Sponsors Link

10 Penyebab Dahak Susah Keluar Secara Ampuh dan Cepat

Sponsors Link

Dahak merupakan salah satu bahan yang di produksi dan berasal dari berbagai saluran pernafasan daerah bwah seperti : bronkus, trakea dan berbagai saluran di paru-paru. Sedangkan untuk mengetahui jenis dan penyebab adanya sekresi dahak berlebihan harus di lakukan pemeriksaan berupa pengambilan samperl agar bisa mengetahui adanya, level keparahan penyakit, pemberian obat, kontrol dan jenis penyakit tersebut. Karena penanganan cara menghilangkan dahak pada bayi tentu akan berbeda dengan cara menghilangkan dahak pada orang dewasa.

ads

Dahak yang biasanya menjadi sampel pemeriksaan adalah dahak di pagi hari atau dahak pertama. Biasanya produksi dahak berlebih akan di sertai dengan adanya gatal di tenggorokan, sehingga para penderita akan mencari tahu tentang cara cara mengobati tenggorokan gatal. Biasanya, dahak memang di produksi tubuh namun tidak akan bewarna dan jumlahnya sedikit. Namun jika terjadi proses infeksi atau penyebab lainnya, maka produksi dahak akan berlebih sekaligus bewarna. Dan hal yang paling merepotkan tentang masalah dahak adalah adanya 10 penyebab dahak susah keluar yang mana akan sangat menggangu dan membatasi aktifitas harian seseorang. Jika anda sedang mengalami masalah dimana dahak sangat sulit untuk di keluarkan, maka berikut 10 penyebab dahak susah keluar yang telah kami rangkum di bawah ini:

1. ISPA

ISPA atau juga di kenal dengan infeksi saluran pernafasan akut adalah sebuah penyakit yang sangat sering dan mudah untuk menular. Penyakit ini akan lebih mudah menyerang kebanyakan orang yang sudah lanjut usia dan mereka yang memiliki suatu kelainan dari sistem imunitas tubuh. Ispa juga sangat rentan dan mudah menyerang para balita dan anak – anak karena sistem imun mereka masih belum sempurna. Para penderita ISPA biasanya orang yang terinfeksi udara kotor yang mengandung berbagai bakteri dan virus. Sedangkan penyebaran dari berbagai bakteri dan virus tersebut telah disebarkan melalui udara oleh para penderita ISPA sebelumnya.

Gejala yang sering di timbulkan oleh ISPA biasanya meliputi daerah paru – paru dan hidung. Gejala – gejala tersebut akan terjadi akibat adanya respon terhadap perbaikan racun yang di berikan oleh virus yang menginjeksi tubuh atau bakteri yang telah masuk dan menepel pada daerah saluran pernafasan. Beberapa gejala ISPA adalah : Sering bersin, sumbatan di paru – paru, hidung yang berair atau tersumbat, batuk batuk, sakit tenggorokan, demam, kerap sekali merasa cepat lelah dan dahak yang sulit di keluarkan.

2. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah kondisi di mana terdapat iritasi, rasa gatal, dahak dan nyeri di tenggorokan yang nantinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat menelan, istilah medis untuk radang tenggorokan adalah faringitis. Hanya saja pada anak – anak akan lebih cenderung mudah terpapar radang tenggorokan karena kelemahan dan ketidaksempurnaan kerja dari sistem imunitas, begitu juga halnya dengan para perokok akan lebih meningkatkan faktor resiko terkena radang tenggorokan.

Gejala utama radang tenggorokan adalah tenggorokan yang terkena iritasi, nyeri, bengkak, dan gatal. Nyeri biasanya bertambah parah saat Anda mencoba menelan. Tergantung dari penyebab utama radang tenggorokan, Anda juga dapat mengalami gejala-gejala berikut ini: sakit kepala, demam, amandel yang memburuk, pembengkakan kelenjar leher, suara serak atau parau, mual, nyeri perut dan penumpukan lendir. Gejalanya hampir mirip dengan radang tenggorokan dan batuk maka anda harus memperhatikan juga tentang makanan yang di larang saat batuk agar tidak memperburuk level penyakit.

3. Laringitis

Sponsors Link

Laringitis merupakan sebuah peradangan yang menyerang daerah laring atau daerah tempat pita suara di dalam tenggorokan. Gejala yang biasa di timbulkan oleh laringitis adalah batuk, demam, nyeri tenggorokan, suara yang berubah serak dan penumpukan lendir atau dahak kental. Biasanya serangkaian gejala dari laringitis akan tiba – tiba muncul dan akan memburuk selama beberpa hari hingga pulih setelah adanya pengibatan. Gejala hilangnya suara atau suara serak adalah gejala terakhir yang akan hilang setelah sembuhnya laringitis.

4. Tonsilitis

Tonsilitis mungkin lebih di kenal dengan istilah radang amandel, dimana terdapat reaksi radang pada tonsil. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak – anak. Tonsil atau amandel adalah dea buah kelenjar yang berukuran kecil yang berada di dalam tenggorokan. Berfungsi sebagai organ yang dapat mencegah infeksi, terutama bagi para anak – anak. Peranan organ ini kan mulai di gantikan dengan seiring bertambahnya usia dan kematangan dari sistem imun. Adanya penyakit tonsilitis tentu akan mempersulit dahak untuk keluar. Penanganannya hampir sama dengan cara alami menyembuhkan batuk berdahak.

ads

5. Adenoiditis

Ini merupakan sebuah peradangan atau sebuah reaksi infeksi yang terjadi di daerah adenoid. Merupakan kumpulan dari otot lumpatik yang akhirnya membesar dan berada di antara daerah belakang tenggorokan dan hidung. Penyakit ini biasanya terdapat pada anak-anak.

6. Abses Peritonsilar

Ini adalah penyakit yang umumnya terjadi di karenakan sebuah komplikasi dari penyakit tonsilitis yang tidak di tangani dengan baik hingga membentuk kumpulan nanah di daerah tonsil. Infeksi bakteri merupakan penyebab adanya penyakit abses peritoneal tersering. Beberapa gejalanya adalah : demam, susah menelan, sakit pada tenggorokan, sakit kepala, nafas bau, bengkak di area leher dan tenggorokan.

7. Infeksi epiglotis

Banyak penyebab yang bisa mengakibatkan infeksi di daerah epiglotis. Infeksi dari Hib atau influenzae haemophilus merupakan faktor tersering penyebab infeksi epglotis pada anak -anak. Penyakit ini menyerang semua kalangan umur, menyebabkan luka bakar, cidera di daerah tenggorokan dan pembengkakan epiglotis.

8. Bronkitis

Bronkitis merupakan sebuah gejala infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan di daerah bronkus atau paru – paru yang akan menyebabkan terjadinya peradangan atau proses infeksi pada saluran tersebut.

9. Batuk Rejan

Seperti halnya batuk berdahak putih, batuk rejan ini adalah sebuah infeksi paru – paru akibat bakteri yang menjalar ke daerah saluran pernafasan. Ini merpakan penyakit yang menular dan sangat rentan terjadi pada anak – anak.

10. Sinusitis

Merupakan sebuah infeksi yang mengakibatkan pembengkakan pada sinus akibat adanya sumbatan. Gejala sinusitis umumnya terjadin secara dadakan dan akan berlangsung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Demikian itulah ulasan tentang penyebab dari mengapa dahak sangat susah sekali di keluarkan yang bisa anda ketahui.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab