Sponsors Link

Procold Biru: Dosis, Cara Pemakaian, dan Efek Samping

Sponsors Link

Masih bingung memilih dan menentukan obat procold mana yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda?. Sebelumnya telah dijelaskan mengenai macam-macam obat procold batuk dan flu, bukan?. Namun, mungkin Anda merasa belum puas dengan penjelasan tersebut. Penjelasan mengenai salah satu jenis obat procold pun sudah dibahas secara penuh yakni tentang obat procold merah mulai dari cara pemakaian, kegunaan, hingga efek samping dari obat tersebut. Selain itu, dibahas pula mengenai kandungan pada obat procold biru tersebut dimana berkhasiat untuk meringankan gejala flu.

ads

Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut lagi mengenai macam obat procold lainnya selain obat procold merah, yakni obat procold biru dimana obat tersebut cenderung berkhasiat untuk mengatasi gejala flu disertai batuk. Pembahasan mengenai obat procold biru akan lebih jelas lagi dengan mencantumkan informasi mengenai dosis obat, cara pemakaian, dan efek sampingnya. Bahkan, apabila diperlukan nantinya akan dibahas pula informasi lainnya yang menyangkut obat procold biru tersebut.

Pembahasan pertama mengenai dosis procold biru. Dosis yang diberikan kepada penderita flu disertai batuk akan berbeda sesuai jenjang usia. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan-kandungan yang ada di dalam obat procold biru tersebut. Dosis yang dianjurkan dalam konsumsi obat procold biru yakni  berikan 1 hingga 2 tablet untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas atau remaja dan orang dewasa, serta berikan setengah tablet untuk anak-anak dengan jenjang usia antara 6 hingga 12 tahun. Minum obat procold merah tersebut secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari.

Perhatikan dosis yang diberikan, jangan memberikan dosis lebih hanya karena ingin lekas sembuh sebab hal tersebut bukan menyembuhkan malah memberikan dampak buruk lainnya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Selain yang telah dijelaskan di atas, obat procold biru tidak dianjurkan diberikan kepada anak-anak dengan batas usia di bawah 6 tahun, serta tak dianjurkan pula diberikan kepada ibu hamil dan menyusui kecuali atas resep dokter.

Kandungan yang ada di dalam obat procold biru yakni terdiri dari 3 komponen seperti paracetamol, pseudoefedrin HCL, dan dextmethorpan HBr, dimana masing-masing kandungan komponen tersebut ialah 500 mg, 30 mg, dan 10 mg. Dari kandungan yang telah disebutkan di atas, masing-masing komponen yang terkandung mempunyai khasiat tersendiri dalam mengatasi gejala flu disertai batuk yang mungkin sesuai dengan kondisi anda saat ini. Berikut penjelasannya :

  1. 500 mg paracetamol termasuk ke dalam zat analgetic dan antipireti dimana keduanya mempunyai khasiat berbeda untuk gejala flu disertai batuk. Khasiat kandungan paracetamol pada obat procold biru yang digunakan sebagai analgetic ialah untuk mengatasi atau pereda nyeri, sedangkan sebagai antipiretik ialah untuk mengatasi penurun demam.
  2.  30 mg pseudoefedrin HCL termasuk ke dalam zat dekongestan (simpatomimetik) dimana mempunyai khasiat untuk meredakan sementara gejala hidung tersumbat dan sinus akibat infeksi (seperti salesma, flu) atau penyakit pernafasan lainnya (seperti alergi serbuk bunga, alergi biasa, bronkitis).
  3. 10 mg dextmethorpan HBr termasuk ke dalam kelas morphinan dimana mempunyai khasiat untuk obat penekan batuk.

Selain khasiat di atas, obat procol biru juga mempunyai efek samping bagi kesehatan Anda apabil dikonsumsi. Berikut penjelasan dari efek samping tersebut.

  1. Menyebabkan tekanan darah meningkat apabila pasien memiliki riwayat mengonsumsi obat-obat golongan monoamine oksidase (MAO) inhibitors.
  2. Kandungan paracetamol di dalam obat procold biru bisa menyebabkan kerusakan hati apalagi jika diminum melebihi dosis yang telah dianjurkan sebelumnya. Bukan itu saja, potensi efek samping kerusakan hati juga meningkat apabila dibarengi dengan meminum alkohol.
  3. Menyebabkan gangguan saluran pencernaan berupa mual dan muntah.
  4. Menyebabkan pendarahan lambung apabila dikonsumsi melebihi dosis yang yang telah dianjurkan.
  5. Menyebabkan kerusakan ginjal terutama masalah gagal ginjal akut apabila Anda meminum obat procold biru dalam jangka panjang sebab biasanya obat-obatan diberikan selama 3 hari saja.
  6. Kandungan paracetamol di dalam obat procold biru bisa menyebabkan terjadinya efek pada kulit seperti sindrom stevens-johnson dan nekrolisis epidermal toksik apabila Anda meminum obat procold biru dalam jangka panjang sebab biasanya obat-obatan diberikan selama 3 hari saja.
  7. Menyebabkan sakit kepala dan vertigo.
  8. Menyebabkan mengantuk dan gangguan psikomotor.
  9. Menyebabkan aritmia dan takikardi.
  10.  Menyebabkan mulut kering.
  11.  Menyebabkan palpitasi, dan retensi urin.
Sponsors Link

Demikianlah informasi mengenai obat procold biru dilengkapi dengan dosis dan takarannya, kegunaannya hingga efek sampingnya berdasarkan komponen yang ada dalam kandungan obat tersebut. Obat procold biru telah terpercaya dalam mengatasi gejala flu disertai batuk seperti mengalami demam disertai sering flu atau masuk angin, sering flu dan sakit kepala atau kepala pusing karena flu, mata merah, hidung tersumbat, suara hilang, sering flu dan sakit tenggorokan dan bersin-bersin. Kenali pula penyebab suara hilang saat flu melanda. Obat procold biru juga termasuk dalam salah satu produksi dari PT. Kalbe Farma, Tbk.

Dalam hal ini sama seperti penyimpanan pada obat-obatan lainnya dimana biasakan simpan obat  dalam suhu ruangan atau sekitar 30 derajat celcius. Ya, meskipun obat procold biru bukan tergolong dalam golongan obat keras, sebaiknya tetap simpan jauh dari jangkauan anak-anak agar menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Misal, si anak yang meminum obat tersebut tanpa pengawasan dari orang tua, sehingga tidak ada yang bisa memastikan dosis yang diminum sesuai dengan takaran yang dianjurkan atau tidak.

, , , , , ,