Sponsors Link

Mata Bengkak Karena Sinus : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sponsors Link

Sinus merupakan jenis penyakit yang mengganggu rongga hidung, dengan peradangan yang terjadi pada hidung. Hal ini tentu saja akan menyulitkan Anda yang sedang mengalami sinusitis. Terlebih jika Anda telah mengalami senam untuk sinusitis dalam waktu yang lama, bahkan ketika Anda telah melakukan berbagai jenis pengobatan.

ads

Sinusitis ini akan menimbulkan efek samping yang akan mengganggu kesehatan Anda teruta,a pada organ-organ tubuh. Salah satu efek samping yang mengganggu kesehatan Anda terutama pada organ-organ tubuh. Salah satu efek samping dari sinus ialah gangguan pada mata. Gangguan ini dapat berupa infeksi hingga membuat mata Anda menjadi bengkak. Jadi, dibawah ini beberapa hal mengenai mata bengkak karena sinus.

Gejala

Mata bengkak karena sinus tentu saja tidak akan Anda alami secara langsung setelah didiagnosa oleh dokter. Hal ini akan terjadi selama berangsur-angsur ketika darah telah terinfeksi oleh virus dari sinus dan membawanya hingga ke mata. Hal ini dapat Anda rasakan saat mata Anda mulai terasa berat hingga mudah lelah. Juga daya penglihatan Anda akan berkurang secara berangsur-angsur karena infeksi.

Awalnya akan terlihat seperti Anda mengalami masalah penglihatan karena rabun tapi efek ini akan semakin berkembang ketika hal ini terjadi karena cairan sinusitis keluar. Hal ini juga dapat disebut dengan sinusitis etmoid, yang mana sinusitis ini berada di antara mata dan di atas hidung, area sinus ini sangat dekat dengan mata. Hal inilah yang akan mempercepat efek samping seperti mata bengkak karena sinus muncul lebih awal.

Penyebab Mata Bengkak

Mata bengkak karena cairan sinusitis keluar tentu saja disebabkan oleh sinusitis berkepanjangan yang Anda alami walau telah melewati pengobatan yang panjang. Ketika virus penyebab flu burung dari sinus menyerang aliran darah, maka hal tersebut mampu sampai kepada penglihatan Anda. Selain sinus, mata bengkak yang Anda alami dapat diperparah saat Anda mengonsumsi obat sinus, yang mana muncul sebagai efek samping dari pengobatan tersebut. Selain itu, terdapat beberapa penyebab mata bengkak lainnya, seperti dibawah ini.

  1. Hordeolum – atau infeksi dan peradangan pada kelopak mata di kelenjar air mata.
  2. Kalazion – peradangan kronik saat hordeolum tidak dapat ditangani dengan baik.
  3. Benturan
  4. Infeksi pada mata.
  5. Penyakit ginjal.
  6. Hingga pada alergi terhadap obat yang menyerang mata.

Pengobatan Mata Bengkak

Ketika Anda mengalami mata bengkak karena sinus, tentu saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas dan akan sulit untuk melihat. Hal ini tentu saja harus segera diatasi. Berikut ini beberapa pengobatan sinus akut yang baik untuk mengatasi mata bengkak.

  • Kompres Mata dengan kain halus yang telah direndam dalam air dingin. Lakukan hal ini selama sekitar 15 menit, setiap satu jam sekali.
  • Mencuci mata dengan menggunakan larutan garam.
  • Saat malam hari, naikkan kepala di atas bantal untuk mengurangi penumpukan cairan dari sinus.
  • Menggunakan pelindung mata anti radiasi saat beraktivitas. Hal ini digunakan untuk meminimalisir pembengkakan pada mata.
  • Dengan menggunakan sendok batuk setelah minum air dingin, hal ini akan mengurangi pembengkakan pada mata Anda secara cepat. Dinginkan sendok sekitar 10-15 menit sebelum digunakan.

Itulah beberapa hal mengenai mata bengkak karena sinus. Hal ini perlu Anda perhatikan untuk mencegah kondisi pada mata Anda semakin parah dan semakin mengganggu penglihatan Anda. Tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus