Sponsors Link

5 Obat Dahak Berwarna Hijau Yang Sering Digunakan dan Sangat Terekomendasi

Sponsors Link

Saat batuk atau flu menyerang kita, terkadang muncul lendir atau dahak akan membuat kita sulit untuk bernapas. Ketika hal itu terjadi, dahak atau lendir akan menyumbat rongga hidung, saluran tenggorokan hingga ke paru-paru. Selain itu, dahak yang muncul sering kali memiliki warna yang berbeda – tergantung pada kondisi tubuh dan kondisi kesehatan kita. Dahak yang pada umunya berwarna kuning dan hijau. Namun, jika Anda melihat dahak berwarna hijau keluar dari hidung, sebaiknya Anda perlu melakukan pengobatan sesegera mungkin untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi. Untuk itu perlua adanya obat-obatan yang ampuh dan efektif digunakan. Berikut ini beberapa obat dahak berwarna hijau yang sangat direkomendasikan.

ads

Obat dahak berwarna hijau ini terangkum atas 2, yaitu berdasarkan obat suara serak yang dapat Anda temukan di Apotek dan obat alami yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah serta dapat meminimalisirkan efek samping. Berikut ini penjelasannya.

  • Dengan Antihistamin

Obat dahak berwarna hijau yang dapat Anda gunakan ialah antihistamin. Khasiat Obat batuk bisolvon antihistamin ini sangat manjur untuk mengobati sinusitis atau penyakit pada hidung, termasuk membersihkan dahak. Obat ini dapat Anda temukan di Apotek dan tidak perlu menggunakan resep dokter. Namun, sebelum mengonsumsinya pastikan Anda membaca aturan pakai obat tradisional ingus berbau busuk ini – biasanya tertera pada kemasan obat.

  • Dekongestan

Obat dahak berwarna hijau selanjutnya ialah dekongestan. Dekongestan ini merupakan obat pengencer dahak yang berbeda dengan antihistamin – walauopun memiliki fungsi yang sama. Dekongestan dapat Anda temukan dalam bentuk semprot mulut dan semprot hidung. Jadi, Anda dapat memilih tergantung pada lokasi dahak yang menyumbat – atau Anda dapat menggunakan keduanya. Obat penghilang dahak di paru ini berfungsi menyemprot dan membersihkan rongga hidung kita, dan juga saluran tenggorokan yang tersumbat oleh lendir atau dahak.

  • Menggunakan Neti Pot

Neti pot ini merupakan salah satu bentuk obat atau dapat disebut bentuk perawatan di rumah yang bisa Anda coba dengan mudah. Neti pot ini merupakan alat yang biasanya digunakan untuk membersihkan rongga hidung. Umumnya, neti pot ini dapat diisi dengan larutan air garam – yang mana air garam ini sangat dipercaya untuk mengatasi berbagai penyakit di hidung hingga ke paru-paru. Selain membersihkan dahak yang menyumbat, dengan neti pot – yang tentunya diisi dengan larutan air garam  atau dengan larutan lainnya – dapat membantu melembabkan rongga hidung Anda.

  • Dengan Minyak Kayu Putih

Dapatkah minyak kayu putih mengatasi dahak? Ternyata menggunakan minyak kayu putih dapat membantu Anda mengencerkan dahak berwarna hijau. Selain itu, minyak kayu putih juga dapat melegakan tenggorokan Anda. Cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada tenggorokan sakit setelah makan gorengan dan bagian dada Anda.

  • Mengolah obat herbal

Adapun beberapa obat herbal yang bersifat alami dan mudah untuk di oleh. Seperti teh herbal, suplemen herbal, kunyit, jahe, cuka apel, hingga lemon yang dapat Anda olah untuk mengatasi dahak berwarna hijau yang mengganggu Anda. Selain itu juga dapat menghindarkan Anda dari efek samping yang berbahaya.

  • Humidifier atau Pelembab ruangan

Humidifier merupakan alat yang digunakan untu melebabkan ruangan Anda. Anda dapat menggunakannya di kantor, di rumah atau di kamar. Humidifier ini selain melebabkan juga sangat ampuh mengencerkan dahak berwarna hijau dengan mudah. Pastikan ketika Anda menggunakannya pastikan bahwa ruangan Anda memiliki ventilasi yang sedikit atau berada di ruangan yang tertutup agar pelembab ruangan Anda bekerja dengan efektif.

Dengan demikian, obat dahak berwarna hijau yang dapat Anda gunakan untuk mengobati dahak atau mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan Anda. Bila dahak terus saja muncul, sebaiknya periksakan ke dokter THT. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan