Sponsors Link

13 Penyebab Bersin Keluar Darah yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Pada dasarnya setiap orang pernah bersin, dimana bersin merupakan suatu reaksi spontan tubuh dalam usaha untuk mengeluarkan berbagai zat yang menggaggu pada hidung. Banyak orang mengalami hal ini, biasanya kondisi ini dikait- kaitan pada mimisan. Tidak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia belum memahami penyebab dari bersin keluar darah. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang penyebab bersin keluar darah. Kondisi ini biasanya bersin – bersin setelah minum obat batuk. Terkadang bersin tidak keluar dari hidung melainkan bersin keluar lendir dari mulut. Biasanya munculnya bersin merupakan ciri – ciri influenza.

ads

Berikut ini penyebab bersin keluar darah, antara lain: ( baca juga : penyebab sering flu )

  • Kekurangan Kalsium

Pada umumnya orang hanya mengutamakan gizi tertentu seperti karbohidrat dan protein sehingga kondisi gizi dalam tubuh tidak seimbang. Hal ini sejalan ketika orang mengalami kekurangan kalsium dalam tubuhnya sehingga berpotensi memicu osteroporosis atau pengeroposan tulang serta penyebab bersin keluar darah.

  • Iritasi

Terdapat iritasi pada hidung akan menjadi faktor yang memicu bersin keluar darah. Kondisi iritasi ini dikarenakan adanya bahan kimia yang terhirup oleh hidung yang  terjadi secara tidak sengaja. Oleh sebab itu sangat penting untuk melindungi bagian hidung dengan memakai masker ketika berada di sebuah lingkungan atau alat yang mengandung unsur zat kimia.

  • Alergi

Setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda – beda. Hal ini akan berdampak pada kondisi tubuh yang alergi terhadap situasi tertentu. Semisal ada orang yang alergi debu sehingga membuat orang tersebut bersin –  bersin. Alergi dapat meningkat dengan tambahan zat – zat tertentu semisal polutan seperti asap rokok, pasir, bulu atau bau yang menyengat. Alergi seperti ini yang dapat menyebabkan bersin keluar darah.

  • Luka pada hidung

Semua orang pasti pernah mengorek atau membersihkan kotoran pada hidung. Akan tetapi kondisi ini dapat berbahaya ketika orang tersebut mengoreknya terlalu dalam atau memakai alat pembersih yang kasar sehingga berdampak fatal pada hidung berupa pendarahan. Pendarahan inilah yang menjadi penyebab bersin keluar darah.

  • Membuang cairan hidung terlalu kencang

Apabila kondisi seseorang terkena flu pasti ada lendir di dalam hidung. Hal ini akan menghabat proses pernapasan sehingga lendir atau cairan ini harus dikeluarkan. Ketika orang mengeluarkan atau membuang cairan hidung terlalu kencang maka hal ini akan berdampak fatal pada hidung yaitu pendarahan pada hidung. Hal ini dikarenakan cairan hidung terlalu keras menggesek permukaan hidung. Sebaikanya mengeluarkan cairan ini dengan biasa saja, jangan terlalu kencang – kencang.

  • Sinusitis

Kondisi tubuh mengalami bersin keluar darah biasanya disebabkan pula peradangan pada bagian dinding sinus dalam hidung. Kondisi seperti ini dalam istilah medis disebut sinusitis. Sinus merupakan bagian hidung yang berupa rongga kecil dengan udara di dalamnya dan berlokasi di belakang tulang dahi dan pipi. Penderita ini tidak perlu khawatir ada cara mengobati sinusitis dengan madu. Sinusitis ini dapat menyerang siapa saja tidak mengenal usia. (baca juga : penyebab sinusitis)

  • Tumor
Sponsors Link

Ketika di dalam rongga hidung terdapat benjolan dan benjolan ini tak kunjung sembuh maka tidak menutup kemungkinan itu adalah tumor. Pada saat tumor tumbuh dan berkembang di dalam rongga hidung, sehingga membuat sistem pernapasan terganggu. Bertambahnya waktu tanpa ada pengobatan yang tepat maka tumor ini akan menekan dan akhirnya memecahkan pembeluh darah. Kondisi seperti ini mengakibatkan rongga hidung mengalami pendarahan.

  • Perubahan tekanan udara

Perubahan pada tekanan udara dari kondisi panas ke dingin dan sebaliknya ini ternyata dapat memengaruhi kondisi dalam rongga hidung. Apabila terjadi perubahan yang begitu drastis dari terlalu pans langsung berubah ke teralu dingin akan menyebabkan pembeluh darah mengalami pecah. Hal ini dapat dihindari ketika orang tersebut selalu melindungi hidung dengan masker.

  • Leukimia

Kondisi tubuh penderita yang mengalami leukimia atau kanker darah biasanya disertai sakti kepala yang dasyat dan keluarnya darah pada rongga hidung. Kondisi seperti ini sering terjadi pada penderita leukimia bahkan lebih dari 2 kali mengalami keluar darah pada rongga hidung.

  • Kondisi septum menyimpang
Sponsors Link

Septum merupakan dinding pemisah antara lubang hidung kanan dan kiri. Ketika kondisi septum mengalamai bentuk yang menyimpang seperti bentuknya terlalu tipis maka apabila si penderita ini mengalami cidera hidung akan berdampak fatal bagi penderita yaitu pendarahan di dalam rongga hidung.

  • Kelainan pembekuan darah

Kelainana pembekuan darah yang istilah medis yaitu hemophilia. Kondisi seperti ini sangat rawan cidera karena ketika cidera dan mengalami pendarahan maka tubuh orang tersebut sulit untuk menghentikan pendarahan tersebut. Apabila terjadi cidera pada rongga hidung maka hal inilah yang menyebabkan bersin keluar darah.

  • Gejala Psikosomatis

Gejala psikosomatis ini merupakan gangguan psikologi seperti depresi, tertekan, cermas yang berlebihan dan stress. Kondisi seperti ini akan membuat orang mudah mengeluarkan darah dari hidung.

  • Penggunaan obat tertentu

Setiap obat pasti memiliki efek sampingnya karena mengandung banyak zat kimia yang kemungkinan berbahaya atau alergi terhadap orang tertentu. Ada zat – zat tertentu yang dapat menyebabkan keluar darah pada rongga hidung. Salah satu zat tersebut adalah antikoagulan atau aspirin akan memberikan efek pendarahan pada rongga hidung akibat mengkonsumsi zat itu secara berlebihan.

Begitulah penyebab bersin keluar darah yang dapat Anda hindari. Mari bersama – sama kita jaga kesehatan supaya kita terhindar dari berbagai penyakit dengan mengerti dan memahami penyebab – penyebabnya. Semoga bermanfaat. (baca juga: cara mengatasi bersin saat bangun tidur )

, , ,




Oleh :
Kategori : Penyebab