Sponsors Link

Procold Merah : Cara Pemakaian, Kegunaan Dan Efek Samping

Sponsors Link

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai macam-macam obat procold, bukan?. Dimana telah dijelaskan pula sebelumnya bahwa obat procold bisa mengatasi gejala yang timbul dari kondisi batuk dan flu tersebut, yakni mengalami demam, sering flu atau masuk angin, sering flu dan sakit kepala atau kepala pusing karena flu, mata merah karena flu, hidung tersumbat, suara hilang saat flu, sering flu dan sakit tenggorokan dan bersin-bersin. Nah, kali ini akan dibahas lebih lanjut dan lebih spesifik mengenai salah satu jenis dari obat procold tersebut yakni obat procold merah. Obat procold merah bukanlah nama merk obat tersebut, melainkan sebutan untuk obat procold dengan cover atau kemasan berwarna merah dimana diterangkan bahwa kemasan merah tersebut merupakan obat batuk procold flu.

ads

Procold merah kerap dijadikan pilihan untuk mengatasi gejala flu sebab ia bekerja sebagai analgesik-antipiretik, antihistamin, dan dekongestan hidung yang mampu mengatasi gejala-gejala flu yang ada pada tubuh Anda. Selain itu, obat ini pun sudah dipercaya dan tercatat di BPOM dengan Reg. No. DTL 7211616604A1. Jadi, Anda tak perlu khawatir untuk menggunakan procold merah dalam mengatasi gejala flu yang Anda derita saat ini.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan obat procold merah tersebut, maka Anda pun wajib mengetahui cara pemakaian obat procold merah itu sendiri. Berikut cara pemakaian obat procold merah :

  1. Untuk Remaja (Usia lebih dari 12 tahun) dan orang dewasa diminum 3 sampai 4 kali dalam sehari sebanyak 1 kaplet saja sekali minum.
  2. Untuk  anak-anak usia 6 sampai 12 tahun diminum 3 sampai 4 kali dalam sehari 1/2 kaplet saja sekali minum.
  3. Tidak dianjurkan untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun.
  4. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.
  5. Apabila memang ada rujukan dari dokter untuk memberikan obat procold merah kepada anak-anak usia di bawah 6 tahun, serta ibu hamil dan menyusui tak mengapa untuk diberikan sebab sang dokter sudah tentu lebih paham mengenai kesehatan Anda.
  6. Tidak dianjurkan selama minum obat ini untuk mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.
  7. Tidak dianjurkan penggunaan obat pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, gangguan jantung dan diabetes mellitus, kecuali atas resep dokter.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat procold merah bisa digunakan untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Hal ini disebabkan bahwa di dalam obat procold merah terdapat beberapa kandungan seperti Parasetamol, Pseudoefedrin HCl, dan Klorfeniramin Maleat dimana dalam setiap kapletnya mengandung Parasetamol 500 mg, Pseudoefedrin HCl 30 mg, dan Klorfeniramin Maleat 2 mg.

Selain kegunaan obat procold yang baik dalam mengatasi flu, adapula efek samping dari obat procold itu sendiri yang patut diwaspadai. Efek samping obat procold merah tersebut akan dipaparkan menjadi beberapa poin seperti di bawah ini.

  1. Menyebabkan kantuk,
  2. Menyebabkan gangguan pencernaan,
  3. Menyebabkan sakit kepala,
  4. Menyebabkan insomnia,
  5. Menyebabkan gelisah,
  6. Menyebabkan eksitasi,
  7. Menyebabkan tremor atau getaran pada bagian anggota tubuh,
  8. Menyebabkan takikardi,
  9. Menyebabkan aritimia ventrikel,
  10. Menyebabkan mulut kering,
  11. Menyebabkan palpitasi,
  12. Menyebabkan sulit berkemih.
  13. Menyebabkan kerusakan hati apabila obat dikonsumsi dalam jangka panjang atau penggunaan obat dibarengi dengan menegak alkohol
  14. Menyebabkan susunan saraf pusat tertekan apabila dibarengi penggunaannya dengan obat-obat lain
  15. Menyebabkan gangguan  fungsi hati berat apabila diberikan kepada penderita dengan gejala hipersensitif terhadap komponen obat yang terkandung di dalamnya.
Sponsors Link

Demikian penjelasan mengenai obat procold merah, terkait cara pemakaian, kegunaan, dan efek samping. Hanya untuk himbauan saja, sebaiknya simpan obat yang diproduksi oleh PT. Kalbe Farma, Tbk ini dalam suhu ruangan atau sekitar 30 derajat celcius. Meski bukan tergolong dalam golongan obat keras, sebaiknya tetap simpan jauh dari jangkauan anak-anak demi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti si anak yang meminum obat tersebut tanpa pengawasan dari orang tua atau wali sehingga tidak ada yang bisa memastikan dosis yang diminum sesuai atau tidak.

Kelebihan dosis atau over dosis adalah hal serius yang wajib ditangani lebih lanjut dan sigap sebab akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan bila tidak segera ditangani. Selain itu, harap perhatikan pula tanggal kadaluwarsa pada kemasan, biasanya tercantum di luar kotak kemasan obat. Jangan konsumsi obat dengan tanggal yang melewati tanggal kadaluwarsa maupun yang mendekati tanggal kadaluwarsa obat tersebut. Untuk mempercepat kondisi kesehatan Anda, hindari makan makanan yang berminyak atau gorengan. Perbanyak minum air putih, khususnya air hangat untuk melegakan nafas dan mengencerkan lendir untuk menghindari hidung tersumbat akibat flu yang diderita. Selain itu, imbangi juga dengan pola makan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan. Olahraga yang teratur, tidak usah terlalu berat asal teratur cukup untuk membuat tubuh Anda menjadi sehat dan bugar.

Demikianlah pembahasan mengenai obat procold merah, semoga memberi manfaat untuk Anda dalam mengatasi kondisi kesehatan Anda tersebut dan semoga lekas membaik kesehatannya.

, , , , ,