Sponsors Link

Penyakit Sinusitis Menyebabkan Kematian? Ketahui Cara Penanganannya

Sponsors Link

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit sinusitis merupakan suatu penyakit dimana terjadinya suatu radang mukosa sinus pranasal yang jika misalnya penyakit tersebut menyerang beberapa sinus maka disebut dengan multisinusitis dan jika misalkan penyakit tersebut menyerang seluruh bagian dari pranasal maka disebut dengan parasinusitis. Perlu anda ketahui bahwa seseorang yang terkena penyakit radang yang disebabkan oleh inflamasi atau infeksi, maka hal tersebut tidak bisa kita katakan dengan suatu peradangan biasa yang mana nantinya akan sembuh dengan sendirinya terlebih lagi jika peradangan tersebut menyerang saluran pernpasan, melainkan peradangan tersebut menyebabkan suatu lendir yang semakin lama maka akan semakin menumpuk. Oleh karena itulah, penyakit sinusitis tersebut ada juga yang mengatakan bahwa suatu penyakit yang hanya akan menyerang sistem saluran pernapasan. Baca tentang penyebab ingus berwarna kuning.

ads

Sinus merupakan suatu rongga atau ruang –  ruang yang berukuran kecil yang mana rongga – rongga tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya melalui saluran udara yang terdapat di dalam tulang tengkorak. Rongga sinus tersebut berfungsi untuk membuka lubang pada hidung agar supaya udara dapat masuk ke dalamnya. Ada empat lubang sinus yang ada pada kerangka setiap manusia. Yang pertama yaitu dibelakang dahi, yang kedua yaitu di pipi, kemudian yang ketiga yaitu di sisi batang hidung, dan yang keempat yaitu terletak di belakang mata.

Seseorang yang terkena penyakit sinus, maka nantinya akan mengakibatkan munculnya lendir atau mukus yang diproduksi oleh sinus yang pada dasarnya lendir tersebut berfungsi untuk mengendalikan suhu tubuh dan juga berfungsi untuk mengendalikan kelembapan udara yang masuk ke dalam paru – paru. Lendir tersebut nantinya akan mengalir melalui saluran – saluran kecil. Akan tetapi, jika sudah terkena infeksi maka produksi lendir tersebut akan semakin meningkat dan jika tidak segera ditangani maka semakin lama akan semakin menumpuk dan pada akhirnya akan mengakibatkan peradangan pada hidung karena tersumbatnya lubang sinus yang berfungsi sebagai tempat masuknya udara ke dalam paru – paru. Baca juga mengenai penyebab flu tidak kunjung sembuh.

Penyebab Sinusitis

Pada dasarnya terdapat beberapa hal yang dapat mengakibatkan seseorang bisa terkena penyakit sinusitis dan penyebab tersebut kemungkinan akan berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya. Adapun biasanya penyebab umum yang biasanya terjadi pada seseorang yang terindikasi bahwa dia terkena penyakit sinusitis yaitu terjadinya suatu pembengkakan pada dinding yang terdapat di hidung. Kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh serangan dari virus yang mana awalnya di awali dengan pilek maupun di awali dengan flu yang disebarkan oleh sinus dari saluran pernapasan bagian atas.

Selain itu, faktor yang menjadi sebab orang dewasa bisa terkena penyakit sinusitis yaitu selain bisa diakibatkan oleh inflamasi atau infeksi, hal tersebut juga bisa diakibatkan oleh jamur, bakteri, maupun juga bisa disebabkan karena orang tersebut memiliki kebiasan merokok. Pada saat orang tersebut mengalami flu dan juga pilek, maka kemudian orang tersebut akan terserang infeksi sekunder yang pada akhirnya akan mengakibatkan dinding sinus mengalami suatu peradangan maupun inflamasi. Perlu anda ketahui, dalam beberapa kasus penyakit sinsutis dapat mengakibatkan kematian.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena memang awalnya seperti orang tersebut mengalami flu maupun pilek biasa. Kemudian orang tersebut enggan mengobatinya karena di anggap mungkin nantinya bisa sembuh dengan sendirinya seperti penyakit pilek maupun flu biasanya. Akan tetapi, karena hal itulah nantinya penyakit sinusitis itu mengakibatkan penumpukan lendir yang nantinya bisa mengakibatkan tertutupnya saluran pernapasan. Selanjutnya, lendir tersebut akan masuk ke dalam paru – paru dan bisa menyebabkan suatu infeksi terhadap paru – paru, maka dari itu lah hal ini bisa mengakibatkan kematian.

Dan juga, terdapat beberapa penyakit sinusitis yang dapat mengakibatkan kematian, antara lain yaitu:

  • Sinusitis Frontalis
  • Sinusitis Maksilaris
  • Penyakit sinus etmoid
  • Dan terakhir yaitu penyakit sinus sfenoid
Sponsors Link

Tahap-tahap Penyakit Terberat Sinusitis

Sementara itu, bagi anak –  anak yang terindikasi dia terkena suatu penyakit sinusitis maka hal tersebut kebanyakan disebabkan oleh alergi, kebiasaan menggunakan dot atau kebiasaan minum botol dengan posisi berbaring, atau kemungkinan juga bisa disebabkan karena dia tinggal di tempat berasap atau lingkungan yang kurang sehat. Maka dari itu anda disarankan untuk segera membawa anak anda ke dokter agar supaya segera dilakukan penanganan medis untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut semakin parah dan otomatis penanganannya pun akan lebih sulit.

Adapun penyakit sinus yang sering terjadi pada seseorang yaitu penyakit sinus maksilaris. Sinusitis maksilaris yaitu merupakan sinusitis yang terjadi pada pranasal terbesar dan nantinya akan membentuk suatu piramid. Sinus tersebut berada pada sebelah dinding medial sinus dan kemudian nantinya akan bermuara ke hiatus semilunaris dan juga nantinya akan masuk melalui infundibulum etmoid. Biasanya ada beberapa tahapan sebelum sinus tersebut bisa mengakibatkan seseorang mengalami kematian. Adapun tahapan tersebut akan kami jelaskan di bawah ini:

ads
  • Sinusitis tahap I

Pada sinusitis tahap I, orang yang mengalami penyakit sinus akan menyebabkan dia mengalami batuk, flu, dan juga bisa mengakibatkan seseorang tersebut mengalami hidung mampet atau hidung tersumbat. Lalu dia akan merasakan sensasi sakit atau nyeri yang terjadi pada bagian wajah yang dialami dalam jangk waktu yang tidak terlalu lama kurang  lebih antara satu sma dengan dua minggu. Dan biasanya, untuk membantu mengatasi sinusitis tahap I ini orang tersebut akan disuruh beristirahat atau juga biasanya disuruh untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih. Baca juga mengenai akibat flu terlalu lama.

  • Sinusitis tahap II

Sinusitis tahap II dimana nantinya akan mengakibatkan seseorang tersebut mengalami sakit di bagian bawah yang berlangsung lumayan lama, yakni antara 3 sampai dengan 4 minggu. Seseorang yang mengalami sinusitis tahap II pastinya lebih parah jika dibandingkan dengan sinusitis tahap I dan pastinya juga membutuhkan penanganan yang lebih. Biasanya orang yang mengalami sinusitis tahap II ini disarankan agar langsung berkonsultasi kepada dokter agar tidak semakin membuat penyakit tersebut semakin lama semakin parah.

  • Sinusitis tahap III

Penyakit sinus pada tahap III kemungkinan bisa dikatakan sebagai penyakit sinus yang paling parah. Kenapa bisa demikian? Karena orang yang mengalami penyakit sinus pad tahap ini akan mengalami rasa sakit yang amat sangat yang berlangsung secara terus menerus dan akan menyebabkan pembengkakan yang terdapat pada area sekitara wajah. Orang yang mengalami penyakit sinus tahap III, biasanya akan langsung di bawa ke dokter dan langsung dilakukan penanganan medis agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Sementara itu, penyakit sinus tahap III ini bisa juga menyebabkan seseorang tersebut akan mengalami rasa sakit secara terus menerus setiap tahunnya. Jika orang yang mengalami sinus pada tahap ini tidak segera ditangani secepatnya, maka bisa mengakibatkan kematian karena sudah banyaknya lendir yang terdapat pada wajah dan juga karena rasa sakit yang sudah tidak bisa ditahan lagi.

Cara penanganan

Sponsors Link

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai cara penanganan sinusitis penyebab kematian. Akan tetapi perlu anda ketahui, bahwa cara penanganan penyakit sinus ini juga tergantung kepada kondisi seseorang tersebut dan juga bergantung pada seberapa parah penyakit yang diderinya. Terdapat dua jenis pengobatan, yang pertama yaitu pengobatan medis dan yang kedua pengobatan tradisisonal. Dan pada kesempatan ini akan kami jelaskan mengenai beberapa pengobatan tradisional atau herbal yang mampu membantu mengatasi penyakit sinus. Baca hubungan flu dengan gula darah.

  • Yang pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengompres hidung anda dengan air hangat. Cara ini memang efektif karena bisa mengakibatkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan anda akan semakin lama semakin mencari. Atau anda juga bisa menggukaan alat yang disebut dengan neti pot yang berfungsi untuk menjaga kelembapan hidung anda.
  • Cara yang kedua yaitu dengan memakan nanas. Memang nanas sudah terbukti ampuh untuk membantu mengobati penyakit sinus karena kandungan zat yang terdapat pada nanas. Pun begitu, jika anda sebelumnya mengkonsumsi obat – obatan, biasanya dokter akan menyarankan anda untuk memilih mengkonsumsi nanas dan menghentikan untuk tidak mengkonsumsi obat – obatan medis karena hal tersebut nantinya dapat mempengaruhi kinerja dari obat tersebut.
  • Cara yang ketiga yaitu dengan minum jahe. Jahe memang sudah tidak bisa kita pungkiri lagi akan manfaat dan juga khasiatnya yang sangat berguna bagi tubuh. Jahe juga mampu untuk membantu mengatasi penyakit sinus karena kandungan yang terdapat di dalam jahe dapat menghangatkan tubuh serta juga bisa membuat lendir yang sebelumnya menutupi saluran pernapasan anda maka semakin lama akan semakin encer dan biasanya akan keluar dengan sendirinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Perlu anda cermati bahwa tidak semua pengobatan di atas bisa anda tetapkan untuk mengobati setiap penyakit sinus karena biasanya tergantung kepada seberapa parah sinusitis yang di alami. Maka dari itu disarankan untuk selalu berkomunikasi dengan dokter mengenai penyakit yang sedang anda alami agar supaya dokter dapat memberikan saran dan juga anjuran yang sesuai dengan kondisi anda. Baca juga mengenai dahak menggumpal dan berdarah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus