Sponsors Link

4 Obat Pengencer Dahak Alami Terbukti Langsung Manjur

Sponsors Link

Penyakit batuk rentan terjadi pada saat musim pancaroba baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak. Tetapi, penyakit batuk merupakan gejala umum yang dapat terjadi kepada anak. Bukan artinya kita harus menghiraukan batuk pada anak, karena batuk sendiri itupun akan menganggu aktivitas sehari-hari si kecil, termasuk saat beristirahat dan orang tua harus tau tips agar anak bisa tidur nyenyak saat sedang batuk serta obat pengencer dahak anak.

ads

Batuk Pada Anak

Batuk sendiri merupakan sebuah reflek oleh tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari tenggorokkan dan atau paru-paru. Berikut merupakan penyebab batuk pada anak:

  • Infeksi atau bakteri.
  • Gejala asma.
  • Asap rokok.
  • Bulu dari hewan peliharaan.
  • Alergi.

Jenis Batuk Pada Anak

Batuk pada anak-pun juga ada sebanyak 4 jenis, orang tua harus mengetahui jenis-jenis batuk yang dapat melanda si kecil dan harus waspada apakah batuk yang dialaminya berbahaya bagi-nya atau tidak. Berikut adalah 4 jenis batuk yang dapat melanda si kecil:

  • Batuk Rejan

Batuk rejan ini disebabkan oleh sebuah bakteri yang bernama Bordetella Pertussis yang dapat menular melalui udara. Pengobatan batuk rejan segera harus dilakukan bila tidak akan berakibat pada muntah-muntah dan batuk ini juga bisa mengakibatkan sulit bernafas.

  • Batuk Mengonggong

Bila si kecil tiba-tiba batuk seperti mengonggong, ini bisa jadi merupakan gejala penyakit Croup. Batuk mengonggong seperti ini akan menganggu pernafasan anak-anak sehingga sulit bagi mereka untuk bernafas.

  • Batuk pada Malam Hari

Batuk pada malam hari ini dapat disebabkan oleh lendir dan sinus yang turun ke tenggorokkan dan membuat anak-anak batuk pada malam hari dan dapat disebabkan juga oleh penyebab batuk saat tidur.

  • Batuk Berdahak

Batuk yang disertai dahak atau lendir ini mungkin dapat hilang dalam waktu 2 minggu, tetapi orang tua harus tetap waspada terhadap warna dahak yang berbahaya pada saat anak batuk. Lebih baik untuk segera diobati sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya, suara hilang karena batuk berdahak.

Obat Batuk Berdahak

Setelah mengetahui jenis-jenis batuk yang dapat melanda si anak, mari sekarang disimak obat pengencer dahak anak.

1. Madu

Madu dipercaya sebagai salah satu yang paling efektif sebagai obat pengencer dahak anak. Semakin gelap warna madunya, maka semakin tinggi antioksidannya dan semakin efektif juga untuk menyembuhkan batuk. Harus diingat untuk menghindari pemberian madu kepada anak dibawah umur dua tahun!

2. Minum Air Putih

Sponsors Link

Bila si kecil batuk berdahak, ayah dan bunda disarankan untuk mendorong si anak untuk minum air putih setidaknya 8 kelas per hari. Air putih ini akan memastikan si anak tidak dehidrasi dan dapat menurunkan sekresi lendir, sehingga dapat dibilang air bisa menjadi obat pengencer dahak anak.

3. Jemur Dibawah Matahari Pagi

Selain meminum obat, orang tua juga bisa mengajak anak untuk berjemur pada jam 7 sampai 8 pagi selama 10 menit. Sinar matahari dan udara yang segar dipercaya dapat mengurangi bakteri, sehingga bisa menyembuhkan batuk si anak.

4. Air Lemon

Air lemon mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk, sehingga dipercaya sebagai salah satu obat pengencer dahak anak yang ampuh dan alami. Pastikan si anak untuk minum banyak air putih setelah meminum air lemon.

Itulah dia obat-obat yang dipercaya banyak orang untuk mengencerkan dahak anak atau bisa dibilang untuk menyembuhkan batuk dahak si anak, bila sudah lebih dari 2 minggu dan batuk si anak juga masih belum membaik dan si anak menjadi lemas, ada baiknya untuk ayah dan bunda membawa si anak ke dokter atau rumah sakit untuk dicek. Untuk menghindari anak dari sakit batuk berdahak mulai dari sekarang orang tua harus menyemangati anak mengkonsumsi makanan pencegah batuk. Bila bisa mencegah, kenapa tidak? Cepat sembuh untuk si anak ya!

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan