Sponsors Link

Benarkah Rambutan Memperparah Batuk? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Kondisi batuk seseorang dapat sembuh tanpa pengobatan medis asalkan kebiasaan yang kurang baik dihindarkan. Meskipun batuk merupakan kondisi yang dialami oleh setiap orang dan mudah disembuhkan, namun harus segera disembuhkan agar tidak terciptanya penyakit baru yang lebih parah. Apabila seseorang mengalami satu penyakit pasti ada beberapa makanan yang sementara dihindari untuk tidak dikonsumsi agar penyakit tersebut tidak menjadi parah.

ads

Sejalan dengan hal tersebut, apabila seseorang mengalami batuk maka ada dogma masyarakat bahwa memakan rambutan akan memperparah kondisi batuk penderita. Dogma di masyarakat tersebut akan kita bahas di artikel ini. Artikel ini akan mengulas secara lengkap dan mendalam tentang benarkah rambutan memperparah batuk? bagaimana pengobatannya?.

Artikel terkait:

Rambutan merupakan buah yang berbiji dan berdaging, dimana daginnya ini yang akan dikomsumsi oleh manusia. Buah satu ini banyak disukai oleh semua orang baik anak-anak maupun dewasa. Meskipun rambutan ini kaya akan vitamin dan mineral akan tetapi sebagian besar orang menganggap buah ini mampu memperparah kondisi batuk penderita terutama untuk anak-anak.

Benarkah Rambutan Memperparah Batuk?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut harus terlebih dahulu memahami tentang kandungan yang terdapat di buah rambutan. Sebagian besar kandungan rambutan berisi mineral dengan kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang tinggi inilah yang mengakibatkan persepsi masyarakat bahwa buah rambutan ini tidak baik dikonsumsi saat menderita batuk. Berikut ini beberapa alasan mengapa rambutan dilarang dikonsumsi saat menderita batuk, antara lain:

  1. Memiliki kadar gula tinggi, kadar gula yang tinggi inilah yang membuat rambutan dapat memperparah kondisi batuk penderita. Seperti yang Anda ketahui bahwa gula dapat memperburuk kondisi batuk karena dapat meningkatkan resiko peradangan di tenggorokan. Peningkatnya peradangan atau kondisi radang tenggorokan maka akan memperparah batuk seseorang.
  2. Mudah kotor, daging pada rambutan mudah sekali tertempel debu atau sejenisnya. Apabial tidak dibersihkan secara bersih maka daging rambutan ini bisa menyebabkan batuk. Selain itu, daging rambutan yang tidak dibersihkan secara bersih sesaat sebelum di konsumsi akan mudan terkena virus atau bakteri penyebab batuk. Kondisi inilah yang dipercaya oleh sebagian besar orang sebagai media penyebab batuk yang lebih parah.
  3. Alergi rambutan, memang alergi rambutan ini jarang dialami orang namun setiap orang pasti memiliki tingkat sensitifitas tertentu pada kondisi tertentu. Beberapa orang tidak menyadarri bahwa dirinya memiliki alergi terhadap rambutan. Pada beberapa orang memiliki alergi terhadap rambutan akan menyebabkan batuk jiak orang tersebut mengkonsumsi buah rambutan ini. Keadaan ini juga akan memperbarah penderita batuk yang memiliki alergi terhadap buah rambutan. Baca juga batuk sampai keluar air mata.

Apa Gejala Batuk Karena Rambutan ?

Setiap penyakit pasti memiliki tanda – tanda sesaat sebelum terjadinya penyakit tersebut. Tanda atau gejala ini sebagai sinyal dari dalam tubuh untuk memberi informasi kepada semua sistem tubuh bahwa tubuh mengalami perubahan kondisi. Selain itu, tanda atau gejala ini sebagai wujud perlawanan sistem kekebalan tubuh melawan virus, bakteri atau kuman penyebab penyakit. Seperti halnya dengan batuk, dimana kondisi seseorang yang mengalami batuk memiliki gejala. Gejala ini ditentukan oleh pnenyebabnya. Berikut ini gejala batuk karena mengkonsumsi rambutsan, antara lain:

  1. Demam, kondisi ini merupakan gejal yang sering dialami oleh sebagian besar penderita batuk. Dimana pendeirta mengalami peningkatan suhu badan sesaat sebelum munculnya batuk. Demam ini sebagai pertanda sistem imun tubuh melawan serangan dari virus atau bakteri penyebab batuk.
  2. Tenggorokan gatal, salah satu gejala batuk karena mengkonsumsi rambutan yaitu rasa gatal pada tenggorokan. Gatal ini sebabkan oleh kandungan gula yang tinggi di rambutan sehingga terjadi gatal di tenggorokan. Baca juga tenggorokan gatal terus menerus
    Sponsors Link

  3. Terjadi peradangan di tenggorokan, rasa gatal di tenggorokan yang dialami penderita batuk akan berangsur – angsur berubah menjadi rasa sakit di tenggorokan. Rasa sakit inilah akibat dari terjadinya inflamasi atau peradangan di tenggorokan.
  4. Rasa mual dan muntah, beberapa penderita batuk setelah mengkonsumsi rambutan akan mengalami mual dan muntah. Hal ini dapat terjadi karena reaksi dari rasa sakit akibat peradangan di tenggorokan.

Bagaimana Pengobatannya?

Jangan khawatir bagi Anda yang sekarang batuk dan telah mengkonsumsi rambutan. Ada beragam cara dalam mengobati batuk karena mengkonsumsi buah rambutan. Berikut ini beberapa cara dalam mengobati batuk karena rambutan seperti dibawah ini.

  • Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Secara garis besar air putih sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan air putih memiliki manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah dehidrasi dan mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Manfaat seperti itu yang dapat mengobati batuk karena rambutan.

Sponsors Link

Apabila penderita batuk memperbanyak mengkonsumsi air putih maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan dan membunuh virus, bakteri atau kuman penyebab batuk. Selain itu air putih juga mampu menghilangkan atau melarutkan gula pada rambutan. Anda juga dapat membaca  batuk keluar lendir putih.

  • Perbanyak Mengkonsumsi Vitamin C

Salah satu cara dalam mengobati batuk karena rambutan yaitu perbanyak mengkonsumsi vitamin C. Penderita dapat memperoleh vitamin C dengan cara mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk. Keutamaan dari vitamin C ini yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang virus, bakteri atau kuman penyebab batuk serta melindungi tubuh dari penyakit lainnya.

  • Istirahat yang Cukup dan Olahraga yang Rutin

Bagi penderita batuk diharuskan untuk beristirahat agar mampu mengembalikan energi tubuhnya. Karena dengan istirahat yang cukup maka daya tahan tubuh akan kembali normal. Selain itu dengan rutin berolahraga akan mampu meningkatkan stamina dan energi dari dalam tubuh.

Demikian penjelasan singkat tentang benarkah rambutan memperparah batuk? Bagaimana pengobatannya? Bagi Anda yang batuk diharapkan untuk menghindari mengkonsumsi buah rambutan apalagi kalau Anda memiliki alergi terhadap buah rambutan. Selain itu, Anda dapat mencoba untuk mengikuti cara pengobatan batuk karena mengkonsumsi buah rambutan agar Anda dapat sembuh secepatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,