Sponsors Link

4 Obat Dahak Untuk Bayi 1 Bulan yang Aman Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Terkadang cara ampuh mengatasi batuk atau flu, membuat dahak muncul dan menyumbat saluran pernafasan kita. Dahak tersebut ketika dibiarkan begitu saja, akan membuat kita dalam kondisi terparah mengalami penurunan indera penciuman. Dahak muncul bukan hanya pada orang dewasa, anak-anak atau orang tua. Namun, juga dapat menyerang sang bayi, terutama bayi yang masih berusia 1 bulan. Memang bayi sangatlah rentan terhadap penyakit karena belum memiliki sistem imun tubuh yang sempurna. Tetapi, hal tersebut haruslah segera diatasi. Berikut ini beberapa obat dahak untuk bayi 1 bulan yang dapat dikonsumsi dengan aman.

ads
  1. Menggunakan uap air panas

Obat dahak untuk bayi 1 bulan yang cukup efektif ialah dengan melakukan penguapan dari air panas. Uap air panas ini memang cukup efektif, tidak hanya bagi cara mengobati pilek pada bayi namun juga sangat dipercaya untuk mengatasi penyakit di hidung yang menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Cara ini juga cukup mudah, cukup dengan meletakkan baskon yang telah diisi dengan air panas dekat dengan bayi Anda. Biarkan bayi Anda menghirup uap panas yang dihasilkan secara langsung.

Selain itu juga, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air panas tersebut. Lalu hirup-lah minyak kayu putih yang telah bercampur tersebut. Hal ini tidak hanya mengencerkan dahak, namun juga dapat melegakan pernafasan bayi Anda, juga melembabkan rongga hidungnya. Setelah itu, kembali jauhkan baskon tersebut agar jauh dari jangkauan Anak-anak.

2. Daun Sirih Hangat

Obat dahak untuk bayi 1 bulan selanjutnya ialah daun sirih. Apakah mungkin? Caranya dengan memanaskan atau merebus daun sirih dengan cara biasa, hingga larut atau tercampur. Setelah itu, biarkan rebusan tersebut menghangat lalu tempelkan pada tubuh bayi Anda, terutama bagian dada dan punggung. Pengenceran dahak akan bekerja dan keluar melalui kotoran. Berikan daun sirih hangat secara teratur dan perlahan pada bayi Anda, hingga anak Andak dapat bernafas dengan lega kembali.

3. Melakukan Nebulizer

Cara selanjutnya ialah dengan melakukan nebulizer di rumah sakit. Walaupun ini merupakan obat dahak untuk bayi 1 bulan yang paling umum, namun sangatlah efektif. Nebulizer ini merupakan terapi uap yang biasanya dilakukan di rumah sakit pada anak-anak pada umumnya. Karena bayi yang berusia 1 bulan belum dapat menerima obat fisik secara langsung, maka terapi uap merupakan alternatif yang bagus. Karena nebulizer atau terapi uap mengandung obat yang bekerja untuk mengencerkan dahak anak. Dan juga dengan memberikan cairan gara fisiologis yang bekerja mengatasi hidung tersumbat yang menyerang anak Anda.

4. Dengan menggunakan balsem khusus

Dengan mengoleskan balsem khusus atau minyak telon khusus bayi pada bagian dada atau sekitar leher anak Anda. Hal ini akan membantu mengencerkan dahak anak dengan memberikan rasa hangat. Hangat yang menjalar akan membantu melancarkan pernafasan anak dan membantu menenangkan anak Anda. Gunakan cara ini hingga anak Anda dapat bernafas dengan normal kembali. Selain itu, terdapat beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengobati dahak anak Anda, seperti:

  • Memberikan banyak cairan seperti pemberian ASI, sebaiknya tidak memberikan air putih, jus atau semacamnya.
  • Memandikan anak Anda dengan air hangat.
  • Dengan menjemur bayi di pagi hari, dibawah sinar matahari pagi. Waktu yang tepat untuk ‘menjemur’ anak Anda yaitu pukul 06.30 – 07.00, selama 10 hingga 15 menit. Hal ini akan membantu melancarkan pernafasan anak Anda.

Dengan demikian, obat dahak untuk bayi 1 bulan yang dapat dilakukan dengan alternatif lainnya. Karena bayi yang berusia 1 bulan belum dapat menerima asupan obat-obatan secara langsung. Perhatikan asupan gizi anak Anda dan lingkungan anak untuk menghindari anak terkena virus dan bakteri – karena bayi belum memiliki sistem imun yang sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan