Sponsors Link

5 Penyebab Batuk Kronis Yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami batuk? Tentu semua dari anda akan mengatakan bahwa anda pernah mengalami batuk. Batuk memang merupakan suatu kondisi alami yang bisa terjadi kepada siapapun karena memang kondisi ini tidak memandang usia.

ads

Batuk merupakan kondisi yang lebih dialami oleh anak – anak dan orang tua dibandingkan dialami oleh orang dewasa. Kenapa? Karena memang kondisi sistem kekebalan tubuh anak – anak masih belum sempurna sementara untuk sistem pertahanan tubuh orang tua atau lansia sudah menurun yang mana kondisi tersebut membuatnya lebih rentan terserang berbagai kondisi yang tidak mengenakkan, salah satunya adalah batuk. Baca tentang cara ampuh mengatasi batuk.

Tedapat dua jenis batuk jika kita membaginya berdasarkan tingkat keparahan batuk. Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan menjelaskan kepada anda mengenai semua hal yang berkaitan dengan batuk kronis, termasuk juga di dalamnya beberapa penyebab batuk kronis yang sering diabaikan.

Pengertian batuk kronis

Definisi dari batuk kronis adalah merupakan suatu kondisi batuk yang anda alami dalam jangka waktu yang lumayan lama, yakni sekitar 8 minggu untuk orang dewasa. Sementara batuk ini dialami oleh anak – anak dalam kurun waktu selama 4 minggu atau sebulan.

Beberapa kasus yang berkaitan dengan batuk kronis seperti misalnya hal – hal yang akan anda alami ketika anda mengalami batuk kronis adalah seperti anda akan mengalami mual, muntah, pusing bahkan anda mengalami keretakan pada tulang rusuk. Kondisi ini tentunya sangat menjengkelkan dan akan menyebabkan anda mengalami kesulitan tidur karena batuk kronis akan semakin parah ketika malam hari. Maka anda harus segera melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasi batuk kronis tersebut. Baca penyebab batuk berdahak.

Tanda atau gejala yang mengindikasikan anda mengalami batuk kronis

Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi penting mengenai tanda atau gejala yang mengindikasikan bahwa anda mengalami batuk kronis. Perlu anda ingat, bahwa tidak semua orang akan mengalami tanda atau gejala yang sama dan mungkin saja ada gejala atau tanda lainnya yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, anda harus berkomunikasi dengan dokter jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai bebrapa tanda atau gejala batuk kronis. Baca juga ciri-ciri batuk kronis.

  • Hidung tersumbat
  • Postnasal Drip atau seperti perasaan ada cairan yang keluar dari belakang tenggorokan
  • Napas tersengal dan sesak napas
  • Sering berdeham atau radang tenggorokan
  • Heartburn atau rasa asam pada mulut
  • Mengalami serak
  • Untuk kasus yang sedikit lebih parah, maka anda bisa mengalami batuk berdarah

Penyebab batuk kronis

Setelah mengetahui tentang beberapa tanda atau gejala yang menjadi sebuah indikasi bahwa anda terkena batuk kronis, maka selanjutnya penting bagi anda untuk mengetahui apa saja hal – hal yang menyebabkan anda mengalami batuk kronis.

  • TB Paru atau Tuberkulosis Paru

Penyebab batuk kronis yang pertama adalah anda kemungkinan mengalami penyakit TB paru atau yang disebut juga dengan tuberkulosis paru. Perlu anda tahu bahwa Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki tingkat penyakit TB paru yang lumayan tinggi.

Sponsors Link

Salah satu gejala yang mengindikasikan seseorang mengalami TB paru adalah anda mengalami batuk selama kurang lebih 2 minggu meskipun sebelumnya anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi batuk yang anda alami seperti menggunakan obat antibiotik.

  • Postnasal Drip

Penyebab batuk kronis yang kedua adalah karena kemungkinan anda mengalami postnasal drip. Postnasal drip merupakan suatu kondisi dimana tubuh anda memproduksi lendir dalam jumlah yang melebihi produksi lendir ketika kondisi normal.

Lendir tersebut kemudian akan masuk ke belakang tenggorokan anda, sehingga kemudian hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan yang pada akhirnya anda akan terkena batuk kronis jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat dan cepat. Kondisi yang anda alami tersebut juga dikenal dengan istilah upper airway cough syndrome atau UACS.

  • Asma

Penyebab batuk kronis yang ketiga adalah anad mungkin saja terindikasi mengalami asma. Asma merupakan penyakit saluran pernapasan yang bisa datang maupun pergi kapan saja. Kondisi ini akan semakin parah jika misalnya anda berada di daerah yang memiliki suhu terlampau dingin atau juga bisa karena sebelumnya anda telah menghirup zat kimia atau pewangi tertentu. Baca batuk kronis berulang pada anak.

Sponsors Link

Maka dari itu, jika anda mengalami kondisi yang sangat mengganggu ini maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter agar supaya dokter bisa melakukan penanganan yang tepat sehingga kemudian anda akan terhindar dari berbagai kondisi yang tentunya akan merugikan anda.

  • Asam lambung

Penyebab batuk kronis selanjtunya yang harus anda ketahui adalah bahwa kondisi ini bisa disebabkan karena anda mengalami asam lambung. Pada kondisi ini asam lambung anda akan naik menuju saluran yang berfungsi untuk menghubungkan tenggorokan dengan lambung anda yang disebut dengan esofagus. Ketika terdapat sebuah iritasi maka kemudian akan menyebabkan anda mengalami batuk kronis.

  • Infeksi

Penyebab batuk kronis yang terkahir adalah karena anda terindikasi terserang infeksi, baik terserang infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun juga mungkin bisa disebabkan oleh jamur. Batuk akan terus anda alami jika tidak ada penanganan yang tepat untuk membunuh infeksi yang sedang anda alami. Dan kondisi ini akan semakin buruk sehingga kemudian akan menyebabkan anda mengalami batuk kronis. Baca juga mengenai ciri-ciri batuk kering.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab