Sponsors Link

6 Obat Pilek Ingus Hijau Dari Alami Hingga Medis

Sponsors Link

Keluarnya ingus jika terjadi pada Anda umumnya menandakan bahwa Anda sedang mengalami infeksi dan membutuhkan obat pilek ingus hijau. Anda pun tak perlu menjadi terlalu khawatir. Sebab sering bersin dan keluar ingus berwarna hijau yang umumnya kental tersebut tak selalu menandakan bahwa Anda sedang mengalami penyakit yang serius. Warna hijau pada ingus itu muncul sebagai akibat dari adanya enzim yang diproduksi oleh sel darah putih dan berfungsi melawan infeksi .Ingus tersebut juga menandakan bahwa Anda sedang sakit dan kekebalan tubuh Anda saat itu sedang menurun. Seringkali pula Anda mengalami flu pada saat daya tahan tubuh Anda melemah. Adapun beberapa obat pilek ingus hijau yang dapat Anda konsumsi pada saat Anda mengalami batuk pilek disertai bintik merah yaitu sebagai berikut.

ads

1. Air Putih

Air putih dibutuhkan oleh setiap orang. Anda seharusnya mengonsumsi air minimal sebanyak 8 gelas dalam sehari. Mengonsumsi banyak cairan dapat membantu mengencerkan sekret hidung sehingga lendir pada ingus yang berwarna hijau itu dapat dikeluarkan dan dibuang dengan mudah. Air putih juga perlu dikonsumsi agar tubuh Anda selalu segar dan terhindar dari dehidrasi.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan dan dapat menetralkan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Vitamin C dapat diperoleh pada beberapa buah-buahan dan sayur. Mengonsumsi vitamin C sesuai dosis dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga Anda tidak akan mudah terkena virus yang menyebabkan flu dan pilek.

3. Vaporizer

Vaporizer merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk meredakan pilek berlendir ataupun mengatasi masalah pernapasan. Anda dapat menggunakan vaporizer untuk menghirup uap atau kabut pada saat Anda mengalami pilek tapi tidak keluar ingus. Uap atau kabut dari vaporizer ini dapat membantu mengencerkan sekret hidung. Selain itu uap atau kabut dari vaporizer ini juga dapat mengurangi sesak di dada.

4. Pseudoefedrin

Pseudoefedrin merupakan obat simpatomimetik. Obat pilek ingus hijau jenis ini umumnya digunakan sebagai dekongestan sinus. Obat ini banyak dijumpai sebagai obat bebas. Terkadang obat ini diminum dalam bentuk gabungan dengan obat anti alergi ataupun anti nyeri.

5. Fludexin

Fludexin adalah obat generik yang umumnya digunakan sebagai obat flu dan batuk. Obat ini juga dapat dikonsumsi bila Anda mengalami flu dan ciri batuk karena alergi susu sapi yang disertai dengan gejala demam tinggi ataupun peradangan pada saluran pernapasan.Obat ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan sinusitis dan sinitis alergik. Fludexin mengandung komposisiphenylephrine HCl, dextromethorpan HBr, paracetamol, danchlorpeniramine maleate. Obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi bersama makanan.

6. Hustab

Hustab juga merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan pilek, batuk kering disertai muntah, dan flu. Obat jenis iniumumnya juga digunakan untuk mengatasi saluran pernapasan dan produksi lendir yang kental. Hustab mengandung komposisi diphenhydramine, bromhexin, dan paracetamol. Obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan makanan. Obat Hustab dijual secara bebas di pasaran. Namun obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga Anda harus memperhatikan dosis dan prosedur pemakaian obat.

Itulah beberapa jenis obat pilek ingus hijau, mulai dari yang alami hingga obat dokter. Pastikan untuk segera mengobati hidung keluar darah saat buang ingus supaya tidak berkembang makin parah. Sehingga tubuh sehat kembali dan mampu melaksanakan seluruh aktifitas dengan baik kembali.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan