Sponsors Link

22 Obat Tradisional untuk Batuk Alergi Paling Manjur

Sponsors Link

Obat tradisional untuk batuk alergi. Meskipun seringkali dianggap remeh, batuk dapat membuat jengkel dan tidak nyaman penderitanya karena aktivitas yang otomatis terganggu. Sebenarnya, batuk sendiri merupakan reaksi tubuh untuk membersihkan berbagai partikel asing yang mungkin dapat menimbulkan permasalahan saat bernapas, seperti lendir, iritasi, dan bakteri mikroba. (Baca juga: Cara Penularan Influenza)

ads

Sementara itu, batuk alergi biasanya terjadi karena reaksi spontan tubuh yang tidak dapat mentoleransi beberapa zat tertentu sehingga terjadi penumpukan lendir di saluran pernapasan. Batuk alergi dapat dipicu oleh debu dan udara dingin. Batuk alergi biasanya timbul pada pagi dan malam hari dengan tidak disertai demam dan cenderung tidak mengeluarkan dahak. Namun, batuk akan lebih memburuk pada malam hari. Hal ini disebabkan karena pada malam hari, posisi kita akan lebih sering berbaring atau tidur, menyebabkan dahak akan tergenang di paru dan naik hingga tenggorokan, sehingga muncul refleks batuk. (Baca juga: Cara Pencegahan Flu)

Obat tradisional dewasa ini memang banyak diminati lantaran minim akan efek samping pada kesehatan dan juga tidak memerlukan biaya mahal. Berikut ini 22 obat tradisional untuk batuk alergi paling manjur yang pengobatannya pun dapat dilakukan sendiri di rumah :

  1. Kunyit

Selain dikenal sebagai rempah-rempah pelengkap makanan yang memiliki cita rasa dan pewarna kuning alami, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Senyawa kimia yang bernama kurkumin di dalam kunyit, berpotensi untuk membantu proses penyembuhan pada tubuh, termasuk mengatasi gejala alergi. Cara meramunya cukup mudah, campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk ke dalam satu gelas susu, lalu tambahkan madu. (Baca juga: Ciri-Ciri Batuk Kronis)

  1. Kemangi

Daun kemangi diketahui kaya akan antioksidan, beta karoten,  cryptoxanthin, lutein, vitamin A, dan zea xanthin. Bahan kandungan tersebut berfungsi dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dini. Mengkonsumsi daun kemangi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi resiko dari penyakit berbahaya. Sementara itu, air rebusan daun kemangi hangat dapat berkhasiat untuk mengobati batuk karena alergi.

Artikel lainnya:

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung minyak astiri dan vitamin C serta zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda.  Perasan air jeruk dicampur dengan madu dan air matang. Cara meramunya pun sangat mudah, cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis, 3 sendok makan madu (disarankan madu murni) dan 5 sendok makan air matang. Ramuan ini dapat dikonsumsi 1 sendok teh dua kali sehari. Jika tidak ada madu, anda juga dapat menggantinya dengan kecap untuk mengurangi rasa masam. (Baca juga: Cara Mengobati Flu)

  1. Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh adalah sebagai bahan masakan untuk menghasilkan rasa masam yang alami. Rasa asamnya sangat nikmat saat menyajikan kudapan misalnya seperti rujak atau asinan selain itu, belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh. Campurkan 3 buah belimbing wuluh, beberapa buah adas, dan gula secukupnya ke dalam satu cangkir air. Campuran tersebut ditaruh dalam mangkuk dan direbus dalam panci (ditim) selama beberapa jam. Setelah dingin, ramuan dapat disaring dengan kain dan dibagi untuk diminum dua kali sehari sebelum makan pada saat pagi dan malam.

Sponsors Link

Artikel lainnya:

  1. Daun Sirih

Daun sirih mengandung zat alami antiseptik dan antibiotik. Kandungan betephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang dapat mematikan kuman serta antioksidasi. Oleh karenanya daun sirih hijau dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan terinfeksi bakteri, virus dan jamur, salah satunya dalah batuk. Minyak atsiri dari daun sirih dapat berkhasiat sebagai peluruh dahak, serta memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam segelas air, lalu minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur. (Baca juga: Cara Mengobati Pilek pada Bayi)

  1. Serai

Serai kerap digunakan sebagai bumbu dapur  karena mempunyai aromanya yang khas dan wangi. Ekstrak sitronelol dan geranial yang terdapat dalam serai merupakan bahan alami yang dapat mengatasi batuk. Selain itu, serai juga ampuh dalam meredakan peradangan di saluran napas. Cara meramu serai tidaklah sulit, hanya dengan merebus beberapa gram akar serai yang sudah dicuci bersih selama kira-kira 15 menit, ramuan serai sudah dapat dikonsumsi. Ramuan ini cukup dikonsumsi satu gelas per hari. (Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

ads
  1. Daun Asam

Khasiat dari daun asam memang belum sepopuler khasiat buah asam. Jika dilihat sekilas, bentuk daun asam sangat mirip dengan daun saga, yang membedakan hanyalah ukuran daun asam jauh lebih lebar dari daun saga. Selain dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, daun asam juga dapat berkhasiat sebagai obat batuk yang mujarab. Mengkonsumsi air rebusan dari daun asam setiap hari sangat efektif dalam menyembuhkan batuk. Cara lain untuk meramu daun asam jawa yaitu dengan dihaluskan dan kemudian diambil sari patinya. (Baca juga: Penyebab Sinusitis)

Disamping obat tradisonal tersebut, masih ada beberapa obat tradisional yang tidak kalah bagusnya yang bisa meredahkan batuk alergi sebagai berikut:

  1. Madu
  2. Teh Hijau
  3. Teh Chamomile
  4. Teh Peppermint
  5. Wasabi
  6. Air Jeruk Nipis
  7. Oatmeal
  8. Air Bawang Merah
  9. Cuka Sari Apel
  10. Jahe
  11. Apel
  12. Tomat
  13. Kencur
  14. Minyak ikan
  15. Bawang putih

Artikel lainnya:

Itulah 22 obat tradisional untuk batuk alergi paling manjur untuk anak dan dewasa bisa coba dipraktikkan. Obat tradisonal mengandung bahan-bahan alami yang dapat dikonsumsi secara berkelanjutan. Karakteristik obat tradisional sendiri berbeda dengan obat-obatan kimia sehingga dapat meminimalisir efek samping bagi tubuh. (Baca juga: Penyebab Penyakit Pneumonia)

Selain mengkonsumsi salah satu dari 22 obat tradisional untuk batuk alergi paling manjur, penderita batuk sebaiknya lebih memperhatikan kebiasaan dan pola hidup lainnya. Hal ini dikarenakan, batuk alergi dapat dipicu oleh udara, cuaca, lingkungan, maupun makanan. Oleh sebab itu, penderita batuk alergi sebaiknya melakukan upaya pencegahan seperti menjaga kebersihan dan mengindari debu. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi juga dibutuhkan untuk memelihara daya tahan tubuh. Mengkonsumsi cairan hangat dengan madu terbukti efektif melegakan tenggorokan. Minum air putih 8 gelas sehari dapat membantu membran mukosa tetap lembab serta membuat dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan. Berkumur menggunakan larutan air garam hangat juga dapat digunakan untuk mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi. Selain itu, mandi air hangat bisa membantu mengencerkan dahak baik di hidung maupun tenggorokan, sehingga dapat meredakan batuk. Bagi Anda yang merokok, sebaiknya mulai jauhi rokok dan asap rokok yang akan mengiritasi tenggorokan dan memperparah batuk. Saat telah cuaca telah berubah dingin, bila pergi ke luar ruangan jangan lupa melindungi wajah menggunakan masker. (Baca juga : Cara Mengobati Asma)

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan