Sponsors Link

5 Obat Pengencer Dahak Anak yang Cocok dan Terbukti Langsung Manjur

Sponsors Link

Dahak kadang kala membuat kita merasa tidak nyaman – karena terus terusan melengket pada tenggorokan sakit setelah makan gorengan. Dahak tentunya muncul karena batuk yang Anda alami. Tak hanya orang dewasa, batuk berdahak juga dapat menggaggu kesehatan Anak. Hal itu dikarenakan seorang anak memang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang maksimal yang dapat membuat-nya rentan terhadap penyakit apapun. Termasuk batu berdahak.

ads

Ketika anak mengalami batuk berdahak, Anda tidak perlu khawatir untuk pemakaian obat yang aman dan cocok untuk anak-anak. Berikut ini beberapa obat pengencer dahak anak yang cocok untuk digunakan.

1. Menggunakan antitusif (pereda batuk)

Salah satu obat pengencer dahak anak yang dapat digunakan ialah obat antitusif. Obat antitusif ini mengandung dextromethorphan dan codeine. Obat ini selain mampu mengencerkan dahak, juga dapat mengurangi obat batuk untuk pasien hemodialisa. Sehingga anak akan tidur dengan nyenyak tanpa harus merasa terganggu lagi.

Obat ini dapat Anda temukan di Apotek terdekat. Jangan lupa untuk membaca aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat tersebut. Untuk menghindari kejadian berbahaya yang dapat menimpa anak Anda.

2. Mengonsumsi madu

Ternyata selain obat, madu juga dapat menjadi obat pengencer dahak anak yang cukup ampuh. Madu memang terkenal dengan khasiatnya, apalagi untuk mengencerkan dahak dan mengobati menelan dahak batuk saat puasa. Ketika warna madu semakin gelap, maka semakin banyak antioksidan yang terdapat didalamnya – yang mana hal tersebut bekerja untuk menyembuhkan gejala batuk pada anak.

Untuk mengonsumsi madu, cukup dengan setengah sendok teh madu per 11 kg berat badan anak Anda. Anda dapat memberikan madu tersebut sebanyak 4 sampai 5 kali per hari nya pada anak Anda. Namun, madu ini tidak untuk anak diusia 2 tahun. Jika hal tersebut terjadi, segeralah periksakan kondisi anak Anda pada dokter.

3. Jus Lemon

Obat pengencer dahak anak selanjutnya ialah jus lemon. Lemon memang memiliki rasa asam, namun siapa sangka bahwa lemon dapat mengencerkan dahak kita terutama pada anak-anak. Anda tidak pelu membuat anak Anda meminum semua jus lemon. Cukup berikan satu sendok teh jus lemon per tiga jam sekali dan pastikan setelah itu berikan air putih yang cukup pada anak setelah jus lemon tersebut. Karena ketika hanya jus lemon, dikhawatirkan anak Anda akan mengalami dehidrasi. Berikan jus lemon hingga batuk berdahak anak Anda mereda.

4. Dekongestan

Dekongestan memang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit yang saling berkaitan seperti hidung, tengggorokan dan paru-paru. Dekongestan juga ternyata dapat digunakan bagi anak-anak. Namun, sebelum itu – pastikan Anda membaca aturan pakai pakai kemasan tersebut agar anak Anda dapat terhindar dari efek samping seperti keracunan atau ketergantungan pada obat flu untuk penderita gagal ginjal.

5. Mandi air hangat

Biarkan anak Anda mandi menggunakan air hangat. Karena hal tersebut akan membantu melegakan pernapasan anak yang tersumbat karena dahak. Cukup memandikan anak Anda selama 10 menit. Selama 10 menit akan cukup untuk melegakan pernapasan, melancarkan aliran darah dan juga membersihkan kuman. Jangan biarkan anak Anda bermain air cukup lama, karena akan membuat anak semakin rentan terkena penyakit lainnya.

Dengan demikian, obat pengencer dahak anak yang aman dan alami digunakan dan dapat Anda terapkan dirumah. Jika batuk berdahak anak tidak kunjung mereda, maka segeralah periksakan ke dokter perihal kesehatan anak Anda. Tetap perhatikan lingkungan anak Anda dan jaga terus kesehatan mereka dengan memberikan asupan yang sehat dan bergizi. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan