Sponsors Link

8 Penyebab Batuk Sampai Muntah yang Harus di Waspadai

Sponsors Link

Adanya reaksi batuk, mual hingga muntah memang merupakan mekanisme tubuh agar bisa menjaga ketahanan tubuh dan mengeluarkan hal-hal berbahaya yang di anggap mengancam kesehatan tubuh. Namun sayangnya kebanyakan reaksi yang dialami adalah perpaduan dari beberapa gejala umum tersebut seperti gejala batuk seperti mau muntah, mual dan hingga akhirnya menyebabkan muntah. Ini merupakan salah satu tanda dan gejala dari berbagai kondisi medis. Muntah yang dialami seseorang ketika mendapatkan gejala batuk adalah dikarenakan adanya tekanan yang cukup kuat di daerah perut. Berikut penjelasan mengapa terjadi reaksi batuk hingga menyebabkan muntah tersebut :

ads

Penyebab Umum Akibat Infeksi

Berikut ada beberapa kondisi medis akibat dari infeksi yang bisa menyebabkan seseorng mengalami serangan batuk hingga muntah:

  • Batuk Rejan

Batuk rejan atau yang dinamai dengan istilah medis pertusis merupakan penyebab tersering seseorang mendapatkan gejala batuk hingga muntah tersebut. Adanya gejala batuk kuat yang merupakan dalah satu ciri-ciri batuk rejan yang akan memicu reaksi muntah karena penekanan di area perut.

  • TBC

Mycrobacterium tuberculosis yang menyebabkan adanya infeksi paru ini merupakan salah satu jenis dari penyakit batuk menahun pada orang dewasa yang sangat menular dan berbahaya.

  • Flu

Batuk kering yang di sebabkan oleh virus influenza ini juga merupakan salah satu penyebab adanya gejala muntah ketika anda batuk. Apalagi jika di barengi dengan gejala gastroenteritis, akan memperburuk gejala muntah tersebut.

  • Bronkitis

Penyebab tersering lainnya adalah adanya infeksi bronkitis akut yang di sebabkan oleh bakteri maupun virus. Ini biasanya timbul setelah seseorang mengalami atau sedang menderita gejala flu. pada kasus yang cukup parah maka serangan muntah akan terjadi lumayan sering ketika pasien tersebut batuk. Dan merupakan salah satu ciri-ciri batuk berbahaya.

Penyebab Non Infeksi

Tidak hanya infeksi yang bisa menyebabkan seseorang terkena serangan penyebab batuk sampai muntah, ada beberapa penyebab lainnya seperti kelainan bawaan dan kebiasaan yang salah yang menyebabkannya seperti beberapa penyakit berikut ini :

  • Post Nasal Drip

Perasaan ingin mutah akan terjadi ketika seseorang mengalami keadaan dimana ingus atau lendir yang berlebihan menuju bagian di belakang tenggorokan. Kondisi ini akan menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk kronis.

  • Asma

Peradangan di daerah saluran pernafasan atau asma bisa menyebabkan saluran tersebut menjadi lebih sensitif dan mengalami pembengkakan. Bahkan penderita asma mengalami kesulitan tidur jika gejala kambuh.

  • GERD

Serangan atau kondisi dimana naiknya asam lambung menuju saluran kerongkongan atau esofagus akan menyebabkan reflek batuk dan mual secara bersamaan.

Sponsors Link

  • PPOK

Penyakit paru yang bersifat ireversibel ini merapak penyakit yang selalu di kaitkan dengan kebiasaan merokok. Inilah mengapa pengaturan pola hidup diperlukan untuk mendapatkan hidup sehat.

Pengobatan Batuk Hingga Muntah

Pengobatan batuk hingga menumbulkan reaksi muntah sangatlah tergantung dari faktor penyebab batuk sampai muntah. Untuk mengetahui penyebab, tentunya anda harus menanyakan dan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, namun beberapa penanganan awal di rumah bisa anda lakukan sebelum medapatkan pertolongan medis, berikut rangkumannya:

  • Konsumsi Air hangat, ini bisa membantu meredakan rasa mual dan membantu dalam mengatasi proses infeksi yang kemungkinan sedang terjadi.
  • Minumlah air rebusan jahe, jahe terkenal sebagai rempah alami yang sangat bermanfaat dalam mengatasi segala gejala yang menyerang saluran pernafasan termasuk gejala batuk.
  • Gunakan alat pembersih udara dan pelembab udara. Jangan biarkan penderita batuk hingga muntah tersebut berada di dalam ruangan yang memiliki udara yang sangat kering dan kotor, ini akan memperburuk kondisi mereka.
  • Minum air perasan jeruk atau lemon dengan madu.
    Sponsors Link

  • Jaga tingkat rehidrasi tubuh dengan meminum cukup cairan.
  • Mengkonsumsi permen pereda tenggorokan dan batuk, ada banyak jenis dan merek permen seperti ini yang beredar dipasaran, kandungan papermint maupun menthol akan melegakan gejala batuk.
  • Tidur dengan lebih dari satu bantal, ini di gunakan untuk mengurangi rasa mual dan mencegah terjadinya muntah dengan cara meninggikan kepala daripada badan.

Bisakah Batuk Hingga Muntah Dicegah?

Tentu saja ada bebrapa cara mudah dan sederhana dalam mencegah adanya gejala yang tidak mengenakan ini. Jika anda adalah seorang perokok, maka sebaiknya penyebab batuk sampai muntah kurangi atau berhentilah merokok sedari dini. Selalu menjaga sanitasi dengan rutin mencuci tangan saat berada di dekat orang yang terinfeksi flu, batuk maupun penyakit lainnya yang berpotensi menyebabkan rasa mual, batuk hingga muntah tersebut. Anda juga harus mewaspadai beberapa penyebab alergi seperti debu, maupun iritasi kimia. Berikut beberapa tindakan preventif yang bisa anda lakukan :

  • Berhenti dan menghindari rokok
  • Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
  • Hindari stress
  • Tidur dengan waktu yang cukup
  • Penuhi kebutuhan serat dan standar gizi alami tubuh
  • Gunakan masker saat berpergian jauh untuk menghindari polusi dan debu
  • Makan tepat pada waktunya

Gejala mutah akibat batuk memang bukan sesuatu yang menyebabkan seseorang menemui dokter. Tidak jarang banyak orang yang menyepelekan gejala ini, namun terkadang muntah yang di sertai batuk ini merupakan gejala atau pertanda dari komplikasi masalah kesehatan yang memerlukan penanganan yang lebih lanjut. Karena itu, tetaplah waspada dan selalu menjaga kesehatan dan pola makan yang benar sekaligus teratur.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab