Sponsors Link

Inilah 3 Penyebab Hidung Sakit Saat Flu Yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami hidung sakit saat flu? Perlu anda tahu bahwa flu atau yang sebenarnya disebut dengan influenza merupakan sebuah infeksi yang menyerang saluran pernapasan yang mana disebabkan oleh serangan virus. Beberapa gejala yang mengindikasikan bahwa seseorang menderita flu yakni seperti demam, pusing, batuk, nafsu makan menurun dan lain sebagainya.

ads

Sebenarnya flu bisa sembuh dengan sendirinya karena nanti sistem kekebalan tubuh anda akan berperan untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Namun, jika flu yang anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan dengan intensitas yang sering maka bisa jadi hal ini menjadi sebuah indikasi bahwa pada waktu itu anda menderita sebuah penyakit tertentu yang harus segera dilakukan pengobaan secara tepat dan cepat.

Untuk kasus flu yang sudah terlalu parah, maka bisa menyebabkan hidung anda terasa sakit. Maka dari itu, pada postingan kali ini kami akan memberikan anda penjelasan mengenai apa saja yang menyebabkan hidung sakit saat flu yang harus anda wasapadi dimana hal ini seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bisa menjadi sebuah indikasi anda terkena penyakit tertentu.

1. Sering Flu

Penyebab hidung sakit saat flu adalah karena anda sudah terlalu sering menderita flu. Seseorang yang mengalami flu dengan intensitas yang sering dan tidak kunjung menunjukkan tanda – tanda kesembuhan meskipun telah dilakukan berbagai macam pengobatan maka bisa menyebabkan rasa nyeri pada hidung.

Hal ini dikarenakan hidung sudah terlalu sering mengalami penekanan ketika orang tersebut sedang flu yang akan berdampak pada rasa sakit pada hidung. Pada kasus lain ditemukan bahwasanya seseorang yang sering mengalami flu maka akan menyebabkan hidungnya seperti mengalami pembengkakan dan juga akan berubah warna menjadi kemerah – merahan. Kami sarankan anda untuk membaca tentang pengobatan flu singapura dan penyebab batuk berdarah.

Maka dari itu, untuk mencegah anda menderita hidung sakit saat flu maka ketika anda sudah merasa bahwa flu yang anda derita tidak kunjung sembuh, maka segeralah memeriksakan kondisi ini kepada dokter. Dokter nantinya akan langsung melakukan diagnosa yang tepat untuk menentukan pengobatan yang tepat yang harus anda jalani.

2. Sinusitis

Hidung sakit saat flu juga bisa disebabkan karena anda terindikasi mengalami sinusitis. Bagi anda yang belum tahu definisi dari sinusitis yakni penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun juga virus yang menyebabkan peradangan pada rongga sinus. Rongga sinus merupakan tempat berukarnya udara dimana rongga sinus terletak pada area wajah.

Seseorang yang menderita sinusitis memiiki gejala yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan seseorang yang menderita flu. Hal yang membedakan adalah untuk seseorang yang menderita sinusitis, maka peradangan yang terjadi lebih parah dimana rongga sinus dipenuhi oleh lendir yang semakin lama semakin menumpuk jika tidak segera diatasi.

Ketika lendir atau ingus tersebut terlalu banyak, maka akan menimbulkan rasa nyeri pada hidung ketika ditekan ataupun ketika orang tersebut sedang flu. Maka dari itu, anda tidak bisa meremehkan kondisi seperti ini dan harus segera dilakukan penanganan dengan menggunakan pengobatan herbal atau bisa juga dengan menggunakan obat – obatan medis yang anda dapatkan dari dokter. Hal lain yang harus anda tahu bahwa untuk kasus yang lebih parah diketahui bahwa sinusitis menyebabkan kematian.

3. Rhinitis

Sponsors Link

Penyebab lain dari hidung sakit saat flu adalah kemungkinan disebabkan oleh penyakit rhinitis. Perlu anda tahu bahwa rhinitis merupakan sebuah penyakit peradangan yang tidak jauh berbeda dengan sinusitis. Perbedaan diantara kedua penyakit peradangan ini adalah jika seseorang yang menderita sinusitis mengalami peradangan pada rongga sinus, berbeda dengan rhinitis dimana peradangan yang terjadi adalah di daerah selaput hidung.

Seseorang yang sudah terindikasi menderita rhinitis harus segera dilakukan pengobatan. Mengapa? Karena untuk kasus rhinitis yang lebih parah diketahui bisa mengakibatkan hidung penderita mengalami rasa sakit ketika ia sedang flu. Maka dari itu, anda harus segera melakukan pengoabatan yang tepat terhadap rhinitis anda dengan cara menggunakan pengobatan herbal atau juga bisa menggunakan pengobatan medis berupa obat – obatan yang anda dapatkan melalui resep dokter.

Di bawah ini ada beberapa pengobatan herbal yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit yang menyebabkan hidung anda mengalami sakit ketika flu:

Sponsors Link

  • Menggunakan Terapi Uap Air

Pengobatan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan terapi uap air panas. Adapun mengenai cara pembuatannya tentu sangat mudah karena anda hanya perlu memasak air dan ketika sudah mendidih anda hanya tinggal mencium baunya.

Biasanya terapi ini juga akan digabungkan dengan banyak minum air hangat karena kedua pengobatan tersebut berfungsi untuk mencairkan lendir yang menjadi sebab hidung terasa sakit. Terkadang hal ini juga berlaku jika digunakan sebagai cara mengobati pilek pada bayi.

  • Menggunakan Madu dan Jahe

Pengobatan kedua yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan jahe yang anda campurkan dengan madu. Baik jahe maupun madu mengandung suatu zat yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang tentu akan sangat berguna untuk mengatasi lendir atau ingus yang menjadi sebab hidung anda terasa sakit.

Selain itu, efek jahe yang mengahangatkan sangat bagus bagi tubuh anda agar supaya terlihat tetap segar dimana seseorang yang menderita hidung sakit saat flu biasanya akan lemas dan tidak bertenaga. Kami sarankan anda untuk membaca informasi lain seperti penyebab sering flu dan penyebab batuk berdahak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab