Sponsors Link

Mata Merah Karena Flu: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Apa itu flu?

ads

Flu merupakan penyakit yang menyerang hidung yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Flu cenderung terjadi untuk waktu yang sebentar ( untuk 7 sampai 10 hari ), tergantung dengan ketahanan tubuh Anda. Flu juga sering dikenal dengan influenza. Influenza atau cara  pencegahan flu burung merupakan penyakit yang menular yang disebabkan oleh virus RNA atau virus influenza. Flu juga dapat ditularkan lewat udara melalui bersin ataupun batuk. Flu sering ditandai dengan gejala batuk kering, demam tinggi, sakit kepala, hingga merasa kelelahan. Flu juga dapat membuat mata kita menjadi merah, mengapa demikian? Berikut penyebab mata merah karena flu.

Penyebab mata merah karena flu

Flu biasanya menyebabkan mata memerah, ini dikarenakan ketika kita bersin atau batuk di bantal dan di tempat yang dekat dengan daerah wajah dan teraba oleh air mata, maka virus flu dapat menular ke mata. Mata merah biasanya ditandai dengan munculnya kotoran mata berwarna hijau serta bagian dalam kelopak mata bawah akan berwarna merah. Sakit pada mata yang menyebabkan mata memerah juga memiliki kemungkinan bahwa Anda terserang virus olahraga untuk sinusitis. Ini bisa saja terjadi ketika Anda terserang virus flu yang akhirnya berubah menjadi peradangan pada rongga hidung.

Mata merah juga dapat disebabkan oleh orbital selulitis atau infeksi pada jaringan sekitar mata yang merupakan penyakit komplikasi dari sinusitis karena alergi. Namun, bisa saja mata yang memerah diakibatkan oleh efek samping dari obat flu yang Anda konsumsi, karena obat vitamin untuk flu dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering. Pada umunya, mata merah tidak menyebabkan rasa sakit. Jika terasa gatal sebaiknya tidak digaruk menggunakan tangan karena akan membuat iritasi pada mata dan menjadi bengkak.

Bahaya Mata Merah Jika Di Biarkan

Mata merah jika tidak segera diatasi, akan menimbulkan iritasi serta peradangan pada sekitar hidung dan mata. Mata merah yang tidak segera diobati juga akan membuat Anda merasa lemas, mengalami demam tinggi, dan sakit kepala.

Mata merah akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena Anda akan merasa gatal pada area sekitar mata, menimbulkan rasa terbakar, dan sering mengeluarkan air mata karena mata dan area sekitar mata sangat kering terutama saat flu. Adapun beberapa penyakit komplikasi bila mata merah karena flu tidak segera diatasi

  1. Konjungtivitis – Mata merah karena flu akan menimbulkan peradangan atau yang biasa disebut konjungtivitis yang menyebabkan pembuluh darah di mata bengkak. Ini biasanya ditandai ketika mata terus merasa gatal dan berair. Konjungtivitis dapat menular pada orang lain dengan cepat, jika tidak segera diatasi.
  2. Keratitis – Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata, yang dikarenakan virus atau jamur yang terus berkembang. Jika tetap dibiarkan, ini akan berdampak buruk bagi penglihatan Anda.
  3. Glaukoma – mata merah karena flu jika tidak segera diobati, akan menyebabkan timbulnya glaukoma. Glaukoma merupakan penumpukan cairan pada bagian depan mata dan memberikan tekanan berlebih pada area mata. Glaukoma juga dapat merusak sel saraf penglihatan jika tidak segera diobati.

Pengobatan Yang Tepat Mengatasi Mata Merah

Mata merah karena flu tentu saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman, dan kesulitan untuk keluar rumah karena mata merah akan dengan cepat menular. Selain itu, jika tidak diobati akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Berikut beberapa pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan mata merah:

Sponsors Link

  • Menggunakan Air Mawar

Air mawar ternyata memili khasiat yang baik untuk kesehatan mata, dengan merendamnya dalam air dingin. Mencuci mata Anda dengan rendaman air mawar yang dingin akan membuat mata Anda terasa nyaman dan dapat mencegah iritasi berkembang

  • Menggunakan  Mentimun

Mentimun memang memiliki banyak khasiat bagi kecantikan dan kesehatan, salah satunya baik untuk kesehatan mata. Cukup mengiris tipis mentimun dan diamkan di atas mata selama beberapa menit akan membuat mata Anda lebih segar.

  • Menggunakan Obat Resep Dokter

Ini terjadi apabila mata merah yang Anda alami terasa semakin parah, dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata antibiotik dan obat tetes steroid untuk konjungtivitis. Untuk anak-anak yang, biasanya menggunakan salep mata antibiotik untuk menghilangkan bakteri pada mata. Dokter juga akan memberikan minum obat batuk sebelum makan antivirus apabila mata Anda sudah berada dalam tahap konjungtivitis yang disebabkan oleh virus herpes simplex.

Sponsors Link

  • Menggunakan Kompres dingin atau hangat

Cukup dengan merendam kain bersih ke dalam air dingin atau air hangat lalu diusap pada mata secara perlahan. Ini berfungsi untuk meredakan pembengkakan yang terjadi pada mata.

  • Menggunakan Lidah Buaya

Anda dapat menggunakan irisan lidah buaya untuk mengobati mata merah. Karena lidah buaya yang mudah ditemukan, kandungan antiseptik yang berada pada lidah buaya dapat mencegah iritasi dan meredakan rasa panas yang terjadi ketika mata memerah. Lidah buaya juga dapat memberikan rasa nyaman bagi mata.

Selain itu, dengan istirahat yang cukup juga baik untuk mata untuk menghindari aktivitas berlebih pada mata. Hindari pula penggunaan lensa kontak agar mata merah yang Anda alami tidak semakin parah juga untuk menghindari iritasi berlebih yang dapat ditularkan oleh lensa kontak. Demikianlah mata merah karena flu bahaya bagi kesehatan yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari komplikasi yang lebih parah. Semoga artikel ini bermanfaat

, , , , ,