Sponsors Link

5 Obat Batuk Sebelum Makan Secara Medis

Sponsors Link

Saat sedang batuk, terkadang kita merasa kurang nyaman dan sulit bernafas dengan baik, karena gangguan kesehatan ini muncul di area saluran pernafasan, seperti tenggorokan. Batuk yang sering dialami sebagian besar orang terdiri dari batuk kering dan batuk berdahak. Batuk bukan penyakit yang berat dan berbahaya, jika gejalanya hanya muncul kurang dari 1 minggu. Penanganan yang diberikan biasanya berupa obat batuk kering atau batuk berdahak.

ads

Terdapat berbagai merek obat batuk yang cara mengobati batuk dengan belimbing wuluh memiliki kandungan zat aktif yang efektif untuk mengatasi batuk dan membunuh bakteri atau virus penyebab batuk. Ketika mengkonsumsi obat batuk, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting, seperti keluhan batuk yang dirasakan (kering atau berdahak, kemudian perhatikan juga dosis yang harus diberikan. Dewasa dan anak –anak memiliki dosis yang berbeda, perhatikan juga kapan waktu yang tepat untuk minum obat, sebelum makan atau sesudah makan.

Aturan Minum Obat

Sama halnya seperti aturan minum obat pada umumnya, obat juga biasanya disarankan untuk diminum pada waktu tertentu. Terdapat dua aturan minum obat, ada yang sebelum makan ada juga yang sesudah makan. Mengapa ada aturan seperti itu, berikut ulasanya:

  1. Obat  diminum Setelah Makan

Aturan minum obat yang pertama adalah harus bersama antibiotik untuk batuk pilek makanan atau setelah makan. Hal ini berarti obat apapun itu, harus diminum setidaknya dalam waktu 30 menit setelah makan. Beberapa obat yang mengikuti aturan minum obat ini seperti jenis obat aspirin dan metformin. Jika diminum setelah makan juga akan mengurangi terjadinya efek samping.Selain itu, alasan minum obat setelah makan sebagai berikut:

  • Mendukung kerja obat, seperti jenis obat antasida yang bekerja saat ada makanan masuk ke lambung
  • Obat dapat terserap tubuh, beberapa obat yang masuk ke tubuh ada juga yang mudah keluar begitu saja (lewat pencernaan). Maka sebaiknya minum obat setelah makan
  • Memastikan obat terserap aliran darah, makanan yang masuk hingga ke lambung dan usus terjadi untuk menyerap obat agar bekerja maksimal menyatu dengan darah
  • Membantu tubuh mencerna makanan, minum obat setelah makan juga dapat memudahkan mencerna makanan tersebut, seperti obat diabetes yang dimakan untuk mengurangi kadar gula darah setelah makan.

  2. Minum Obat Sebelum Makan

Sebaliknya, minum obat sebelum makan atau ketika dahak bening berbusa perut dalam keadaan kosong juga ternyata dapat membuat kinerja obat lebih efektif, karena:

  • Meningkatkan penyerapan obat
  • Makanan menghambat kinerja obat
  • Meningkatkan efektifitas kerja obat

Obat Batuk Sebelum Makan Secara Medis

Khusus untuk pengobatan batuk, beberapa merek dan jenis obat batuk juga ada yang harus diminum sebelum makan dan sesudah makan. Apa saja obat batuk yang anak batuk minum susu coklat diminum sebelum makan, berikut ulasanya:

  • Dextromethophan, obat batuk ini biasanya diberikan sesuai dengan resep dokter. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum makan atau sesudah makan. Obat ini efektif atasi batuk kering.
  • Decolsin, obat ini juga mengandung zat dextromethophan yang memiliki fungsi sama untuk atasi batuk dan dapat dikonsumsi sebelum makan
  • Bodrex flu dan batuk, obat yang popular ini juga memiliki kandungan dextromethophan untuk atasi batuk dan dikonsumsi sebelum makan
  • Bromhexin, obat untuk batuk berdahak yang merupakan resep dokter efektif atasi batuk berdahak. Obat ini tentunya dapat diminum sebelum makan atau sesudah makan
  • Triaminic ekspektoran,obat batuk sirup khusus anak-anak ini juga dapat dikonsumsi sebelum makan dan efektif atasi batuk.

Ketika minum obat batuk, sebaiknya perhatikan dosis dan aturan minum obat batuk sebelum makan secara medis agar kinerjanya benar-benar maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan