Sponsors Link

9 Obat Sesak Nafas Karena Batuk Pilek Secara Alami yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Batuk pilek yang kita alami memang terkadang membuat kita tidak nyaman. Terlebih saat kita harus mengalami beberapa gejala di beberapa bagian tubuh. Saat batuk pilek menyerang, tenggorokan maupun organ pernapasan akan terganggu dan terutama pada bagian paru-paru. Hal ini lah biasanya yang membuat kita mengalami hidung tersumbat, rasa pusing, hingga sesak pada dada.

ads

Rasa cara mengobati batuk sesak nafas pada dada kerap kali kita alami ketika batuk pilek tidak segera diobati dan dibiarkan begitu saja. Hal ini bisa saja terjadi ketika perbedaan batuk alergi dan tbc  pilek yang dianggap akan sembuh dalam waktu 3 hari dengan sendirinya, namun ternyata hal ini tidak berlaku pada beberapa orang. Sesak nafas yang terjadi tentunya akan membuat Anda semakin sulit untuk bernapas. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apa obat sesak nafas karena batuk pilek yang dapat kita gunakan? Berikut ini penjelasannya.

  1. Menggunakan albuterol berbetuk inhalerobat batuk untuk penderita hipertensi ini digunakan untuk membantu saluran pernapasan terbuka lebar sehingga Anda dapat bernapas dengan lancar. Apalagi ketika digunakan dalam bentuk inhaler, ini akan memudahkan Anda walau dalam aktivitas padat.
  2. Mengonsumsi salbutamol ( baik yang berbentuk tablet, atau nebulizer atau alat uap ) – obat ini mampu melebarkan saluran udara pada paru-paru dengan melemaskan otot-otot di sekitar saluran pernapasan yang menyempit yang menyebabkan Anda mengalami sesak napas.
  3. Berkumur – mengapa demikian? ini dikarenakan saat berkumur, mampu membantu memecah cara menghilanglan lendir di tenggorokan di saluran pernapasan, yang mana hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami sesak napas. Cukup dengan masukkan garam sekitar 1 hingga 2 sendok makan  dan sedikit kunyit ke dalam setengah cangkir air hangat. Aduk rata hingga garam tersebut larut. Berkumurlah hingga usahakan mencapai bagian bawah tenggorokan – namun jangan ditelan – selama 1 sampai 2 menit, untuk 3 hingga 4 kali dalam sehari.
  4. Melakukan penguapan – Anda cukup memanfaatkan panas dan kelembapan uap  untuk melarutkan dan memecah lendir yang berada di paru-paru atau tenggorokan bagian dalam. Dengan mandi menggunakan air panas atau menuangkan air panas ke dalam mangkuk, posisikan wajah diatas mangkuk dan letakkan handuk di atas kepala agar uap dari air panas tersebut terserap dalam handuk. Tahan posisi ini selama kemampuan Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan dengan peppermint  atau minyak asiri eukaliptus yang akan membantu pernapasan Anda lebih lega serta mengobati benarkah kelengkeng menyebabkan batuk pilek.
  5. Tidur dengan posisi kepala di tinggikan – Tidur dengan posisi ini akan membantu meningkatkan keluarnya lendir dan mencegah penimbunan lendir di malam hari yang akan membuat Anda sesak napas saat mengalami batuk pilek.
  6. Menggunakan humidifier saat tidur di malam hari – Humidifier atau alat pelembap ruangan, hal ini ternyata mampu membuka saluran hidung agar Anda dapat bernapas dengan leluasa. Humidifier terdapat dalam berbagai model tertentu yang mana bagian depannya digunakan untuk menambahkan obat batuk untuk penderita gagal ginjal hidung agar memberikan efek yang manjur.
  7. Mengonsumsi makanan sehat – makanan sehat ini seperti makanan pedas, bawang putih, jeruk dan jahe yang dapat meringankan sesak napas. Atau Anda dapat mengonsumsi nanas atau asparagus. Makanan ini dapat membersihkan saluran pernapasan pada paru-paru.
  8. Obat ekspektoran – obat sesak nafas karena batuk pilek ini merupakan obat yang bekerja untuk memecah lendir pada batuk pilek yang membuat Anda sesak nafas.
  9. Menggunakan zicam – zicam merupakan obat semprot mulut yang digunakan untuk mengatasi gejala-gejala yang muncul pertanda flu serta mampu meredakan sesak nafas dalam waktu yang cepat.

Selain itu, Anda dapat menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter seperti ibuprofen atau advil yang dapat menyembuhkan sesak napas serta cara mengobati batuk dengan pijatan pilek secara menyeluruh. Itulah beberapa obat sesaf nafas karena batuk pilek yang dapat Anda gunakan untuk mengobati batuk pilek secara menyeluruh dan membuat pernapasan lega kembali. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan