Sponsors Link

7 Pengobatan Batuk Karena Sinusitis Secara Alami dan Berkhasiat

Sponsors Link

Sinusitis merupakan suatu penyakit karena peradangan pada bagian dinding sinus, yaitu rongga kecil yang berisi udara dan terletak di bagian belakang tulang pipi serta dahi manusia. Jika Anda terserang sinusitis, maka ini merupakan penyakit umum yang bisa menyerang dan terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Orang yang sering mengalami pilek dalam waktu lama juga bisa diindikasikan sedang mengalami sinusitis.

ads

Seseorang yang mengalami sakit sinusitis, maka rongga kecil yang seharusnya berisi udara ke dalam hidung ini, malah terisi  oleh banyak lendir yang disebabkan lapisan mukosa yang menebal karena peradangan. Lendir atau (ingus) pada penderita sinusitis juga tidak mudah dikeluarkan sehingga cara mengobati batuk dengan bawang putih dapat dilakukan karena lendir terjebak di dalamnya dan rentan terkena bakteri.

Letak Sinus Pada Manusia

Sinus pada tubuh manusia berada di dalam rongga hidung, tepatnya membentuk ruangan kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di sekitar tulang tengkorak hidung. Sinus ini sendiri ada 4 pasang, yaitu di dalam kerangka kepala manusia tepatnya di belakang dahi, di kedua sisi batang hidung, di belakang tulang pipi dan di belakang mata.

Sinus menghasilkan mucus (lendir) yang dapat mengendalikan suhu atau kelembapan udara yang menuju paru-paru. Kemudian, lendir tersebut mengalir ke hidung melalui saluran kecil sinus. Jika kepala pusing karena flu dan terjadi pada saluran terinfeksi, maka sinus akan meradang dan rentan menjadi penyakit sinusitis.

Gejala Sinusitis

Orang yang terkena penyakit sinusitis dapat dikenal dari gejala-gejala yang dialaminya. Untuk gejala awal yang muncul, biasanya akan mengeluarkan lendir (ingus) dengan warna hijau atau kuning dan merasakan nyeri di bagian pipi wajah. Sinusitis juga bisa terjadi jika orang tersebut sedang terkena flu sebelumnya. Dilihat dari gejalanya, sinusitis juga ada yang bersifat akut dan kronis. Sinusitis kronis biasanya terjadi selama berbulan-bulan dan antibiotik untuk batuk kering  terjadi berulang-ulang. Gejala sinusitis lainya yang juga dialami seseorang seperti :

  1. Sakit kepala
  2. Mengalami batuk
  3. Sakit tenggorokan
  4. Hidung tersumbat
  5. Keluar ingus
  6. Sakit di sekitar wajah dan dahi

Penyebab Sinusitis

Sinusitis yang dialami seseorang bisa menjadi cukup berbahaya, jika sudah berada pada tingkatan yang kronis. Adapun cara mengobati flu untuk ibu hamil serta penyebab sinusitis yang kronis, sebagian orang mengalaminya karena:

  • Kebiasaan merokok yang berlanjut
  • Menderita polip hidung
  • Menderita penyakit serius lainya (HIV/AIDS, imunitas menurun)
  • Mengalami alergi (rinthis alergi, asma)
  • Deviasi septum hidung (dinding antara lubang hidung yang menghalangi saluran sinus
  • Cystic fibrosis, kelainan genetic yang mana lendir menjadi lebih kental, lengket dan menumpuk di saluran pernafasan, sehingga mudah terinfeksi.

Cara Mengobati Batuk Karena Sinusitis

Batuk merupakan salah satu gejala sinusitis yang terjadi karena adanya lendir di bagian belakang tenggorokan, sehingga menyebabkan iritasi yang berkepanjangan. Hal ini dapat memicu batuk yang terus-menerus dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Batuk bisa semakin parah, terutama saat menjelang waktu malam dan dapat menimbulkan insomnia. Jika mengalami batuk seperti ini, sebaiknya ubah posisi tidur, menjadi setengah duduk dengan kondisi kepala yang tegak agar frekuensi batuk terus menerus bisa berkurang.

Jika Anda mengalami gejala batuk seperti kondisi di atas, dan telah di diagnosa terkena sinusitis, maka beberapa cara berikut ini dapat menjadi cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih serta membantu mengobati batuk karena sinusitis tersebut:

Sponsors Link

  • Madu, khasiat madu untuk masalah yang terjadi di sekitar saluran pernafasan, termasuk batuk karena sinusitis sudah tidak diragukan lagi. Madu juga memiliki rasa yang manis, sehingga mudah dikonsumsi. Minum madu dengan campuran jeruk nipis atau diminum langsung, agar batuk karena sinusitis Anda segera sembuh.
  • Buah Lohan, di kalangan masyarakat Cina, buah lohan ini memang dijadikan obat untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk untuk atasi batuk karena sinusitis. Lendir yang banyak yang dialami pasien sinusitis cenderung sulit dikeluarkan. Dengan konsumsi buah lohan dapat meredakan lendir tersebut dan memudahkanya untuk keluar.
  • Sari Jahe, jahe memang obat batuk yang alami dan ampuh, termasuk untuk batuk sinusitis. Khasiat jahe ampuh meredakan lendir yang menumpuk di area tenggorokan yang menyebabkan peradangan terjadi.
  • Jeruk nipis, obat batuk alami ampuh ini juga cocok digunakan untuk mengobati batuk karena sinusitis. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dari serangan virus dan bakteri
  • Kencur, obat herbal alami kencur memang dikenal sebagai obat dari rempah-rempah untuk mengobati batuk karena sinusitis
  • Buah nanas, memiliki kandungan enzim yang disebut bromelain, dengan khasiat untuk menekan batuk serta mengecerkan lendir yang ada di sekitar tenggorokan yang tersumbat. Agar hasil maksimal, minum jus nanas dengan takaran 100 ml untuk  3 kali sehari.
  • Daun Pepermint, daun yang memiliki kandungan menthol ini juga dapat membantu melegakan tenggorokan yang tersumbat karena lendir penyebab sinusitis. Selain itu, lendir yang terjebak di area tenggorokan juga akan lebih encer sehingga mudah dikeluarkan. Peppermint biasanya disajikan untuk diminum (teh) atau dihirup uap peppermintnya.

Saat Anda terserang sinusitis, sebaiknya kenali terlebih dulu khasiat bodrex flu dan batuk  lalu apa penyebabnya dan apa saja gejala yang muncul yang dapat dirasakan. Jika memang salah satu gejala yang dialami berupa batuk-batuk,  kita akan lebih mudah untuk mencari cara mengobati batuk karena sinusitis dengan pengobatan alami yang lebih aman dan menyehatkan.

, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal