Sponsors Link

4 Penyebab Batuk Tidak Berdahak Serta Cara Pengobatannya

Sponsors Link

Secara umum, penyakit batuk dibedakan menjadi dua. Yang pertama yaitu batuk kering atau yang disebut dengan batuk tidak berdahak dan kedua yaitu batuk basah yang disebut dengan batuk berdahak. Batuk tidak berdahak adalah batuk yang tidak disertai dengan adanya suatu produksi lendir atau dahak, sementara batuk berdahak yaitu batuk yang disertai dengan adanya masalah yang timbul yang bisa terjadi di paru-paru, pneumonia, asma dll.

ads

Biasanya orang yang mengalami batuk kering akan mengalami sautu sensasi nyeri maupun gatal yang ada di tenggorkan, sementara orang lain ada juga yang merasakan sensasi menggelitik maupun gatal sehingga akan mengakibatkan batuk sebagai reaksi untuk mengusirnya. Penyebab batuk bisa bermacam-macam, tapi yang peling umum biasanya disebabkan oleh alergi, terkena asap rokok, atau juga mengalami iritasi, atau pasien yang sedang terkena infeksi virus yang terjadi pada saluran pernapasan. Baca mengenai telinga sakit saat batuk pilek.

Penyebab Batuk Tidak Berdahak

Penyebab batuk tidak berdahak memiliki berbagai macam sebab seperti antaranya:

  1. Seseorang yang Mengalami Penyakit Radang Tenggorokan

Penyebab batuk tidak berdahak yang pertama yaitu karena disebabkan oleh radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah suatu istilah yang digunakan secara umum untuk menggambarkan adanya suatu rasa sakit yang ada di tenggorokan seperti ketika ingin menelan ludah dan atau ketika anda ingin menelan suatu makanan, bahkan dalam kasus yang lebih berat tidak dalam kondisi menelan pun akan merasakan sakit. Berbagai organ yang terlibat yang mana menjadi sebab tenggorokan menjadi sakit yaitu faringitis, tonsilitis, laringitis, dan juga epiglotitis.

2. Disebabkan Oleh Penyakit Asma

Penyebab batuk tidak berdahak yang kedua yaitu bisa disebabkan karena anda mengalami asma. Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan dimana orang yang mengalami penyakit asma akan mengalami penyempitan saluran napas yang disebut dengan broncus sehingga sering sekali orang menyebut penyakit ini sebagai Asma bronchiale. Asma akan mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas baik saat ketika menarik maupun ketika menghela napas. Asma sendiri dapat disebabkan oleh demam, alergi, dan yang paling umum disebabkan oleh perubahan cuaca, misalnya udara panas dan udara dingin. Baca juga batuk karena cacingan.

3. Terhirupnya Iritan

Penyebab batuk tidak berdahak yang ketiga yaitu disebabkan karena anda menghirup iritan. Iritan di sini bisa berupa debu, asap rokok, asap kendaraan, atau juga bisa berupa asap pembakaran. Orang yang terkena iritan maka secara otomatis tubuh akan melakukan penolakan agar iritan tersebut keluar. Nah, cara tubuh melakukan penolakan inilah yang kemudian akan menyebabkan anda batuk.

4. Alergi

Penyebab batuk tidak berdahak yang terakhir yaitu disebabkan karena anda mengalami alergi. Alergi adalah suatu reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya meskipun sebenarnya bisa juga tidak berbahaya, dan kemudian orang tersebut akan mengalami batuk tidak berhadak. Biasanya orang yang terkena alergi, awalnya mereka karena menghirup, menelan, atau mereka mendapatkan alergen tersebut melalui kulit mereka sendiri.

Cara Pengobatan Batuk

Di bawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati batuk, terutama untuk batuk tidak berdahak:

Sponsors Link

  1. Gunakan Kulit Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin memang diketahui merupakan salah satu jeruk yang terkenal dan memiliki rasa yang sangat enak dan manis, akan tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya kulit jeruk mandarin bisa dimanfaatkkan sebagai pengobatan batuk? Cara yang anda perlukan cukup mudah yaitu pertama anda siapkan kulit mandarin sebanyak 10 gram dan rebus pada air sebanyak 2 gelas air. Kemudian anda tambahkan kencur. Rebus kulit jeruk mandarin tersebut sampai airnya tersisa 1 gelas, dan tunggu sampai hangat. Minum air dari kulit jeruk mandarin tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Baca juga batuk karena masuk angin.

2. Menggunakan Bunga Mawar

Bunga mawar selain bisa kita lihat sisi keindahannya, namun bunga ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk. Caranya yaitu anda siapkan 10 gram bunga mawar yang masih dalam kondisi segar, kemudian siram bunga mawar tadi dengan air matang secukupnya. Anda juga bisa menambahkan gula batu untuk membuat rasanya menjadi lebih enak. Minum ramuan ini secara rutin yaitu minimal sebanyak 2 kali dalam sehari. Ramuan ini juga bisa anda gunakan untuk mengobati batuk pada anak. Baca mengenai hubungan sakit kepala dengan sinusitis.

Sponsors Link

3. Menggunakan Madu dan Lada Hitam

Obat batuk selanjutnya yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggabungkan antara madu dan lada hitam. Manfaat madu sendiri memang sudah tidak dapat kita ragukan lagi karena madu ini seperti memiliki 1000 manfaat yang dapat kita ambil darinya. Cara mengobati batuk dengan menggunakan madu dan lada hitam yaitu dengan mencampurkan satu sendok madu dengan lada hitam bubuk sebanyak sejumput. Kemudian aduk hingga tercampur secar metara dan terakhir minumlah secara rutin sebanyak 2 atau bahkan 3 kali dalam seminggu. Obat ini juga diketahui dapat digunakan pada anak-anak ketika mengalami batuk, baik yang berdahak maupun tidak berdahak.

4. Menggunakan Jahe

Pengobatan batuk yang terakhir yaitu anda bisa memanfaatkan jahe. Jahe sudah terbukti sangat berkhasiat untuk mengobati batuk, baik batuk berdahak maupun tidak berdahak. Kandungan yang ada pada jahe akan mengakibatkan tenggorokan dan badan kita menjadi hangat. Caranya sangat mudah, rebus jahe dan tambahkan gula merah secukupnya kemudian aduk. Dan minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya. Baca juga mengenai batuk disertai cegukan.

Itulah tadi penyebab dari batuk tidak berdahak yang harus diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab