Sponsors Link

9 Obat Batuk Terus Menerus Pada Anak Terkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Batuk memang gejala umum yang menyerang anak. Terutama jika cuaca tidak bersahabat. Ini dikarenakan sisitem imun anak yang masih lemah jika di bandingkan dengan imun pada orang dewasa. Batuk yang menyerang anak tidak jarang adalah sejenis batuk kronis berulang pada anak, yaitu batuk yang melanda dalam jangka waktu lebih dari 2 minggu. Bahkan tak jarang pula batuk kronis terjadi secara terus menerus pada anak.

ads

Ada banya faktor penyebab terjadinya batuk terus menerus pada anak dan beberapa diantaranya merupakan ciri-ciri batuk yang berbahaya. Inilah mengapa batuk berulang pada anak sebenarnya butuh penanganan dan kewaspadaan. Beberapa penanganan atau obat batuk terus menerus pada anak sering kali bisa kita lakukan sendiri di rumah sebagai tindakan pertolongan pertama. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan beberapa penangan batuk terus menerus pada anak:

  • Menjaga Hidrasi Tubuh Anak

Berilah anak minum air putih yang cukup selama masa pemulihan dari gejala batuk. Setidaknya anak harus minum air putih sebanyak 9 gelas setiap harinya. Cairan ini berfungsi sebagai zat yang membantu dalam mengencerkan sekresi atau lendir yang di produksi selama terjadinya batuk. Cairan tersebut juga dapat membantu dalam meredakan iritasi dan menyejukkan tenggorokan.

  • Gunakan Air Garam

Telah semenjak lama larutan air garam di yakini dapat menjadi penyembuh berbagai iritasi oleh bakteri maupun kuman lainnya. Walupun terlihat sepele, namun buatlah anak agar bisa berkumur dengan air garam. Ini merupakan salah satu obat batuk terus menerus pada anak yang cukup efektif. Bahkan termasuk menjadi penanganan pada anak batuk pilek setiap bulan. Air larutan garam dapat membantu dalam memberikan erasaan lega dan mengurangi adanya pembengkakan akibat reaksi radang.

  • Minum Obat Batuk

Obat penekan batuk sebenarnya tidak akan menghentikan penyebab utama terjadinya batuk, ini hanya dipakai untuk membantu anak agar bisa beristirahat tanpa adanya gangguan batuk dan memberikan rasa lega. Obat ini hanya akan menekan terjadinya ransangan batuk. Beberapa obat penekan batu yang sedah umum di konsumsi adalah delsym, ribotussin batuk, vicks dan triaminic yaitu obat penekan batuk golngan dextromethorphan. Hanya saja obat penekan batuk tidak dianjurkan bagi anak yang mengalami batuk produktif.

  • Permen Pelega Tenggorokan

Ada sejenis obat yang banyak terkandung pada beberapa jenis permen pelega tenggorokan yang dapat memberikan sensasi rasa lega pada tenggorokan. Karena ada banyak sekali penyebab batuk tak kunjung sembuh, inilah mengapa sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui faktor penyebab agar bisa mengobati penyebabnya terlebih dahulu. Sebelum itu, permen pelega tenggorokan akan membantu menenangkan dan membersihkan saluran nafas, karena mengandung pepermin dan eukaliptus.

  • Konsumsi Buah-buahan

Buah buahan yang mengandung flavonoid dan serat tinggi telah terbukti dapat mengurangi dan mencegah adanya batuk berkepanjangan pada anak. Batuk yang terjadi secara terus menerus merupakan ciri-ciri batuk kronis yang harus segera di atasi. Keberhasilan pengobatan telah di tunjukkan pada konsumsi pir, anggur dan apel. Namun demikian anda juga bisa memberikan buah ceri, jeruk, sroberi maupun blueberry pada anak karena mengkonsumsi buah merupakan salah satu obat batuk terus menerus pada anak yang pastinya akan disukai oleh anak.

Sponsors Link

  • Hindari Hal Yang Memicu Alergi

Jika anda merasa bahwa batuk terus menerus yang di alami anak anda adalah akibat reaksi dari alergi, maka cobalah sebisa mungkin untuk menghindari pemicu dari alergi tersebut. beberapa pemicu alergi yang umum adalah debu, sabun wangi, bulu binatang, parfum dan serbuk sari. Untuk meredakan batuk terus menerus yang terjadi akibat reaksi alergi pada anak dapat menggunakan dekongestan dan antihistamin.

  • Gunakan Alat Pelembab Udara

Alat pelembab udara atau yang di kenal dengan istilah humidifier adalah sebuah alat yang dapat memabatu juga menjaga kelembaban dari udara di ruagan anda, serta membantu dalam membersihkan nafas dan meringankan tenggorokan dengan mengurangi adanya udara kering penyebab batuk. Tenggorokan anak akan terasa lebih lega jika udara di sekelilingnya lembab dan hangat, ini juga membantu meredakan gatal dan adanya bengkak di tenggorokan. Jika anda tidak memiliki alat ini di rumah, maka anda bisa melakukan alternatif lain yaitu membuat anak mandi air hangat. Ini merupakan terapi uap yang bisa membantu menenangkan dan melegakan tenggorokan.

Sponsors Link

  • Mengkonsumsi Madu

Madu merupakan obat alami yang telah di kenal dan di anjurkan semenjak dahulu kala untuk mengobati batuk yang terjadi secara terus menerus atau batuk lama. Bahkan adanya penelitian yang membuktikan bahwa efektifitas mad sama dengan obat batuk dextromethorpan yang mampu melawan batuk di kala malam tanpa adanyanya efek samping. Anda cukup menggunakan 1 sendok makan teh madu kedalam teh herbal hangat dan memberikannya kepada anak anda dan ini akan meringankan nyeri tenggorokan sekaligus rasa gatal.

  • Konsumsi Benzonatate

Obat penekan batuk yang satu ini diyakini dapat mengurangi adanya reflek batuk di area paru-paru hingga mampu meredakan batuk kronis. Golongan obat benzonatate yang biasanya diresepkan dan bisa anda temukan di apotik adalah zonatus dan tessalon perles. Gunakan sesuai dosis dan ajuran yang sudah di tetapkan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang obat dari batuk terus menerus pada anak yang dapat kami sampaikan agar bisa menjadi lini utama metode penyembuhan di rumah yang bisa anda terapkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan