Sponsors Link

6 Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Radang tenggorokan merupakan suatu keadaan dimana terjadi peradangan atau infeksi di area tenggorokan (Faringitis). Tenggorokan manusia, umumnya meliputi rongga mulut bagian belakang, tonsil (amandel), laring dan sekitarnya. Jika terjadi peradangan di area tenggorokan ini, tentunya akan menimbulkan rasa sakit dan kurang nyaman di bagian tenggorokan. Setiap kali hendak makan atau minum sesuatupun, pasien biasanya akan merasa sakit di bagian tenggorokanya tersebut.

ads

Umumnya, sakit radang tenggorokan yang banyak dialami sebagian orang ini diawali dengan oleh kondisi batuk dan hidung tersumbat yang dialami. Batuk dan hidung tersumbat ini menjadi reaksi pengeluaran kuman dan virus yang menyebabkan flu pada pasien. Saat batuk terjadi, makanan penyebab radang tenggorokan ternyata memungkinkan untuk terjadinya reaksi peradangan yang menyebabkan tenggorokan menjadi lebih bengkak dan menimbulkan rasa sakit karena peradangan tersebut.

Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh

Radang tenggorokan tentunya dapat dialami oleh sebagian orang, karena beberapa penyebab tertentu. Masa setelah flu hampir sembuh dan mengalami batuk, saat itulah Anda sebaiknya berhati-hati dan menjaga gaya hidup yang tidak baik. Tidak sedikit orang yang seharusnya sembuh dari flu, malah mengalami radang tenggorokan sering kambuh, karena tidak bisa menahan kebiasaan buruk tersebut. Apa saja yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan sering kambuh, berikut ulasanya:

  • Tertular Percikan Renik

Tahukah Anda bahwa radang tenggorokan yang mungkin dialami anak-anak atau balita di lingkungan keluarga, bisa jadi karena tertular percikan renik dari anggota keluarga lainyang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Virus penyebab radang tenggorokan ini ditularkan melalui percikan renik (droplet) ketika si penderita radang sedang batuk, bersin, berbicara atau bersentuhan dengan anak dan bayinya (mencium).

  • Sedang Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan dalam tubuh, akan membuat lendir di area saluran napas menjadi lebih kental dan pekat. Akibatnya, batuk yang dialami akan semakin menjadi dan mudah menimbulkan radang di area tenggorokan. Oleh sebab itu, sangat disarankan pada pasien yang sedang mengalami radang tenggorokan untuk lebih banyak minum air putih.

  • Konsumsi Makanan yang Berminyak dan Dingin

Beberapa minuman yang suhunya dingin, serta makanan tinggi minyak seperti gorengan yang menjadi favorit hampir semua orang, tidak boleh dikonsumsi terlebih dulu. Beberapa jenis makanan dan minuman inilah yang menjadi penyebab radang tenggorokan sering kambuh pada beberapa orang. Sebaiknya konsumsi buah pereda radang tenggorokan agar segera reda.

  • Kebiasaan Merokok

Kita semua harus setuju, bahwa kebiasaan merokok, terlebih saat sedang batuk dan mengalami radang tenggorokan tidak dibenarkan. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit lain yang lebih parah. Saat merokok, saluran pernafasan akan menjadi kurang bersih, memudahkan jalan virus dan bakteri penyebab radang lebih mudah masuk. Akibatnya, radang tenggorokan tidak bisa dhindarkan.

  • Virus serta Bakteri
Sponsors Link

Virus dan bakteri tentunya merupakan penyebab utama dari orang yang mengalami radang tenggorokan sering kambuh. Virus dan bakteri ini begitu mudah masuk ke dalam tubuh kapan saja, terlebih saat kondisi lingkungan sekitar kurang bersih. Jika Anda sedang mengalami flu atau batuk, agar terhindar dari radang tenggorokan, gunakan masker untuk melindungi saluran pernafasan Anda.

  • Konsumsi Minuman Alkohol

Minuman beralkohol ternyata sama saja seperti kebiasaan merokok, yang akan menimbulkan masalah kesehatan baru dan memicu batuk serta radang tenggorokan semakin parah. Dibandingkan alcohol, sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi air putih yang sudah jelas lebih sehat dan menjadi cara mengobati radang tenggorokan bernanah serta lebih bermanfaat dibandingkan minuman alcohol yang sudah jelas berbahaya.

Pencegahan Radang Tenggorokan

Sponsors Link

Jika sudah mengalami radang tenggorokan, tentunya kita harus segera mencari solusi untuk mengobati radang tenggorokan agar segera sembuh oleh antibiotik untuk batuk dan radang tenggorokan Tidak hanya pengobatan, tindakan pencegahan tentunya harus lebih sering dilakukan agar benar-benar terhindari dari radang tenggorokan yang sering kambuh. Berikut ini beberapa langkah pencegahan sederhana untuk radang tenggorokan :

  • Mengkonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan tenggorokan lebih kering dan sakit
  • Berkumur dengan air garam yang dibuat dalam suhu yang hangat. Cukup gunakan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat matang
  • Berkumur dengan obat antiseptic atau moutwash agar terhindar dari bau mulut atau nafas kurang segar saat mengalami radang tenggorokan
  • Mengkonsumsi obat rekomendasi dokter seperti obat antipiretik, analgesic hingga antibiotic yang sesuai dengana tingkat keparahan radang tenggorokan yang dialami.

Penyakit radang tenggorokan merupakan golongan infeksi saluran nafas yang memungkinkan untuk terjadi secara berulang (kambuh). Oleh sebab itu, penyakit ini sebaiknya segera diobati dan jangan dianggap sepele. Ketahui penyebab radang tenggorokan sering kambuh yang dialami, agar lebih mudah mencari obat untuk mencegah radang tenggorokan tersebut.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Radang Tenggorokan