Sponsors Link

4 Penyebab Batuk TBC yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Dalam menjaga kesehatan diperlukan suatu usaha dan perubahan kebiasaan yang buruk agar tubuh tetap sehat sehingga terhindar dari beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang menjadi momok di masyarakat adalah TBC. TBC dikenal sebagai batuk TBC merupakan kondisi seseorang yang mengalami peradangan di paru – paru disertai batuk. Oleh karena itu, penyakit ini mudah sekali untuk tertular karena batuk orang TBC dapat menyebarkan virus TBC lewat udara saat penderita tersebut batuk.

ads

Bakteri atau virus penyebab TBC dapat mengapung di udara beberapa jam, sehingga berpotensi terhirup oleh orang yang tidak menderita TBC. Hal ini tidak lantas orang tersebut terkena TBC namun apabial sistem kekebalan tubuh orang tersebut kuat maka orang tersebut akan terhindar dari TBC. Selain penyebab itu, ada beberapa penyebab lainnya yang dipercaya dapat menyebabkan orang terinfeksi TBC. Pada artikel ini akan dibahas tentang penyebab batuk TBC.

Artikel terkait:

Dalam mencari penyebab atau faktor pemicu munculnya batuk TBC maka harus terlebih dahulu diidentifikasi orang tersebut terkena batuk TBC dengan cara melihat gejala batuk TBC. Tidak semua orang menunjukkan gejala batuk TBC yang sama karena pada kondisi tertentu bakteri atau virus tidak melakukan akitfitas atau tertidur sehingga penderita yang terkena infeksi batkeri atau virus tersebut tidak menunjukan gejala apapuan dan terlihat sedang kondisi sehat. Namun, Anda dapat mengetahui secara garis besar beberapa gejala umum yang terlihat pada penderita batuk TBC. Berikut ini beberapa gejala batuk TBC antara lain:

  1. Durasi Batuk Lama, pada umumnya batuk TBC memiliki durasi batuk yang lama sekiar 3 – 4 minggu. Kondisi batuk inilah yang membuat penderita merasa tidak nyaman dalam menjalankan akitifitas sehari – hari.
  2. Batuk disertai darah, batuk pada umumnya mengeluarkan dahak atau lendir namun bagi pnderita batuk TBC, dimana penderita batuk TBC sering mengeluarkan darah pada saat batuk. Terkadang batuk TBC ini mengeluarkan darah yang menggumpal.
  3. Sakit pada dada, penderita batuk TBC ini sering mengalami rasa sakit di dada seperti sesak di dada pada saat batuk. Rasa sakit di dada ini disebabkan oleh terjadinya pendarahan di dalam rongga dada. Rasa sakit ini juga dialami oleh penderita batuk TBC ketika bernafas.
  4. Demam, kondisi ini seperti pada gejala batuk pada umumnya. Sesaat sebelum munculnya batuk maka pendeirta batuk TBC mengalami kenaikan suhu badan. Penderita akan mengalami kenaikan yang tinggi bahkan sangat tinggi bisa mencapai 40 derajat celcius tergantung kondisi sistem kekebalan tubuh penderita.

Jenis Batuk TBC

Dalam proses pengobatan batuk TBC diperluakan informasi terkait jenis batuk TBC yang dialami oleh penderita, karena setiap jenis batuk memiliki cara pengobatan tersendiri. Jenis batuk ini disebabkan oleh faktor pemicu atau penyebabnya. Berikut ini beberapa jenis batuk TBC yang serig dialami oleh penderita, antara lain:

  • Batuk TBC Laten

Batuk ini dikenal sebagai batuk pasif, karena bakteri atau virus penyebab batuk TBC ini tidak dalam kondisi aktif atau pada saat kondisi tidur. Oleh sebab itu, penderita yang mengalmi jenis batuk TBC ini tidak menunjukkan gejala batuk apapun sehingga terlihat seperti orang sehat namun sebenarya orang tersebut telah terinfeksi bakteri TBC. Meskipun bakteri dalam kondisi tidak aktif namun pada suatu saat akan bisa menjadi aktif, sehingga batuk TBC ini diperlukan penanganan khusus dalam mengobatinya.

  • Batuk TBC Aktif
Sponsors Link

Batuk jenis ini menyebabkan beragam jenis gejala yang tampak nyata dengan gejla batuk seperti yang dijelaskan diatas. Perubahan batuk TBC laten menuju batuk TBC aktif ini tergantung dari sistem kekebalan tubuh penderita. Apabila sistem kekebalan tubuh lemah maka akan sangat mudah  menjadi batuk TBC akitf. Perubahan tersebut berlangsung sangat cepat sekitar satu minggu setelah terinfeksi bakteri TBC. Anda juga harus membaca obat tradisional batuk bronkitis.

Penyebab Batuk TBC

Setiap penyakit tidak muncul begitu saja karena setiap penyakit pasti memiliki sebab atau faktor pemicu munculnya penyakit tersebut. Seperti batuk TBC, juga memiliki penyebab yang harus diketahui agar mampu mencegah agar terhidar dari bakteri TBC. Bakteri inilah yang menjadi agen penyebar TBC yang disertai batuk. Beberapa kondisi tubuh akan memudahkan bakteri masuk ke tubuh dan berkembang didalam tubuh. Kondisi seperti inilah yang menjadi penyebab batuk TBC. Berikut ini beberapa kondisi sebagai penyebab batuk TBC seperti dibawah ini:

1. Kondisi sitem kekebalan tubuh yang lemah

kondisi seperti inilah yang menyebabkan bakteri TBC mudah masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak didalam tubuh orang tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi sistem kekebalan tubuh ynng lemah akan mudah mengubah status batuk TBC dari batuk TBC latten atau tida aktif menjadi batuk TBC aktif. Selain itu, sistem kekebaln tubuh sebagai garda utama dan terdepan dalam melawan berbagai serangan baik virus, bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Sponsors Link

2. Tinggal atau berkunjung ke negara atau daerah tertentu

salah satu penyebab dari batuk TBC adalah mudahnya akses bakteri TBC untuk meninfeski orang. Apabila Anda tinggal atau berkunjung ke daerah yang rawan akan penyakit TBC maka Anda akan berpotensi besar terkena bakteri TBC. Hal ini terjadi karena mudahnya akses bakteri dalam mengembangbiakan dirinya. Baca juga manfaat kencur untuk batuk berdahak.

3. Paparan zat berbahaya

Penyebab ini memang jarang terjadi namun ada beberapa kasus menunjukkan adanya hubungan antara zat berbahaya dengan munculnya bakteri TBC. Ada kepercayaan bahawa ada zat tertentu yang memudahkan bakteri TBC tercipta dan berkembang biak.

4. Terkena HIV/AIDS

penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh penderita maka akan mengurangi kekuatan sistem kekebalan tubuh penderita menjadi lemah. Oleh sebab itu sistem kekebalan tubuh yang rendah atau lemah ini berpotensi untuk mudahnya akses masuk bakteri TBC ke dalam tubuh penderita.

Demikian penjelasan secara singkat namun mendalam tentang penyebab batuk TBC. Bagi Anda yang sehat sebaiknya Anda perhatikan penyebab batuk TBC agar Anda terhindar dari penyakit batuk TBC.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab