Sponsors Link

3 Obat Batuk Berdahak Berwarna Kuning Yang Aman untuk Tubuh

Sponsors Link

Batuk adalah salah satu jenis penyakit yang membuat tenggorokan terasa gatal – biasanya disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Namun, batuk ini merupakan yang cukup ringan karena akan mereda dalam waktu dekat. Terkadang batuk yang Anda alami, bisa saja merupakan batuk kering – bisa juga berupa khasiat obat batuk mucopect berdahak. Jika anda mengalami gerakan yoga untuk menghilangkan batuk berdahak, maka dahak tersebut akan sangat mengganggu karena akan selain menyumbat rongga pernapasan juga akan sangat sulit bagi Anda untuk beraktivitas ketika harus terus-terusan mengelurkan dahak tersebut.

ads

Dahak dari batuk berdahak dapat berwarna hijau, juga kuning. Saat Anda mengalami batuk berdahak berwarna kuning – jangan khawatir. Berikut ini beberapa rekomendasi obat batuk berdahak berwarna kuning yang dapat Anda konsumsi.

  1. Menggunakan obat ekspektoran

Salah satu obat batuk berdahak berwarna kuning ini yaitu obat ekspektoran. Obat ekspektoran ini dapat digunakan untuk mengurangi iritasi dan mengurangi batuk secara alami. Selain itu, juga dapat mengurangi dahak kuning yang Anda alami. Intinya, obat ekspektoran ini tidak hanya akan mengurangi batuk – juga membersihkan tenggorokan dari dahak yang mengganggu.

Obat ekspektoran ini dapat Anda temukan di Apotek terdekat dengan merk yang berbeda seperti Amonium klorida, potasium sitrat, guaifenesin, dan atau gliseril guaiakolat. Namun, sebelum menggunakan obat tersebut, jangan lupa untuk membaca aturan pakai yang biasanya tertera di kemasan obat. Ataupun, Anda telah mendapatkan rekomendasi dari dokter atas obat batuk berdahak karena merokok tersebut.

2. Menggunakan Mukolitik

Selain obat ekspektoran, Anda juga dapat menggunakan mukolitik. Mukolitik ini merupakan salah satu obat batuk berdahak berwarna kuning yang cukup ampuh. Obat Mukolitik ini seperti Bromhexine dan Ambroxol. Kedua obat tradisional ingus berbau busuk berjenis mukolitik tersebut berfungsi untuk mengencerkan dahak – terutama dahak berwarna kuning – yang cukup lengket di tenggorokan Anda.

Obat pengencer dahak ini juga dapat Anda temukan dengan mudah di Apotek. Pastika bahwa sebelum mengonsumsi obat ini, baca terlebih dahulu aturan pakai pada kemasan atau pastikan bahwa Anda telah mendapatkan rekomendasi dari dokter atas penggunaan obat ini.

3. Dekongestan

Dekongestan memang sangat berguna untuk menyembuhkan segala jenis penyakit di hidung dan tenggorokan. Juga dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak berwarna kuning. Karena fungsinya yang juga dapat menurunkan jumlah dahak yang mengganggu tenggorokan Anda. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan obat suara serak ini untuk menghindari komplikasi penyakit jika Anda memiliki riwayat penyakit lainnya yang berpotensi merusak kesehatan Anda.

Selain ketiga obat yang dapat Anda temukan di Apotek diatas – Anda juga dapat mengonsumsi beberapa rekomendasi dibawah ini yang dapat Anda gunakan atau racik sendiri dirumah.

  • Mengonsumsi air putih minimal 2 liter untuk sehari
  • Berkumur dengan menggunakan air garam – 1 menit, 3 kali sehari (125 ml air dan 3/4 sendok teh garam).
  • Mengonsumsi Vitamin C seperti bioflavonoid.
  • Mengonsumsi madu, jahe atau lemon – dapat Anda campurkan dengan teh hangat.
  • Menggunakan campuran bawang putih dengan vitamin C
  • Berhenti untuk merokok ataupun mengonsumsi minuman beralkohol
  • Berolahraga dengan rutin – untuk mencegah kemungkinan yang dapat terjadi ketika Anda mengalami batuk berdahak berwarna kuning seperti bronkhitis.

Itulah beberapa rekomendasi obat batuk berdahak berwarna kuning yang dapat Anda konsumsi aman dan sehat bagi kesehatan. Namun – sekali lagi – pastikan Anda telah membaca aturan pakai atau  telah berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat mencegah efek samping dari pemakaian obat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan