Sponsors Link

7 Penyebab Dahak Berdarah Tanpa Batuk dan Solusi Pengobatannya

Sponsors Link

Berbicara mengenai dahak, tentu saja bisa menimbulkan asumsi bermacam – macam. Ada yang merasa menderita setiap kali dilanda batuk berdahak karena kondisinya kering, namun ada juga yang menganggapnya biasa – biasa saja bahkan bersikap acuh tak acuh.

ads

Sudah sepantasnya kita sebagai makhluk Allah yang sudah diberikan banyak nikmat selalu menjaga amanah dari – Nya yakni dengan cara menjaga kesehatan. Kesehatan merupakan anugerah yang diberikan Allah kepada hamba – Nya dan wajib dijaga. Baca juga mengenai ciri ciri influenza.

Penyebab dari Dahak Berdarah Tanpa Batuk

Dahak yang kondisinya kering karena memang biasanya cenderung kekurangan cairan bisa memicu luka pada tenggorokan sehingga tanpa batuk pun dahak tersebut menjadi keluar darah. Memang orang yang menderita flu, biasanya menjadi tidak selera untuk makan dan minum. Sehingga hal ini membuat dahak menjadi kering. Bagaimana mau makan atau pun minum, sedangkan untuk menelannya saja terasa sakit dan tidak enak. Apalagi saat awal – awal akan terserang flu. Rasanya sangat tidak enak sobat. Baca juga mengenai jenis jenis batuk.

Pada kesempatan kali ini seperti artikel – artikel sebelumnya, saya mencoba membagikan informasi yang saya tau mengenai penyebab dahak berdarah tanpa batuk. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam lagi, maka anda bisa menyimak ulasan di bawah ini bersama – sama:

1. Kekurangan Cairan Dalam Tubuh

Sebagian besar dari tubuh kita merupakan cairan yang mampu menjaga keseimbangan tubuh. Namun apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan karena suatu hal yang membuat kita malas untuk minum air putih. Hal tersebut juga membuat dahak kita menjadi semakin mengering dan akan semakin sakit. Jika dahak anda kering maka tenggorokan akan terasa semakin sakit saat anda mencoba untuk mengeluarkannya.

Dengan anda memaksa secara terus menerus untuk mengeluarka dahak kering tersebut karena merasa mengganjal di tenggorokan dan tidak nyaman, maka bisa menimbulkan luka dan terkadang dahak akan bercampur dengan darah meskipun anda tidak mengalami batuk terlebih dahulu. Dan apabila anda membiarkannya secara terus menerus dalam kurun waktu lama, mungkin saja akan menambah parah kondisinya. Untuk itu jangan anda paksakan mengeluarkan dahak saat tenggorokan terasa kering dan sakit. Minumlah terlebih dahulu untuk melunakkannya. Baca juga mengenai cara mengobati batuk berdahak.

2. Kebiasaan Makan Yang Berminyak dan Tidak Sehat

Dahak sebenarnya juga bisa dipicu karena makanan yang tidak sehat ya sobat. Kebiasaan jajan di pinggir jalan seperti halnya gorengan, es, dan lain sebagainya bisa memicu sakit pada tenggorokan yang berujung menghasilkan dahak berlebih. Minyak pada gorengan ternyata mampu membuat tenggorokan menjadi kering dan kekurangan cairan. Tau sendiri kan sobat minyak dan air itu sulit untuk disatukan. Jadi salah satunya pasti akan kalah. Namun dalam kasus ini minyaklah yang akan dominan di dalam tenggorokan.

Nah jika sobat tidak memperhatikan kondisi ini dan membiarkan tenggorokan sakit atau pun tenggorokan gatal terus menerus, namun masih sering mengkonsumsi gorengan, bisa jadi tenggorokan yang sakit tersebut lama  kelamaan akan mengalami luka dan pada akhirnya berdarah. Lebih parahnya lagi jika anda mengkombinasikan gorengan dengan es yang tidak jelas pembuatannya dari air yang sehat atau tidak. Es yang tidak sehat akan semakin memperburuk kondisi tenggorokan anda sobat. Jadi selalu perhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh anda ya sobat. Pikirkan dampak terburuk yang mungkin akan menimpa anda di kemudian hari. Baca juga mengenai penyebab batuk sampai muntah.

Sponsors Link

3. Adanya Gangguan Serius Pada Organ Dalam

Terjadinya gangguan pada organ dalam yang tidak diketahui bisa menyebabkan tanda – tanda seperti halnya keluar darah melalui mulut disertai dengan dahak tanpa adanya batuk sekalipun. Biasanya dahak yang berdarah ini jika memang terdapat gangguan pada organ dalam, organ paru – parulah yang banyak ditemukan. Kebiasaan seperti halnya merokok dan terlalu banyak menghirup udara yang tercemar merupakan salah satu penyebab tejadinya gangguan di paru – paru. Lama kelamaan paru – paru akan timbul flek.

Namun jika tidak segera ditangani, maka seringkali seseorang mengeluarkan darah dari mulutnya. Flek pada paru – paru memang wajib untuk diberikan pengobatan secara intensif dalam jangkan waktu tertentu dan tidak boleh telat minum obatnya. Sekali telat atau pun lupa saja, anda wajib minum obat mulai dari awal lagi. Saya sarankan jika anda merasakan hal beda dalam tubuh anda, sebaiknya langsung periksakan ke dokter ya sobat. Hal ini digunakan sebagai langkah pencegahan sebelum semuanya terlambat. Baca juga mengenai obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa.

4. Kurang Tidur

ads

Terlalu bekerja keras bisa membuat kebugaran tubuh menjadi berkurang dan sangat rentan terhadap infeksi virus seperti flu karena tubuh sedang capek. Meskipun anda sedang dikejar deadline kerjaan atau pun tugas kuliah sebaiknya tetap menjaga kesehatan tubuh dengan meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup.

Setidaknya anda tidak seminim – minimnya 4 jam untuk mengembalikan stamina. Seperti halnya mesin, tubuh manusia pun tidak bisa diporsir, yang anda nantinya anda jatuh sakit dan justru kerjaan anda menjadi kacau balau karena sementara waktu gak bisa anda handle sendiri. Baca juga mengenai obat batuk gatal tenggorokan tradisional.

Cara Mengatasi Dahak Berdarah Tanpa Batuk

Setela saya membahas mengenai penyebab dahak berdarah tanpa batuk di atas, sekarang saat saya mengulas bagiamana cara mengatasinya, agar sobat semua bisa lebih jelas jika menghadapi persoalan semacam ini. Yuk simak bersama – sama:

  • Penuhi Kebutuhan Air Harian Anda

Air memang bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa adanya air proses metabolisme tubuh kita tidak akan berjalan dengan baik. Dan bahkan akan terjadi banyak gangguan dalam tubuh kita. Idealnya dalam sehari, wajib meminum 8 gelas untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Dengan kondisi tubuh anda yang tidak kekurangan cairan, maka tenggorokan anda pun tidak akan terasa kering. Dan saat anda mengeluarkan dahak pun tidak akan merasa sakit sehingga timbul luka yang bisa menimbulkan pendarahan.

  • Mengonsumsi Buah – Buahan yang Banyak Mengandung Air

Jika anda malas meminum air putih, untuk mengakalinya guna memenuhi kebutuhan harian air, maka anda bisa menggantinya dengan buah – buahan yang kaya akan air seperti halnya melon atau pun semangka. Namun perlu diingat jika anda mengonsumsi semangka jangan terlalu banyak. Karena semangka bisa seketika membuat tenggorokan menjadi serak. Saya sarankan lebih baik pilihlah melon, boleh semangka tapi secukupnya saja.

  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Kekurangan vitamin c dalam tubuh anda akan membuat tubuh anda menjadi lemas. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh mulai menurun dan tentu saja virus rentan menyerang tubuh anda. Yang paling sering menyerang tubuh saat lemah ialah flu.

Dengan anda terserang flu maka anda akan sering – sering mengeluarkan dahak ya sobat. Terlebih jika dahak kering, pasti beresiko terjadinya luka yang menyebabkan pendarahan meskipun tanpa adanya batuk terlebih dahulu. Tenggorokan terasa penuh terus dan memicu anda untuk memaksakan mengeluarkan dahak.

Bahaya Dahak Berdarah Tanpa Batuk Jika Tidak Segera Ditangani

Selain penyebab dan cara mengatasi dahak berdarah tanpa batuk, bahayanya pun perlu anda waspadai ya sobat. Berikut ini bahaya yang terjadi pada dahak berdarah tanpa batuk yang tidak segera diberikan penanganan lebih lanjut :

  • Kerusakan Pada Organ Dalam
Sponsors Link

Namanya keluar darah dari mulut, pasti orang lain yang melihatnya langsung memberikan asumsinya bahwa anda sedang mengidap penyakit pada organ dalam. Jika anda mengalami hal ini segera berikan penanganan pertama dengan cara memeriksakan diri anda ke dokter agar bisa segara di diagnosa lebih lanjut dan bagaimana solusi yang tepat untuk menghadapi kondisi seperti itu.

Kerusakan organ dalam memang terkadang tidak terasa. Oleh karena itu banyak orang yang kadang kala dikejutkan dengan penyakit dalam yang diderita karena tidak ada tanda – tanda yang bisa dirasakan sebelumnya. Untuk itu check up rutin sangat diperlukan agar kita bisa tau kondisi kesehatan terkini.

  • Gangguan Kronis Pada Tenggorokan

Jika terdapat luka pada tenggorokan karena dahak anda kering, jika dibiarkan saja tanpa penanganan bisa jadi anda akan mengalami gangguan kronis pada tenggorokan. Namanya luka yang mengeluarkan darah, apalagi itu letaknya di dalam, proses penyembuhannya pasti membutuhkan waktu lebih lama. Terlebih lagi letaknya di tenggorokan, gesekan makanan yang anda konsumsi juga berpeluang besar memperparah luka yang ada.

Uraian saya di atas yang mungkin hanya sedikit tersebut dani terasa masih kurang lengkap, saya harap bisa memberikan informasi kepada anda agar lebih memahami penyebab dahak berdarah tanpa batuk. Seberapapun informasi yang saya berika, dengan penuh keyakinan pasti akan membawa manfaat bagi sobat semua. Apa gunanya mengetahui tentang sesuatu hal, namun tidak dibagikan. Pasti akan terasa sia – sia saja bukan?

Mungkin itu saja dulu ya sobat, terima kasih sudah bersedia mampir dan membaca artikel saya ini yang mungkin masih banyak kekurangan. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya sobat.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab