Sponsors Link

11 Perbedaan Batuk Bronkitis dan Batuk Tbc Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Batuk kerap kali muncul secara tiba-tiba, baik itu karena faktor lingkungan seperti debu, asap rokok atau karena polusi udara. Atau bisa juga karena gejala penyakit seperti flu, pilek, sinusitis,polip, bronkitis ataupun tuberkulosis (TBC). Namun, kerap kali batuk bronkitis dan batuk TBC sulit untuk dibedakan. Seperti apa perbedaannya? Berikut ini penjelasan tentang perbedaan batuk bronkitis dan batuk TBC yang belum banyak diketahu.

ads

Batuk Bronkitis

Batuk bronkitis merupakan batuk kering. Yang menjadi perbedaan batuk bronkitis dan batuk tbc ialah pada batuk karena bronkitis ini memungkinkan untuk mengeluarkan lendir kental berwarna kuning keabu-abuan. Batuk karena bronkitis ini dapat reda dalam beberapa minggu setelah gejala lainnya menghilang. Batuk berkepanjangan dari bronkitis ini dapat membuat dada dan otot perut Anda terasa sakit. Selain itu ada beberapa gejala batuk bronkitis lainnya, seperti dibawah ini:

  1. Sesak napas – Ini dapat muncul karena batuk bronkitis membuat dada terasa sakit yang berujung pada sesak napas.
  2. Tenggorokan terasa sakit – karena batuk bronkitis yang merupakan batuk kering sehingga tenggorokan akan terasa kering dan sakit.
  3. Mudah kelelahan.
  4. Demam dan menggigil pada waktu tertentu seperti di malam hari, atau petang.
  5. Sakit kepala atau pusing – hal ini terjadi karena saat minum obat batuk sebelum makan, Anda terlalu keras untuk mengeluarkan semua batuk yang membuat dada terasa sakit.
  6. Hidung dan area sinus yang ikut tersumbat.

Setelah itu, adapun beberapa hal yang menjadi perbedaan batuk bronkitis dan batuk tbc seperti adalanya lendir berwarna. Saat Anda mengalami hal tersebut, segeralah periksakan ke dokter.

Batuk TBC

Mengenai batuk tbc dalam perbedaan batuk bronkitis dan batuk tbc – batuk tbc ini berawal dari infeksi yang cukup serius pada paru-paru kita. Selain itu, pengaruh minus es saat batuk ini dapat menular melalui udara dan bersin. Gejala-gejala dari batuk tbc ini dapat dilihat dan berkembang dalam jangka waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Berikut ini yang menjadi perbedaan batuk bronkitis dan batuk tbc – dalam hal ini adalah gejala batuk tbc:

  1. Batuk ini menghasilkan dahak yang berwarna abu-abu atau kuning yang kemungkinan dapat bercampur dengan darah.
  2. Terjadinya penurunan berat badan – karena jus untuk batuk berdahak bronkitis akan membuat Anda kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba.
  3. Kerap kali berkeringat di malam hari hingga demam. Hal ini akan membuat Anda sekaligus merasa menggigil di malam hari.
  4. Urine yang berubah warna menjadi kemerahan atau urine keruh. Gejala ini merupakan gejala yang cukup berbahaya.
  5. Terasa nyeri pada dada atau paru-paru saat batuk. Hal ini juga dapat membuat Anda obat sesak nafas karena batuk pilek dan pusing. Ketika hal tersebut terjadi, akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Selain itu, bronkitis ini dapat berdampak buruk di bagian tubuh lainnya seperti, tulang belakang, ginjal hingga otak. Urine juga dapat bercampur dengan darah saat bronkitis yang Anda alami sudah terlalu lama. Hal tersebut tentulah berbahaya ketika Anda tidak mengobatinya dengan segera. Karena ketika dibiarkan terlalu lama, akan menurunkan sistem imun tubuh.

Dengan demikian, mengenai perbedaan batuk bronkitis dan batuk tbc yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak mendapatkan diagnosa yang salah sehingga nantinya akan memperparah penyakit Anda.  Jika obat batuk berdarah tidak kunjung mereda, maka hal tersebut butuh perawatan sesegera mungkin. Tetap jaga kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,