Sponsors Link

Kenapa Sering Pilek Setiap Bangun Tidur? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Sebagian besar dari Anda sering mengalamai pilek setiap bangun tidur. Beberapa orang menghubungkan hal ini dengan kondisi tubuh yang alergi terhadap suhu dingin. Memang sebagian kecil hal tersebut dikarenakan oleh alergi terhadap suhu dingin. Hampir setiap pagi, orang tersebut sering sekali bersin – bersin dan hidung meler mengeluarkan ingus seperti orang yang terkena batuk pilek disertai bintik merah . Namun, ketika sudah beraktifitas lebih lanjut maka bersin dan pilek tersebut akan hilang dengan sendirinya. Pada artikel ini akan mengulas tuntas tentang peristiwa pilek setiap bangun tidur? apa penyebabnya?.

ads

Kami menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi yang tidak kalah penting seperti:

Penyebab Sering Pilek Saat Bangun Tidur

Kondisi daya tahan tubuh seseorang berbeda dengan orangl lain, bahkan setiap saatnya kondisi daya tahan tubuh manusia dapat berubah secara dratis seperti terkena pilek tapi tidak keluar ingus. Perubahan ini dapat dipicu dari gaya hidup seperti makan makanan yang mengandung lemak tinggi, jarang berolahraga, atau kurang istirahat yang cukup. Berikut ini beberapa penyebab pilek setiap bangun tidur, antara lain:

1. Reaksi alamiah tubuh

Pada saat tidur tubuh kita mengalami penurunan suhu tubuh, sehingga seseorang yang bangun tidur akan merasakan pilek dan hidung keluar ingus. Reaksi alami tubuh ini tergantung pada tubuh manusia. Apabila kondisi kesehatan seseorang terganggu maka orang tersebut akan mengalami pilek akaibat menurunnya daya tahan tubuh.

2. Silia

Silia ini merupakan bulu halus yang berada di dalam rongga sinus atau hidung yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan lendir dan kotoran. Lendir dan kotoran ini yang akan menjadi penyebab hidung tersumbat ketika bangun tidur. Cara menghilangkan silia ini dengan mudah agar tidak terjadi pilek saat bangun tidur pagi hari yaitu bersihkan ruangan kamar, bantal, guling dan kasur. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi bulu halus hewan yang menempel di rungan kamar tidur, atau ruangan lainnya di kantor.

3. Sinusitas

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi di dalam rongga hidung sehingga dapat menganggu sistem pernapasan. Gejala penyakit ini adalah nyeri di sekitar wajah dan gigi, sakit kepala, nafas berbau tidak sedap, hidung tersumbat dan keluar ingus mirip penyakit pilek. Dari gejala tersebut terlihat sinusitis adalah penyebab pilek setiap bangun pagi hari. Kondisi pilek pada penyebabkan ini dapat dikurangi dengan cara setiap akan tidur sebaiknya gunakan bantal yang lebih tinggi.

4. Sensitivitas

Apabila ada orang yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi atau hipersensitivitas akan meningkatkan potensi terkena pilek saat bangun pagi hari. Hal ini terjadi ketika orang tersebut terkena hypersensitivitas terhadap dingin yang tinggi maka ketika dingin pagi hari akan membangunkannya di pagi hari yang dingin, sehingga kondisi ini berdampak pada timbulnya pilek.

5. Rhinitis Alergi

Sponsors Link

Faktor satu ini diduga menjadi penyebab utama terjadinya pilek saat bangun tidur. Penyebab tersebut adalah rhinitis alergi. Pada saat tidur, tidak menutup kemungkinan ada alergen yang menempel pada selimut, bantal, gulung atau kasur, sehingga mudah bagi orang yang terkena alegen besok paginya akan bersin – bersin.

Hal ini dapat diminimalisir dengan cara membersihakn tempat tidur secara rutin seperti mengganti selimut, menjemur bantal, guling atau kasur di terik matahari agar kuman atau bakteri mati. Aktifitas tersebut dapat menghilangkan debu, bulu binatang atau alergen sejenisnya, sehingga terhindar dari penyebab pilek saat bangun pagi hari. Baca batuk pilek dan benjolan di leher anak.

6. Rhinitis vasomotor

Orang yang terkena rhinitis vasomotor akan mudah terkena pilek. Rhinitis vasomotor merupakan pembekakan pembuluh darah yang disebabkan oleh kondisi udara kering berubah menjadi lembab, perubahan suhu udara yang drastis, stress berlebihan, suhu udara yang panas serta kelelahan. Faktor pemicu tersebut juga merupakan penyebab pilek pada suhu dingin saat bangun pagi hari.

Sponsors Link

Kondisi ini dapat dikurangi dengan cara rutin di pagi hari melakukan terapi uap. Terapi uap ini berfungsi untuk mengencerken ingus sekaligus melegakan pernapasan akibat  terkena flu. Cara terapi uap tersebut dapat dilakukan dengan cara siapkan baskom yang berisi air panas, tambahkan beberapa tetes minyak aromaterasi seperti laverder atau papermint dan selanjutnya dekatkan baskom tersebut didekat wajah lalu hirup uap panas baskom dalam – dalam selama beberapa menit.

Nah, demikian penjelasan tentang kejadian pilek saat bangun tidur? apa penyebabnya? Hal tersebut dapat memberikan informasi kepada Anda agar selalu menjaga kesehatan dengan berbagai cara seperti mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah segar, rutin berolahraga, dan istirahat dengan cukup. Asupan nutrisi yang berkualitas serta gaya hidup yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh meningkat maka Anda akan terhindar dari serangan kuman, bakteri atau virus penyebab penyakit. Kondisi sehat seperti ini yang akan membuat Anda semangat dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Baca juga  bayi susah tidur karena pilek .

, ,




Oleh :
Kategori : Penyebab