu di Mesir. Pada masanya, buah semangka tersebut dipakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka, ya begitulah kepercayaan nenek moyang saat itu. Namun, pada saat ini kita semua tahu bahwa mereka yang sudah meninggal tidak bisa lagi mendapatkan nutrisi. Lalu, siapa yang berhak mendapatkan nutrisi dari buah semangka ini? Ya, tentu saja kita yang masih diberikan nikmat sehat dan napas setiap harinya.

Manfaat Semangka untuk Batuk Berdahak

Buah semangka adalah buah yang memiliki banyak kandungan air sebesar 92% dari berat seluruhnya, ada kandungan beberapa kandungan gula pula sebesar 8% dan kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A dan C yang berguna untuk metabolisme pada tubuh Anda, serta memiliki kandungan zat kimia yang dibutuhkan pula bagi tubuh Anda seperti zat fosfor, potassium, sodium dan belerang. Ada banyak manfaat semangka yang harus kamu ketahui loh, di bawah ini akan dibahas mengenai manfaat tersebut. Namun, meski begitu mengonsumsi buah semangka sebelum makan atau pada saat perut kosong tidak dianjurkan sebab akan mengakibatkan lambung rusak dan mengubahnya menjadi toksin, dan tidak dianjurkan pula mengonsumsinya sebelum tidur.Manfaat buah semangka untuk kesehatan terangkum seperti di bawah ini, ya.

  1. Memperlancar buang air kecil (urine)
  2. Menolong system pencernaan manusia
  3. Penghalus kulit dan pembasmi flek hitam pada wajah
  4. Menyembuhkan demam sebab semangka mengandung banyak air yang berfungsi untuk meredakan panas pada tubuh
  5. Meringankan gejala encok apabila semangka dicampur dengan susu murni
  6. Mendinginkan darah yang mendidih dalam tubuh
  7. Menyembuhkan penyakit kuning, gatal-gatal, dan kudis apabila semangka digabungkan bersama kurma
  8. Mencegah sariawan
  9. Efisien jika ingin melakukan diet sebab sedikit mengandung gula dan banyak mengandung air sehingga bisa mengurangi porsi makan sebelum mengonsumsi semangka itu sendiri
  10. Menggiatkan kerja jantung
  11. Menetralisir tekanan darah sehingga bermanfaat untuk pasien penyakit hipertensi
  12. Membantu sel-sel tubuh hidup sehat sebab mengandung vitamin C
  13. Memerangi radikal bebas
  14. Mempertahankan kebugaran tubuh
  15. Menyehatkan mata
  16. Mengurangi resiko terjadinya kanker mulut rahim pada wanita
  17. Mengurangi resiko terjadinya kanker pancreas pada wanita
  18. Mengobati batuk berdahak

Wah, ada banyak manfaat dari buah semangka bukan? Nah, sebelumnya telah dibahas salah satu  manfaat semangka untuk batuk berdahak, ternyata ada pro dan kontra loh tentang hal ini. Mari kita kulik lebih mendalam personal hal tersebut. Dan jangan lupa untuk mengetahui
pantangan makanan saat batuk berdahak supaya batuk berdahak cepat hilang dan tidak datang kembali. Buah semangka memang memiliki banyak kandungan air, sumber vitamin C yang tinggi selain buah jeruk, namun kerap dihindari saat batuk sebab pada saat batuk buah semangka ini justru dapat meningkatkan resiko batuk bertambah parah apabila dikonsumsi terlalu banyak maka dari itu kebanyakan orang menganggap semangka sebagai buah yang tidak boleh dimakan saat batuk.

Sponsors Link

Pengobatan Batuk Dengan Buah Semangka

Hal ini dikarenakan pada buah semangka memiliki kandungan asam sitrat yang dapat memicu reaksi batuk, sehingga tenggorokan menimbulkan reaksi gatal. Inilah yang menimbulkan pro dan kontra tentang manfaat semangka untuk batuk berdahak, sehingga timbul dibenak Anda “Bolehkan makan saat batuk?” Namun, jangan khawatir, kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan buah semangka dengan berat sebesar 500-1000 gram saja
  • Siapkan jahe yang telah dicuci bersih
  • Parut jahe hingga Anda dapat memperoleh sari jahenya
  • Siapkan 2 sendok madu putih
  • Masukkan daging semangka ke mangkok, tambahkan sari jahe yang telah diparut, dan madu yang telah disiapkan
  • Aduk hingga semuanya menjadi rata
  • Hidangkan
  • Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.
Sponsors Link

Gimana? Pro dan kontra tentang manfaat semangka untuk batuk berdahak sudah bisa diselesaikan, bukan? Pada langkah-langkah di atas terdapat campuran jahe dan madu dimana fungsi dari jahe sendiri adalah untuk menghangatkan tenggorokan sehingga bisa menetralisir reaksi gatal yang ditimbulkan oleh semangka itu sendiri pada saat batuk dan madu berfungsi untuk melancarkan dahak sehingga mengurangi frekuensi batuk. Hal ini sangat membantu Anda dalam mengatasi batuk berdahak tentu saja dan menjadi salah satu cara mengobati batuk berdahak. Meski demikian, mengonsumsi semangka terlalu banyak pun cukup membahayakan sebab bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti berikut.

  1. Gangguan usus : kandungan likkopen menyebabkan Anda menjadi mual, kembung, diare, muntah, dan gangguan pencernaan jika mengonsumsi terlalu banyak
  2. Gangguan kardiovaskular : disebabkan kandungan potasium yang terlalu tinggi sehingga mengakibatkan detak jantung tidak teratur
  3. Reaksi alergi : hal ini hanya terjadi pada sebagian orang saja.

Selain itu anda jangan lupa untuk menghindari makanan yang menyebabkan batuk. Dari semua pemaparan di atas, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa jangan berlebihan sebab apa-apa yang berlebihan memanglah tidak baik. Terima kasih.

, , ,