Sponsors Link

15 Minuman Penyembuh Pilek yang Sehat dan Berkhasiat

Sponsors Link

Cuaca selalu berubah-berubah setiap bulanya, bahkan cenderung extreme. Perubahan tersebut biasanya bisa menimbulkan gejala musiman yang umumnya dialami hampir sebagian besar orang, yaitu tenggorokan gatal, batuk hingga hidung berair yang merupakan gejala awal flu. Jika sudah mengalami beberapa gejala tersebut, rasanya kita perlu tahu khasiat bodrex flu dan batuk  atau mencoba makanan khusus yang dapat membantu melegakan beberapa gejala tersebut, seperti makanan penyembuh pilek.

ads

Tahukah Anda, bahwa ketika kita mulai merasakan beberapa gejala awal flu atau influenza ini, kita bisa melakukan tindakan pencegahan yang cepat, dengan menyantap makanan yang mampu membantu meningkatkan sistem imun di tubuh kita yang sering kalah oleh virus dan bakteri penyebab flu. Setelah mengalami beberapa gejala awal tadi, biasanya hidung akan mulai tersumbat. Sebelum menjadi pilek, kita harus mencegahnya dengan makanan penyembuh pilek atau mendapatkan khasiat gambir untuk pilek yang alami.

Perbedaan Flu dan Pilek Biasa

Untuk mengetahui apakah kita sedang terkena flu atau terkena pilek biasa, kita bisa tentukan dari perbedaan gejalanya. Perbedaanya diulas seperti berikut ini:

Pilek biasa

Umumnya menimbulkan beberapa gejala yang jika dibiarkan akan menimbulkan pilek yang cukup mengganggu saluran pernafasan. Lendir atau ingus yang keluar karena pilek ini awalnya akan berwarna bening, namun lama kelamaan teksturnya akan menebal, namun akan lebih cepat sembuh. Gejala-gejalanya seperti:

  • Bersin-bersin
  • Merasa sakit tenggorokan yang biasanya hilang setelah dua hari
  • Mengalami hidung tersumbat atau hidung menjadi berair
  • Disertai dengan batuk yang berdahak berwarna kuning dan hijau
  • Mengalami sakit kepala
  • Kondisi badan menjadi lemas

Flu

Flu atau influenza merupakan biasanya menyerang dengan beberapa gejala-gejala yang cepat dialami oleh tubuh kita. Terkadang, pilek juga menjadi salah satu dari gejalanya. Biasanya,  kepala pusing karena flu  ini akan semakin parah ketika sudah memasuki fase 5 hari, Gejala-gejala flu selengkapnya seperti:

  • Mengalami demam yang cukup tinggi hingga menjelang 5 hari ( sebagian pasien mengalaminya)
  • Mengalami batuk kering
  • Merasakan sakit kepala yang berat
  • Terkadang bisa mengalami sakit tenggorokan juga
  • Kondisi badan menjadi menggigil dan gemetar
  • Merasa sakit otot di seluruh bagian tubuh
  • Merasakan kondisi kelelahan yang parah selama 2 hingga 3 minggu
  • Mengalami mual serta muntah (umumnya terjadi pada anak-anak)

Minuman Penyembuh Pilek

Gejala flu banyak dialami sebagian orang, terutama ketika musim hujan melanda. Saat itu, kondisi tubuh seseorang yang sedang menurun imunitasnya akan sangat mudah terkena flu. Untuk pengobatanya, berbagai macam obat serta suplemen mungkin akan diperlukan agar bisa segera sembuh dari sakit flu, padahal obat flu, sakit kepala, hidung tersumbat hingga pilek yang paling ampuh hanya dengan antibiotik untuk flu dan radang tenggorokan  serta memerlukan istirahat saja.

Ketika tubuh beristirahat karena sedang mengalami gejala flu, tubuh kita membutuhkan nutrisi yang mampu membuat tubuh menjadi lebih kuat dan dapat mempercepat proses penyembuhan dari sakit flu. Nutrisi terbaik adalah minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sedang terserang flu. Dengan mengkonsumsi  minuman tersebut, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat.

Apa saja minuman penyembuh pilek yang menjadi salah satu gejala awal flu ini, berikut ulasanya:

Sponsors Link

  • Minum Teh Hijau

Menurut para ahli gizi, sakit flu akan mengganggu saluran pernafasan bagian atas seseorang. Dengan meminum minuman hangat atau sedikit panas, akan membantu melegakan saluran pernafasan yang terhambat karena pilek menjelang flu. Minuman teh hijau hangat rupanya menjadi minuman antioksidan yang paling cocok diminum saat pilek.

  • Jus Jeruk

Buah jeruk memang kaya akan vitamin C yang tinggi. Manfaat vitamin C sendiri dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, agar tidak mudah terserang virus flu atau bakteri. Mengkonsumsi jus jeruk juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Usahakan, meminum jus jeruk tanpa campuran es.

  • Minuman Elektrolit

Ketika sedang flu dan pilek, kita juga harus menjaga tubuh agar tidak terkena dehidrasi yang hanya menambah parah gejala flu kita. Sebaiknya, kita banyak meminum air putih, serta ditambah dengan minuman elektrolit atau minuman air kelapa, yang dapat memberikan zat potassium serta sodium yang dibutuhkan tubuh. Minuman elektrolit juga dapat memberikan kalori pada tubuh.

  • Kuah Sup Ayam

Sup ayam merupakan sajian beberapa sayuran ditambah kaldu ayam dan daging ayam, yang disajikan hangat. Sup ayam juga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami gejala pilek dan flu, karena kandungan vitamin dan sodium pada sayuran seperti wortel atau kentang. Sementara itu, daging ayam dalam sup tersebut mengandung protein yang juga bermanfaat untuk memberikan tenaga pada tubuh. Aroma sup hangat, bahkan bisa melegakan hidung yang tersumbat.

ads
  • Minuman BRAT 

Ketika seseorang mengalami flu, terkadang mereka juga merasa mual serta menyarankan untuk mengkonsumsi makanan penyembuh pilek seperti BRAT food. BRAT adalah istilah bahasa inggris untuk singkatan dari pisang, nasi, saus apel serta roti panggang. Agar lebih praktis, jadikan BRAT ini sebagai minuman sehat dengan di mix antara pisang dan saus apel, tanpa mencampurkan nasi dan roti panggang. dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat untuk menyembuhkan pilek.

  • Air Jahe

Tanaman herbal yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan alami flu serta meredakan pilek dan hidung tersumbat adalah jahe. Jahe dapat menjadi ramuan minuman tradisional yang cocok diminum ketika flu. Anda bisa merebus jahe untuk membuat minuman khusus atau menambahkan jahe ke dalam teh serta sup agar mendapatkan manfaatnya.

  • Jus Buah dan Sayur

Buah dan sayuran sepertinya selalu cocok untuk dikonsumsi kapan saja, termasuk ketika kita sedang terserang flu dan pilek. Buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan, yang berperan dalam meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, serta menjaga kesehatan. Beberapa jenis sayur dan buah yang bisa dicoba adalah buah beri, buah jeruk dan paprika. Buah dan sayuran tersebut dapat dibuat menjadi minuman jus yang menyegarkan (usahakan tanpa menggunakan es) agar bisa mendapatkan manfaat antioksidanya.

  • Minuman Leci

Buah leci yang berwarna putih ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi gejala flu dan mengurangi gejala pilek. Buah leci yang umumnya kita temukan dalam syrup ini, memiliki kandungan anti oksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, agar terhindar dari virus penyebab flu serta pilek.

  • Jus Tomat

Tomat memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengoptimalkan imunitas dalam tubuh ketika sedang flu dan pilek. Tomat yang memiliki kandungan lycopene yang akan membantu membangun kembali sel-sel yang menjadi penyebab kanker.

  • Minuman Campur Madu

Madu juga dapat dikonsumsi ketika sedang mengalami flu dan pilek tanpa khawatir. Sebab madu dapat membantu menyembuhkan iritasi pada saluran pernafasan atas ketika flu dan pilek. Sebaiknya madu dikonsumsi hanya untuk anak-anak dan dewasa di atasi usia 12 tahun agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal. Hindarkan konsumsi madu bagi anak-anak dibawah usia 12 tahun. Agar lebih mudah diminum, campurkan madu dengan air hangat secukupnya.

  • Air Garam

Air garam ternyata bisa membantu mengatasi pilek karena cuaca yang sedang tidak mendukung. Garam memberikan efek dehidrasi yang dapat mengeluarkan cairan berlebih serta membunuh bakteri penyebab flu yang mungkin terjebak di area tenggorokan. Berkumur dengan larutan air garam sebanyak 3 kali sehari, dapat membantu mengobati gejala pilek yang mengganggu.

Sponsors Link

  • Yogurt

Minuman yogurt juga memiliki kandungan protein yang tinggi, ditambah dengan kandungan prebiotik di dalamnya. Yogurt memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai penyakit. Tubuh kita akan lebih sehat dan lebih kuat, dibantu dengan obat pilek untuk bayi 2 bulan jika pasien masih bayi, serta mengetahui  bakteri yang terdapat pada yogurt, dapat mengalahkan bakteri jahat penyebab penyakit seperti sakit tenggorokan, hingga hidung tersumbat dan pilek.

  • Air Putih

Minuman yang paling mudah dikonsumsi tanpa harus repot, namun menyehatkan adalah minum air putih. Air putih membantu kita mengurangi dehidrasi serta mampu melawan virus serta bakteri yang dapat menyebabkan pilek hingga flu.

  • Jus Jambu Biji

Buah jambu biji juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin  C cukup tinggi di dalamnya. Senyawa yang terkandung di dalamnya seperti jenis polifenol, licopen serta quersitin, mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, mencegah sel kanker dan dapat mengurangi gejala pilek.

  • Jus Alpukat 

Makanan yang mengandung zinc juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan vitamin untuk flu agar tidak mudah terkena virus dan bakteri penyebab pilek atau flu. Beberapa makanan tersebut seperti brokoli, bayam, wortel, kacang mete, kacang hijau, serta buah jus apel dan jus alpukat.

Saat terkena pilek, kita mungkin akan merasa kurang berselera untuk makan mengingat kondisi hidung yang sedang tersumbat atau berlendir karena pilek. Namun, beberapa makanan dan minuman ada yang bisa dikonsumsi dan cocok untuk pilek seperti makanan penyembuh pilek. Dengan begitu, nutrisi akan tetap terpenuhi dan mempercepat proses penyembuhan dari flu dan pilek.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman