Sponsors Link

17 Penyebab Sering Flu dan Bersin di Pagi Hari

Sponsors Link

Flu dan pilek adalah dua hal yang berbeda. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Sementara pilek adalah gejala yang disebabkan oleh faktor selain virus (bisa bakteri, jamur, atau alergi). Namun karena flu dan pilek memiliki gejala yang sama, masyarakat sering menganggap keduanya sama. Oleh karena itu, orang yang sering pilek bisa jadi dianggap sebagai orang yang sering flu, padahal mungkin penyebabnya berbeda. Seperti yang dijelaskan di atas, flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Gejala dari flu antara lain:

ads
  • Hidung tersumbat.
  • Demam.
  • Batuk. (Baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)
  • Keluar cairan dari hidung.
  • Sakit kepala.
  • Badan lemas.

Karena penyebab flu adalah virus, maka penyebab terjadinya sering flu yang paling utama adalah daya tahan tubuh yang kurang kuat, sehingga virus influenza mudah menjangkiti. Menurut para ahli, penyebab dari sistem imun tubuh yang lemah itu bisa terjadi karena banyak hal. Bahkan kebiasaan buruk setiap hari bisa menjadi faktor penurunan sistem imun, tanpa kita sadari. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan penyebab sering flu dan bersin di pagi hari:

1. Konsumsi gula berlebihan

Gula memang lebih baik dibatasi konsumsinya. Gula ternyata tidak hanya buruk untuk orang yang sedang terserang diabetes atau sedang diet saja, melainkan juga buruk untuk manusia normal sekalipun. Gula bisa menjadi lemak dan sulit dikeluarkan dari tubuh. Gula juga meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, gula yang terlalu berlebihan rupanya juga bisa menjadi penyebab dari penurunan daya tahan tubuh seseorang. Ada sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition yang meneliti tentang hal ini. Hasil penelitian cukup mengejutkan karena 100 gram gula yang dikonsumsi oleh manusia bisa menurunkan kemampuan sel darah putih dalam membunuh benda asing seperti bakteri, virus, dan lainnya selama 5 jam ke depan. (baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk – Obat Tradisional Batuk Kering – Cara Mengobati Tenggorokan Gatal)

2. Kurang minum atau dehidrasi tanpa disadari

Tubuh tentu membutuhkan air dan cairan. Air dan cairan ini dibutuhkan oleh metabolisme dalam skala besar. Air dibutuhkan juga dalam sirkulasi darah, pencernaan, dan sistem sekresi. Sistem sekresi itu sendiri tugasnya adalah untuk membuang racun dari dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan air atau dehidrasi, maka racun yang ada pada tubuh akan sulit untuk dibuang. Dehidrasi itu sendiri tidak selalu memberikan impuls rasa haus pada manusia. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya sedang dehidrasi. Maka dari itu, penuhilah konsumsi air harian. Kebutuhan air harian setiap orang memang berbeda, tergantung aktivitas dan kondisi masing-masing. Namun sebisa mungkin penuhilah konsumsi 8 gelas air per hari untuk kelancaran metabolisme dan meningkatkan sistem imun tubuh. (Baca juga: Jenis-jenis Batuk)

Artikel Terkait:

3. Penurunan berat badan

Sponsors Link

Penurunan berat badan mungkin diinginkan oleh pelaku diet. Namun yang perlu dipahami, penurunan berat badan yang terlalu banyak dalam jangka waktu cepat justru akan berdampak buruk pada sistem imun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh harus beradaptasi secara singkat. Hal ini akan memperburuk kinerja jantung dan juga otak. Penurunan berat badan yang mengganggu sistem imun akan menciptakan potensi inflamasi dalam tubuh, sehingga sistem imun akan bekerja keras dalam melawan inflamasi tersebut. Maka, jika ada virus influenza masuk, sistem imun akan semakin kehilangan pertahanan dirinya, dan flu tidak bisa dihindarkan.

4. Sering stres atau depresi

Stress atau depresi bisa datang karena banyak faktor, misalnya faktor pekerjaan atau faktor sosial sehari-hari. Stress dan depresi ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Stress dan depresi bisa jadi melemahkan sistem imun di dalam tubuh. Hal inilah yang mungkin tidak disadari oleh seseorang. Seseorang mungkin sering merasa bahwa dirinya sedang tidak stress. Namun tubuhnya berkata lain. Misalnya ketika seseorang flu setelah mengumpulkan deadline tugas kuliah. Maka hal itu dikarenakan tubuhnya sedang stress. Berdasarkan American Psychological Association, stres bisa melemahkan respons sistem imun jika berlangsung lama. Maka, jika virus flu masuk, sistem imun akan lebih lama menanggapinya sehingga flu tidak bisa dihindarkan.

5. Sedang terserang penyakit lain

ads

Seseorang sering terserang flu juga bisa dikarenakan memiliki penyakit lain yang tidak kunjung sembuh. Misalnya seseorang yang mengidap penyakit kanker atau HIV. Dengan kondisi demikian, sistem imun memang sedang tidak berjalan maksimal karena memang sedang ada gangguan di dalam tubuh. Hal inilah yang bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terserang flu sehingga flu sering terjadi.

6. Terlalu keras bekerja

Bekerja terlalu keras bisa juga menyebabkan seseorang sistem imunnya lemah. Orang yang bekerja terlalu keras bisa membuat tubuhnya cepat lelah. Selain itu orang yang bekerja terlalu keras biasanya juga tidak mengimbangi nutrisi seimbang dalam makanan, serta aktivitas fisik tambahan untuk olahraga di akhir pekan. Hal ini semakin memperburuk kondisi tubuh. Sistem imun yang lemah itu lama kelamaan juga akan goyah jika ada virus yang masuk. Sehingga seseorang bisa mudah terserang flu. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

7. Kurang nutrisi seimbang

Nutrisi seimbang sangat perlu dikonsumsi untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Jika nutrisi seimbang bisa masuk ke dalam tubuh, semua organ akan bekerja dengan baik. Sistem imun tubuh juga akan bekerja dengan baik. Sehingga virus  yang masuk bisa dilawan dengan baik. Sebaliknya jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki nutrisi seimbang, maka tubuh akan kehilangan kemampuan untuk melawan virus.

8. Kurang olahraga

Olahraga adalah salah satu sarana yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh yang lebih bugar. Tubuh yang bugar karena olahraga secara rutin akan lebih mudah melawan virus, sehingga flu tidak mudah menyerang. Sebaliknya, orang yang tidak rutin berolahraga tentu pola hidupnya akan lebih buruk sehingga virus lebih mudah masuk. Itulah yang menyebabkan seseorang lebih mudah terserang flu. (Baca juga: Cara Mengobati Asma)

9. Istirahat tidak teratur

Tubuh juga membutuhkan yang namanya istirahat secara teratur. Percuma memiliki tubuh yang sehat jika tidur tidak teratur atau sering mengalami insomnia di malam hari. Kondisi tubuh yang kurang istirahat akan berdampak buruk juga pada sistem imun, sehingga sangat penting bagi tubuh untuk beristirahat setiap hari secara teratur.

10. Tinggal di lingkungan yang penuh polusi virus

Penyebab sering flu berikutnya adalah jika seseorang memang tinggal di lingkungan yang penuh dengan polusi virus influenza. Hal ini tentu akan lebih memperbesar peluang sering terserang flu daripada orang yang tinggal di lingkungan yang tidak berisi polusi virus.

Sedangkan pilek, seperti yang dijelaskan di atas, bisa terjadi karena banyak hal selain virus influenza, yaitu bisa karena bakteri, cuaca, atau faktor lainnya. Gejala pilek juga sama dan mirip dengan flu. Adapun penyebab sering pilek antara lain bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

1. Reaksi alergi

Seseorang sering pilek bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Ada beberapa orang yang alergi terhadap debu, bulu binatang, serbuk sari bunga, atau asap. Jika alergen tersebut terus menerus dihirup, maka pilek akan sering terjadi. Namun jika alergen dihilangkan, maka pilek tidak akan menyerang kembali. Sementara itu ada juga seseorang yang alergi terhadap makanan tertentu dan gejala yang muncul adalah pilek. Maka jika makanan tersebut terus menerus dikonsumsi, maka tentu saja pilek akan sering terjadi.

2. Pengaruh lingkungan yang lembab

Sponsors Link

Lingkungan yang lembab biasanya adalah lingkungan pada saat musim hujan. Lingkungan yang lembab akan memperbesar tumbuhnya jamur dan bakteri. Jika sistem imun tubuh kurang kuat, maka bakteri bisa saja mudah masuk ke dalam tubuh dan menjangkiti sehingga pilek bisa terjadi. Oleh karena itu, wajar jika ketika musim hujan, sangat banyak orang yang terserang pilek. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak)

3. Mengidap polip

Polip adalah kondisi dimana ada jaringan yang tumbuh di dalam saluran pernafasan. Walau pada dasarnya polip tidak berbahaya, namun jika jaringan tersebut membesar, hidung akan tersumbat dan sering muncul cairan dari hidung. Hal inilah yang bisa menyebabkan seseorang terlihat sering pilek. Solusinya adalah dengan mengangkat polip tersebut.

4. Mengidap sinusitis

Selain polip, salah satu kelainan pada sistem pernafasan yang membuat seseorang terlihat sering pilek adalah sinusitis. Gangguan pada sinus akan membuat seseorang mengeluarkan gejala yang mirip dengan flu, sehingga mereka terlihat sering flu.

5. Tinggal di ketinggian

Orang yang tinggal di ketinggian seperti perbukitan atau pegunungan akan lebih rentan pilek. Hal ini dikarenakan hidungnya harus beradaptasi dengan kondisi di tempat tersebut. Biasanya hidung akan berair dan sulit bernafas karena sering tersumbat. Gejala tersebut mirip dengan flu, namun sebenarnya gejala itu adalah karena cuaca yang berbeda dengan dataran rendah.

Artikel lainnya:

6. Sering minum es

Minum es kadang-kadang juga bisa menciptakan gejala seperti flu. Namun gejala tersebut tidak akan lama dan hanya sebagai efek sementara. Tapi jika minum es dilakukan terlalu sering, gejala pilek akan sering juga terjadi. Maka dari itu, minum es jangan terlalu sering. Cukup sekadarnya saja.

7. Hidung sering kering

Hidung membutuhkan kelembaban. Jika hidung terlalu kering, maka kemampuannya untuk menangkap debu, bakteri, dan virus akan berkurang. Jika sudah demikian, maka orang akan lebih mudah terserang pilek maupun flu. Selain itu, orang yang alergi terhadap benda asing seperti debu dan asap juga akan lebih cepat reaksi alerginya.

Itulah beberapa penyebab sering flu dan pilek yang perlu diketahui untuk bisa dicegah. Jaga selalu kesehatan dan jaga pola hidup sehat untuk mencegahnya. Selain itu hindari alergen jika memiliki alergi. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab