Sponsors Link

3 Obat Dahak Bewarna Hijau yang Paling Aman Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Batuk merupakan penyakit yang banyak dialami oleh banyak orang, ada batuk yang kering dan ada juga batuk berdahak. Tentu saja bila batuk berdahak terjadi pada anda, anda sudah tahu cara mengobatinya, contohnya adalah dengan meminum jus, antibiotik untuk batuk berdahak, dan lain-lain. Ada lebih baiknya lagi bila dari sekarang anda mengkonsumsi makanan pencegah batuk. Biasanya saat batuk berdahak, dahak yang dikeluarkan adalah berwarna putih. Tetapi, ada waktu dimana dahak berubah warna menjadi warna lain.

ads

Warna Dahak

Apakah anda sudah tau dahak bisa berubah ke warna apa saja dan apa alasannya? Apakah warna dahak tersebut berbahaya? Berikut adalah warna dahak yang harus anda ketahui.

  • Hijau atau Kuning

Bila dahak anda bewarna hijau atau kuning, ini merupakan hasil reaksi dari sel darah putih. Biasanya dahak hijau atau kuning ini disebabkan oleh bronkitis, pneumonia, sinisitus dan Cystic fibrosis.

  • Coklat

Bagaimana dengan dahak yang bewarna coklat? Ini artinya dahak anda bercampur dengan darah yang sudah lama, biasanya terjadi setelah batuk darah berdahak. Dahak ini biasanya disebabkan oleh abses paru-paru, pneumonia bakterial, bronkitis bakterial dan Cystic Fibrosis.

  • Putih

Batuk berdahak bewarna putih ini merupakan gejala yang tidak harus terlalu dikhawatirkan, namun bila keluar dengan jumlah yang banyak, batuk dahak putih berbusa dan tidak kunjung sembuh, hal ini biasanya disebabkan oleh bronkitis akut, GERD, COPD dan gagal jantung kongestif.

  • Hitam

Apakah anda menghirup banyak udara yang bewarna hitam seperti asap transportasi yang bewarna hitam atau asap hitam lainnya? Maka itu merupakan salah satu alasan dahak anda bewarna hitam. Selain itu, dahak bewarna hitam juga umumnya disebabkan oleh merokok, pneumoconiosis, dan infeksi jamur.

Tentu anda harus tahu cara mengobati batuk berdahak hitam, jadi bila hal ini terjadi, anda tahu apa yang harus dilakukan.

  • Jernih

Dahak yang jernih ini diproduksi oleh badan yang berfungsi untuk melembabkan dan pelumas untuk jalur pernafasan. Bila dahak diproduksi secara berlebihan, itu artinya badan anda sedang berusaha untuk mengeluarkan virus. Biasanya dahak jernih ini disebabkan oleh Rinitis alergi, bronkitis akut, dan pneumonia akut.

  • Merah atau Merah Muda

Pada saat anda batuk, dahak yang anda keluarkan bewarna merah? Ini artinya dahak anda bercampur dengan darah. Biasanya dahak bewarna merah ini disebabkan oleh pneumonia, tuberkulosis, gagal jantung kongestif dan embolisme paru-paru.

Pengobatan Dahak Hijau

Anda wajib mengetahui obat dahak bewarna hijau, sehingga anda tahu harus apa yang dilakukan bila anda batuk berdahak bewarna hijau. Berikut adalah obat dahak bewarna hijau:

1. Humidifier

Salah satu obat dahak bewarna hijau yang mudah dilakukan dirumah adalah dengan melembabkan udara yang anda hirup dengan humidifier. Dengan uap panas, dahak menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari tenggorokan. Bila anda tidak memiliki humidifier anda bisa menggunakan semangkuk air panas dan menghirup uap yang dihasilkan sambil meletakkan handuk diatas kepala anda.

2. Air Garam

Salah satu obat dahak bewarna hijau yang bisa anda lakukan dirumah adalah berkumur-kumur dengan air garam. Cara membuatnya adalah dengan menuangkan setengah sampai tiga perempat garam kedalam air. Fung

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai obat dahak bewarna hijau. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih di tenggorokan dan dada. Rasa hangat dari minyak kayu putih dapat membantu mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Itulah obat dahak bewarna hijau yang anda dapat dilakukan dirumah dengan mudah. Tetaplah waspada dengan kondisi anda dan terus lakukan pengobatan sampai anda sembuh total. Batuk berdahak bila terus dibiarkan dapat menyebabkan contohnya suara hilang karena batuk berdahak. Jika penyakit batuk berdahak apalagi ditemani dengan flu masih belum sembuh secara berkepanjangan, segera pergi ke dokter untuk dicek lebih lanjut. Cepat sembuh dan jaga kesehatan ya!

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan