Sponsors Link

Obat Benacol SYR EXP 60 Ml: Dosis, Cara Pemakaian, dan Efek Samping

Sponsors Link

Anda masih bingung untuk menentukan pilihan mengonsumsi obat dengan merk yang mana untuk mengatasi flu dan batuk? Mungkin obat benacol ini bisa jadi pilhan untuk Anda dan keluarga Anda. Obat benacol merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh Kalbe Farma dalam kemasan botol berbentuk sirup dengan isi 60 ml. Obat benacol ini bisa digunakan untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak dengan takaran dosis yang berbeda tentunya. Takaran dosis yang dinajurkan untuk orang dewasa yaitu 1 hingga 2 sendok takar tiap 3 hingga 4 jam dan 2 sendok takar pada malam harinya. Sedangkan, takaran dosis untuk anak-anak dianjurkan untuk mengonsumsi obat sebanyak ½ sampai 1 sendok takar tiap 4 jam dan hanya 1 sendok takar pada malam harinya. Dan minumlah obat ini hanya jika setelah Anda makan.

ads

Obat benachol bisa dibeli secara mandiri dengan atau tanpa resep dokter. Meski telah diinformasikan sebelumnya mengenai takaran dosis obat tersebut, perhatikan pula bahwa sendok takar tak bisa digantikan dengan sendok makan atau sendok the biasa, sebab bisa menimbulkan perbedaan takaran nantinya. Sendok takar yang tersedia jelas akan menakar obat tersebut dimana untuk satu sendok takar senilai sama dengan 5 ml. Untuk diketahui obat benachol ini memiliki beberapa kandungan seperti Diphenhydramine, Amonium klorida, Guaiacolsulfonate, Natrium sitrat, dan Menthol. Oleh sebab itu, kocoklah terlebih dahulu sebelum meminum obat benachol agar semua kandungan di dalamnya tercampur. Khasiat yang ada dalam setiap kandungan obat benachol seperti yang telah disebutkan sebelumnya akan terangkum seperti di bawah ini :

  • Diphenhydramine berkhasiat untuk meredakan batuk yang sedang Anda alami dan melegakan tenggorokan
  • Amonium klorida berkhasiat untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan, sehingga frekuensi batuk dapat berkurang sebab kandungan ini sebagai cara menghilangkan dahak
  • Guaiacolsulfonate berkhasiat untuk mengurangi gejala flu dan meredakan batuk secara mendalam
  • Natrium sitrat berkhasiat untuk mengencerkan lendir pada saluran napas pada saat Anda mengalami flu
  • Menthol berkhasiat mengatasi nyeri apabila Anda juga terserang demam pada saat flu dan batuk

Dosis Obat BENACOL SYR EXP 60 ML

Hal-hal lainnya yang harus Anda perhatikan bila mengonsumsi benacol jika ditinjau dari kandungan-kandungan komposisi yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Kandungan diphenhydramine merupakan golongan obat antihistamin, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelumnya apabila Anda menderita gangguan kesehatan seperti asma, emfisema, bronchitis kronis, glaucoma, gangguan fungsi kandung kemih, penyakit jantung, hipertensi, dan gangguan kelenjar tiroid. Selain itu, jangan mengonsumsi obat benacol apabila Anda mengalami alergi terhadap obat ini dan segeralah meminta bantuan medis.
  • Kandungan Amonium klorida merupakan golongan obat ekspektoran, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelumnya apabila Anda menderita gangguan kesehatan seperti penyakit ginjal, hati, aritmia, dan hiponatremia. Selain itu, hentikan mengonsumsi obat benacol apabila Anda mengalami keracunan ammonium dengan gejala pucat, berkeringat, napas tidak beraturan, muntah, brakardia, dan kejang.
  • Kandungan guaiacolsulfonate akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan dengan gejala ruam kulit, mual, muntah, sakit perut, dan demam. Oleh sebab itu, apabila ada gejala tersebut setelah meminum obat segeralah konsultasikan ke dokter

Cara Pemakaian Obat Benacol SYR EXP 60 Ml

Adapun beberapa cara pemakaian yang harus diperhatikan apabila sedang mengonsumsi obaat benacol ini, meliputi :

  1. Apabila sedang mengonsumsi obat benacol tidak dianjurkan dalam keadaan berkendara atau melakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi
  2. Jangan barengi minum obat benacol dengan menegak alcohol
  3. Tidak dianjurkan mengonsumsi obat benacol ini pada ibu hamil dan anak anak yang maasih berusia di bawah enam tahun. Namun, apabila memang dibutuhkan perlu rekomendasi atau sesuai dengan resep dokter untuk anjuran pemakaiannya.
  4. Jangan mengonsumsi obat melebihi takaran dosis yang telah ditentukan sebab malah akan memperparah kondisi kesehatan Anda
  5.  Perhatikan tanggal kadaluwarsa pada kemasan yang Anda beli, pastikan Anda tidak mengonsumsi obat tersebut di atas tanggal yang telah tercantum di kemasan tersebut.
  6. Simpan di tempat yang benar, di suhu ruangan, hindari dengan pancaran panas secara langsung saat menyimpan obat tersebut
Sponsors Link

Efek Samping Obat Benacol SYR EXP 60 Ml

Setelah Anda mengetahui khasiat-khasiat apa saja yang terkandung di dalam obat benacol ini, sebaiknya ketahui pula apa saja efek samping dari penggunaan obat benacol tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai efek samping obat tersebut.

  1. Penglihatan Anda akan menjadi kabur disebabkan obat benacol mengandung diphenhydramine
  2. Tiba-tiba nafsu makan Anda akan meningkat
  3. Anda akan mengantuk setelah meminum obat tersebut disebabkan obat benacol mengandung diphenhydramine
  4. Mulut Anda akan terasa kering
  5. Terjadi gangguan GI
  6. Menimbulkan sesak pada dada disebabkan obat benacol mengandung amonium klorida
  7. Menimbulkan lemah otot
  8. Menimbulkan kejang epileptiform
  9. Anda bisa saja merasa pusing dan sakit kepala disebabkan obat benacol mengandung amonium klorida

Sebelum memilih untuk memutuskan memilih obat batuk berdahak mana yang cocok dengan penyakit Anda, sebaiknya ketahui dulu apa penyebab batuk berdahak yang Anda alami. Apabila Anda telah memilih obat benacol semoga bisa menjadi cara ampuh mengatasi batuk dan sebagai cara mengobati batuk berdahak dan cara mengobati pilek atau cara mengobati flu yang Anda derita.

, , ,