Sponsors Link

Radang Tenggorokan Boleh Minum Air Dingin? Ini Faktanya!

Sponsors Link

Tenggorokan seringkali bisa terjangkit penyakit sejenis radang tenggorokan yang seringkali terjadi pada manusia. Banyak rumor yang beredar yang menyatakan bahwa ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika seseorang terkena penyakit radang tenggorokan ini. Jika radang tenggorokan tersebut diselingi, hindari makanan yang dilarang saat batuk. Sebelum itu, tentu kita harus mengetahui apa itu radang tenggorokan? Radang tenggorokan dalam dunia medis dikenal sebagai faringitis. Biasanya radang tenggorokan ini dimulai dengan ciri-ciri tidak nyaman pada tenggorokan dan adanya rasa nyeri yang cukup kuat dimana seseorang mengalami pilek, demam dan batuk. Untuk lebih jelasnya, ini adalah gejala jika seseorang terserang radang tenggorokan, diantara lain:

ads
  • Mengalami demam
  • Kelenjar getah bening yang berada dileher mengalami pembesaran
  • Pembesaran amandel
  • Tenggorokan mengalami peradangan yang kemudian akan tertutup oleh selaput lender berwarna keputihan atau jika parah bisa saja keluar nanah.
  • tenggorokan gatal terus menerus

Menurut penelitian, penyebab radang tenggorokan virus dan bisa juga disebabkan oleh jamur, alergi, bakteri, polutan yang berupa gas dan asap rokok. Akan tetapi, kebanyakan radang tenggorokan ini terjadi disebabkan oleh virus. Penyakit ini akan menyerang seseorang tergantung pada imun atau daya tahan tubuh. Apa saja faktor-faktor yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun? Daya tahan tubuh manusia sebenarnya kuat, akan tetapi jika seseorang kurang tidur, terlalu lelah, terkena hujan maka daya tahan tubuh seseorang bisa menurun sehingga pada saat itulah kuman penyakit mudah menyerang tubuh seseorang.

Apakah Pada Saat Radang Tenggorokan Boleh Minum Air Dingin?

Ketika Anda terserang radang tenggorokan, sebaiknya kenali terlebih dahulu seperti apa gejala dari radang tenggorokan tersebut. Dengan mengenal gejala dari radang tenggorokan, Anda bisa menghindari keadaan radang tenggorokan semakin parah. Banyaknya orang yang bertanya dan banyaknya rumor yang berkembang bahwa orang yang terkena radang tenggorokan, apakah masih boleh meminum air dingin? Jawabannya boleh-boleh saja akan tetapi sebaiknya dihindari karena hal ini tentu saja akan memperparah penyakit radang tenggorokan si penderita. Kenapa meminum air dingin bisa memperparah radang tenggorokan? Dengan meminum air dingin, dampak yang paling kelihatan adalah merangsang terjadinya batuk dan flu yang tentu saja akan memperparah keadaan radang tenggorokan. Dampak lainnya yang tentu saja bisa terjadi ketika seseorang terkena radang tenggorokan boleh minum air dingin adalah mungkin saja radang tenggorokan akan semakin parah.

Namun, jika ditanya apakah minuman dingin bisa membuat seseorang terkena radang tenggorokan, jawabannya adalah tidak. Pada dasarnya seseorang bisa terkena radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Karena itu, minuman dingin tidak bisa menyebabkan seseorang untuk terkena radang tenggorokan. Akan tetapi, sebaiknya hindari untuk meminum minuman dingin karena minuman dingin bisa saja membuat daya tahan tubuh menurun sehingga Anda akan mudah terjangkit dan terinfeksi virus yang kemudian terkena penyakit radang tenggorokan. Selain rumor tersebut, benarkah makan gorengan bikin batuk juga harus diketahui sehingga keadaan tenggorokan tidak parah. Tenggorokan sakit setelah makan gorengan bisa saja terjadi jika seseorang mengalami radang tenggorokan.Oleh karena itu, pada saat radang tenggorokan boleh minum air dingin tidak dianjurkan karena bisa memperparah keadaan. Supaya tidak terserang virus atau bakteri, tentu saja beberapa hal harus dilakukan seperti:

  • Beristirahatlah dengan cukup
  • Konsumsi makanan yang seimbang
  • Cucilah tangan dua kali sehari dengan air mengalir.

Jika memang telah terkena radang tenggorokan, tindakan yang bisa dilakukan untuk meredakan radang tenggorokan adalah meminum teh jahe bisa menghilangkan lender yang ada ditenggorokan dan untuk mengurangi rasa sakit bisa berkumur dengan air kunyit atau garam. Jika mengalami batuk disertai radang tenggorokan, khasiat obat batuk ikarydil untuk tenggorokan dan khasiat obat batuk mucos untuk tenggorokan bisa menjadi pilihan.

, , ,