Sponsors Link

3 Pengaruh Minum ES Saat Batuk yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Di negara tropis seperti Indonesia dimana masyarakatnya memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Secara medis mengkonsumsi makanan atau minuman dingin ini kurang baik bagi kesehatan. Salah satu contohnya minum es akan memperburuk kondisi tubuh terutama pada saat kondisi tubuh kurang sehat.

ads

Kondisi tubuh yang kurang sehat seperti terkena batuk dimana apabila penderita batuk minum es maka dipercaya secara tidak langsung akan memperparah kondisi batuknya. Secara umum minum es akan meningkatkan peradangan pada tenggorokan sehingga batuk penderita akan semakin parah. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang pengaruh minum es saat batuk .

Artikel terkait:

Sebagian besar orang di negara tropis ketika berada di musim kemarau tidak terlepas dengan minum es atau air dingin. Terlebih lagai ketika siang hari terik panas matahari membuat sebagian besar orang terdorong untuk minum es. Kondisi seperti inilah yang secara tidak langsung berpotensi untuk munculnya peradangan di tenggorokan. Namun tidak semua orang mengalami hal tersebut karena tergantung dengan kondisi sistem kekebalan tubuhnya. Apabila sistem kekebalan tubuh lemah seperti terkena batuk maka akan berisiko batuk tersebut akan menjadi lebih parah.

Gejala Batuk Karena Minum Es

Sebelum munculnya suatu penyakit pasti ditandai oleh gejala tertentu sebagai indikasi penyakit tersebut. Kondisi batuk memiliki beragam gejala sebagai sinyal dari tubuh yang menunjukkan adanaya virus atau bakteri penyebab batuk masuk ke dalam tubuh. Gejala batuk yang dialami juga tergantung tingkat keparahan batuk tersebut.  Menurut kepercayaan sebagian besar orang bahwa minum es dapat memperparah kondisi batuk penderita. Berikut ini beberaap gejala batuk karean minum es, antara lain:

1. Demam

kebiasan minum es akan meningkatkan suhu tubuh meskipun telah minum es. Kondisi seperti ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga mudahnya masuk virus atau bakteri penyebab batuk. Singkat cerita minum es dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Secara medis demam merupakan perlawanan sistem imun penderita melawan virus atau bakteri penyebab batuk.

2. Pilek

Penyakit ini merupaakan kondisi tubuh yang mengalami peningkatan produktivitas lendir di dalam rongga hidung. Produktivitas lendir akan meningkat apabila penderita mengkonsumsi makanan atau minuman dingin seperti minum es.

3. Mual dan Muntah

Gejala ini serupa dengan gejala batuk pada umumnya. Mual dan muntah ini sering dialami oleh penderita batuk temasuk batuk karena minum es. Apalagi kalau penderita batuk sering minum es maka kondisi mual dan muntah akan lebih parah. Baca juga mengenai penyebab batuk sampai muntah

4. Sakit kepala atau pusing

gejala ini sering dialami oleh sebagaian besar orang. Sakit kepala ini bermula dari peadangan tenggorokan sehingga membuat kaku leher. Keadaan ini membuat otot tegang dan berdampak otot atau syarat di area kepala akan lebih berkontraksi sehingga secara tidak langsung penderita akan merasakan rasa sakit kepala atau  pusing. Baca juga mengenai batuk disertai sakit kepala.

Sponsors Link

Pengaruh Minum Es Saat Batuk

Secara umum es ini memang kurang baik bagi kesehatan manusia apabila dikonsumsi secara rutin. Apalagi kalau kondisi orang tersebut kurang sehat seperti terkena batuk, kebiasaan minum es akan memperparah kondisi batuk tersebut. Salah satu yang menentukan tingkat keparahan batuk adalah gejala batuk tersebut. Apabila gejala batuk tersebut parah maka akan berpotensi kondisi batuk akan parah. Berikut ini pengaruh minum es saat batuk seperti dibawah ini.

  • Vasokontriktor

Mungkin sebagian besar dari kalian belum paham tentang istilah vasokontriktor. Vasokontriktor ini merupakan faktor pemicu kondisi tubuh dimana terjadi pengecilan pada diameter pembuluh darah sehingga menghambat aliran balik darah. Kebiasaan minum es merupakan salah satu vasokontriktor. Aliran balik darah yang terhambat akan mengalami pembedungan pada area tertentu yang dikenal dengan istilah kongesti.

Kongesti ini akan membuat selaput lendir hidung membesar dan meningkatkan produktifitas lendir yang berlebihan di hidung sehingga terjadinya pilek. Lendir pada rongga hdiung akan dapat menurun ke bawah dan menempel di dinding tenggorokan. Keadaan ini yang menyebabkan tenggorokan mengalami peradangan dan cairan lendir tadi berubah meenjadi dahak. Dengan mengkonsumsi es maka akan berdampak meningkatnya cairan lendir di rongga hidung dan menjadi bertambah jumlah dahak sehingga secara tidak langsung bisa dikatakan memperparah batuk.

Sponsors Link

  • Alergi

Pada sebagian orang mengalami alergi pada suhu atau kondisi dingin seperti minum es. Sebagian orang tersebut akan mengalami pilek atau bersin-bersin ketika minum es. Pada orang yang alergi dingin akan cepat terkena pilek karena produktifitas lendir di rongga hidung lebih mudah terproduksi. Kondisi lendir yang berlebihan ini akan turun ke bagian tenggorokan dan menjadi dahak. Kondisi seperti yang akan memperparah batuk. Baca juga mengenai berdahak terus tanpa batuk.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Salah satu penyebab kenapa minum es dapat memperparah batuk yaitu berpengaruh buruk terhadap sistem kekebalan tubuh. Apabila minum es akan menurunkan sistem kekebalan tubuh maka berpotensi besar mudahnya virus, bakteri atau kuman pneyebab batuk. Virus atau bakteri ini akan mudah masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak sehingga akan memperparah kondisi batuk penderita. Selain itu, sistem kekebalan tubuh melemah juga berpotensi munculnya penyakit lain dari efek samping parahnya batuk. Oleh sebab itu perlunya kesadaran bagi penderita batuk agar tidak minum es.

Demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang pengaruh minum es saat batuk. Bagi Anda yang sekarang mengalami batuk maka sebaiknya Anda hindari mengkonsumis makanan atau minuman dingin seperti minum es. Hal ini dikarenakan akan memperparah batuk Anda.

, , ,