Sponsors Link

Pinggang Sakit Saat Batuk: Gejala, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Penyakit satu ini memang sering diremehkan oleh setiap orang karena mayoritas dari mereka berpendapat batuk mudah datang dan mudah pula untuk sembuh. Namun, batuk adalah penyakit atau kondisi tubuh yang akan berdampak penyebab dari timbulnya penyakit lain atau yang lebih dikenal sebagi pintu gerbang dari munculnya penyakit lainnya.

ads

Beragam macam penyakit dapat muncul bermula dari batuk ini. Salah satu penyakit yang sering muncul bermula dari batuk adalah sakit pinggang. Mungkin sebagian besar dari kalian merasakan pinggang sakit saat batuk. Kondisi ini memang sering terjadi apabila batuk tersebut sudah lama dan tidak kunjung sembuh. Kondisi ini akan diperparah apabila Anda melakukan kebiasaan yang dapat memperburuk sakit pinggang Anda. Artikel ini akan membahas fenomena tentang pinggang sakit saat batuk :gejala, bahaya dan pengobatan.

Artikel terkait:

Sakit pinggang merupakan keadaan yang tidak nyaman karena melakukan sesuatu akan terasa berat seperti duduk akan merasakan nyeri bahkan tidurpun merasakan ketidaknyamanan akibat nyeri pada pinggang tersebut. Keadaan seperti ini yang harus Anda perhatikan dan hindari agar kelangsungan hidup Anda lebih nyaman.

Gejala pinggang sakit saat batuk

Beberapa penyakit muncul akan membarikan sinyal atau tanda – tanda tubuh akibat perubahan keadaan tubuh. Seperti halnya sakit pinggal terdapat beberapa gejala atau tanda – tanda yang diberikan oleh tubuh sebagai penanda munculnya sakit pinggang. Berikut ini beberapa gejala pinggang sakit saat batuk, antara lain:

  • Nyeri datang secara tiba – tiba

Salah satu penanda pinggang sakit saat batuk yaitu munculnya rasa sakit atau nyeri secara mendadak dan rasa sakitnya luar biasa. Keadaan ini yang menyebabkan penderita tidak nyaman dalam melakukan aktifitasnya termasuk dalam kondisi tidur.

  • Rasa nyeri saat buang air kecil

Kondisi alat kelamin yang berhubungan langsung dengan otot pinggang akan berdampak juga pada saat buang air kecil. Nyeri ini hanya berlangsung sebentar pada saat buang air kecil.

  • Rasa nyeri yang berakibat pada munculnya rasa mual dan muntah

Kondisi nyeri ini juga berawal dari rasa mual dan muntah. Rasa mual dan muntah menunjukkan daya tahan tubuh lemah sehingga berdampak munculnya mual dan muntah disertai rasa nyeri di pinggang.

  • Demam dan menggigil

Keadaan ini seperti halnya gejala batuk, dimana kondisi demam disebabakan daya tahan lemah dan virus mulai memasuki sistem proteksi tubuh. Demam merupakan reaksi tubuh akibat sistem daya tahan tubuh manusia melawan virus penyebab batuk. Kondisi ini berlangsung sesaat sebelum munculnya sakit pinggang akibat batuk. Baca juga  batuk disertai demam tinggi.

Bahaya pinggang sakit saat batuk

Sponsors Link

Kondisi tubuh yang tidak sehat menandakan sistem imun orang tersebut lemah sehingga berdampak buruk bagi kesehatan yaitu akan muncul beragam penyakit. Virus, bakteri atau kuman dengan mudah masuk ke sistem tubuh manusia yang akan menyebabkan tubuh mengalami beragam penyakit sesuai dengan penyebabnya. Kondisi ini yang tidak diharapkan. Apalagi bila tubuh sudah mulai terserang batuk maka dengan mudah penyakit lain bermunculan seperti sakit pinggang. Sakit pinggang saat batuk ini juga memiliki potensi bahaya menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan. Berikut ini bahaya pinggang sakit saat batuk seperti dibawah ini.

  • Berat badan menurun

Kondisi tubuh yang mengalami sakit pinggang disertai batuk memang berpengaruh besar terhadap aktifitas keseharian termasuk makan. Keadaan batuk disertai pinggang sakit akan membuat penderita mengalami nafsu makan yang berkurang karena fokus merasakan rasa sakit di pinggang saat batuk. Oleh sebab itu, mayoritas penderita mengalami berat badan yang menurun.

  • Kesulitan dalam tidur

Keadaan nyeri di pinggang mengakibatkan penderita mengalami ketidaknyamanan dalam melakukan aktifitasnya termasuk tidur. Kondisi tidur ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merechange energi dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila penderita mengalami kesulitan dalam tidur maka akan berdampak memperburuk kesehatan serta memperlemah daya tahan tubuh.

ads
  • Munculnya penyakit lainnya yang kronis, 

Kondisi tubuh yang lemas karena sulit dalam mengkonsumsi makanan serta sulit untuk tidur ini adalah penyebab utama munculnya penyakit lainnya yang lebih kronis. Penyakit ini bisa berupa gangguan pada sistem pencernaan atau sistem pernapasan apabila batuk yang disertai sakit pinggang ini tak kunjung sembuh. Anda juga perlu membaca tentang  batuk disertai nyeri otot.

Pengobatan pinggang sakit saat batuk

Berbagai cara ditempuh agar suatu penyakit tertentu dapat disembuhkan, salah satunya adalah pinggang sakit saat batuk. Pertama kali yang disembuhkan adalah batuk karena sakit pinggang dimulai dari kondisi batuk. Berikut ini beberapa pengobatan pinggang sakit saat batuk antara lain:

  • Mengkonsumsi minuman jahe hangat

Jahe memang terbukti ampuh dalam menggobati berbagai penyakit seperti batuk dan sakit pinggang. Untuk batuk, jahe yang dikemas dengan air hangat akan membantu melegakan batuk dan mengencerkan dahak sehingga batuk akan lebih cepat sembuh. Namun untuk sakit pinggang, jahe hangat juga dipercaya mampu mengobati masuk angin serta sakit pinggang. Karena setelah mengkonsumsi minuman jahe hangat akan membuat badan terasa hangat dan ringan serta capek – capek  atau nyeri hilang. Baca juga penyebab batuk tidak berdahak.

  • Terapi panas dingin

Salah satu cara dalam mengobati sakit pinggang adalah terapi panas dingin. Kondisi ini merupakan cara praktis dan tepat dalam mengobati sakit pinggang. Caranya untuk terapi panas yaitu membasahi handung dengan air hangat dan tempelkan ke bagian pinggang yang sakit serta ulangi beberapa kali dalam sehari hingga nyeri tersebut hilang. Sedangkan terapi dingin, bungkus es batu dengan handuk dan tempelkan ke bagian pinggang yang sakit. Terapi ini bukan merupakan terapi instan karena harus dilakukan perulangan sampai benar – benar sehat.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih memang sangat bagus bagi kesehatan karena selain dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga dipercaya mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup minimal 2 liter per hari maka akan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan mudahnya terkenanya penyakit. Waktu yang tepat dalam mengkonsumsi air putih untuk kesehatan khususnya dalam mengobati sakit pinggang dan batuk yaitu di pagi hari setelah bangun tidur.

  • Olahraga pagi hari

Sebelum menjalankan aktifitas sehari – hari seperti bekerja atau bersekolah sebaiknya Anda sempatkan waktu untuk berolahraga kecil seperti senam atau jogging. Olahraga ini akan membuat Anda lebih bugar dan sehat. Selain itu, olahraga di pagi hari memudahkan Anda untuk asupan oksigen dan cahaya matahari yang lebih bagus sehingga akan membuat Anda  sembuh dari sakit pinggang yang disertai batuk.

Demikianlah penjelasan singkat namun mendalam dari fenomena tentang pinggang sakit saat batuk ; gejala, bahaya dan pengobatannya. Bagi Anda yang cenderung mengalami kondisi seperti tersebut maka Anda wajib memperhatikan penjelasan diatas. Anda akan dapat mengetahui dengan tetpat gejala, bahaya serta pengobatan sehingga Anda akan mampu dengan mudah mengobati apabila kondisi tersebut sedang Anda alami. Anda juga disarankan membaca  batuk disertai nyeri otot.

, , ,