Sponsors Link

Sakit Tenggorokan Sebelum Batuk: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Kesehatan adalah faktor utama dalam kehidupan manusia. Karena dengan tubuh yang sehat maka akan dapat menjalnakan akifitas sehari – hari. Namun, tdiak setiap saat tubuh Anda sehat karena ada kalanya kondisi tubuh kurang fita atau terkena suatu penyakit. Salah satu jenis penyakit yang sering dialami seseorang yaitu batuk.

ads

Batuk ini biasanya disertai dengan sakit tenggorokan. Meskipun batuk merupakan penyakit ringan dan mudah tertular, namun penyakit ini mudah untuk disembuhkan. Apabila tidak segera disembuhkan, maka batuk akan menjadi bahaya, karena dapat menjadi pintu gerbang utama masuknya penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Pada kesempatan ini di artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang sakit tenggorokan sebelum batuk: penyebab, bahaya dan pengobatan.

Artikel terkait:

Batuk yang disertai sakit tenggorokan ini memang sangat menyiksa penderritanya karena membuat keitdaknyamanannya dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Penyakit ini tidak pandang bulu baik orang dewasa maupun anak – anak dapat mengalami batuk.

Penyebab sakit tenggorokan sebelum batuk

Batuk ini disebabkan oleh beragam penyebab baik faktor pemicu secara internal ( diri pribadi) maupun eksternal. Secara umum kondisi batuk disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun sakit batuk ini akan mengakibatkan munculnya sakit pada tenggorokan. Berikut ini beberapa penyebab sakit tenggorokan sebelum batuk, seperti dibawah ini.

1. Infeksi virus

Salah satu penyebab utama dari sakit tenggorokan sebelum batuk adalah terdapat virus didalam tubuh penderita. Infeksi virus ini terutama virus di rongga hidung yang mengakibatkan munculnya penyakit batuk. Apabila virus tersebut merambat ke tenggorkan maka secara tidak langsung mengakibatkan peradangan pada tenggorokan. Peradangan inilah yang membuat rasa sakit di tenggorkan yang dialami penderita.

2. Infeksti bakteri

selain infeksi virus, terdapat bakteri yang tidak menguntungkan akan menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Peradangan ini akan terasa sakit saat menelan makanan. Salah satu jenis bakteri yang dapat mengakibatkan rasa sakit di tenggorokan seperti bakteri steptococcus tipe A strepytococccus.

Alergi, beberapa orang memiliki alergi terhadap alergen tertentu. Alergen atau penyebab alergi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit tenggorokan sebelum batuk. Sebagai contoh alergi terhadap suhu dingin, bulu binatang dan debu dapat mengkibat orang tersebut memiliki kecenderungan besar terkena batuk dan juga akan berimbas pada peradangan di tenggorokan. Keadaan ini akan menjadi lebih parah apabila orang yang memiliki alergi tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Baca juga batuk pilek karena alergi.

3. Kondisi udara kering

penyebab eksternal ini juga berpotensi besar untuk munculnya sakit tenggorokan sebelum batuk. Keadaan lingkungan yang berudara kering akan menurunkan kelembaaban pada rongga hidung, rongga mulut dan tenggorokan. Keadaan sepeti inilah yang berisika terjadinya sakit tenggorokan sebelum batuk.

4. Asap rokok

Sponsors Link

faktor pemicu eksternal ini juga akan menyebabkan terjadinyas akit tenggorokan sebelum batuk. Seperti yang Anda ketahui bahwa asap rokok mengandung karbondioksida sehingga membuat peradangan baik di rongga hidung maupun di tenggorokan. Keadaan ini yang akan berisiko munculnya sakit tenggorokan.

Bahaya sakit tenggorokan sebelum batuk

Kondisi tubuh yang sering batuk dan sakit tenggorokan akan melelahkan dan menyakitkan yang dialami oleh penderita. Selain itu, keadaan sakit tenggorokan sebelum batuk akan menyebabkan munculnya penyakit baru yang dapat dikategorikan penyakit kronis atau berbahaya. Berikut ini beberapa  bahaya sakit tenggorokan sebelum batuk, antara lain:

  1. Menerunnya berat badan, penderita yang mengalami sering batuk dan sakit tenggorokan maka terlihat berat badan turun. Keadaan ini disebabkan oleh rasa sakit tenggorokan akaibat peradangan yang membuat penderita kesulitan dalam menelan makan. Kondisi seperti ini membuat nafsu makan berkurang sehingga berat badan penderita turun.
  2. Sakit kepala, sakit tenggorokan sebelum batuk akan membuat otot lehar akan kaku sehingga berdampak pada saraf di sekitar kepala. Kondisi seperti ini membuat saraf dan otok di sekitar kepala berkontraksi. Oleh sebab itu, penderita mengalami sakit kepala hebat.
  3. Terlihat kemerahan di leher, peradangan di tenggorokan yang memiliki durasi yan cukup lama akan berdampak pada munculnya kemerahan di leher.Dursa peradangan di tenennggadung terlihat kemerhandi lehar.

Pengobatan sakit tenggorokan sebelum batuk

Setiap penderita patsti menginginkan penyakitknya akan  sembuh apabila berhentidari  segala hal yang menjadi penyebabkan sakit tenggorokan sebelum batuk. Berikut ini pengobatan sakit tenggorokan sebelum batuk, seperti dibawah ini:

Sponsors Link

  • Perbanyak minum air putih

Telah terbukti bahwa dengan mmeperbanyak minum air putih maka dapat mengerti kondisi tubuh akibat sakit tenggorokan sebelum batuk. Hal ini dikarenakan air putih bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencukupi cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi serta mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Baca juga cara mengobati pilek dengan bawang putih

  • Minum campuran air jahe, lemon dan madu

Ketiga komposisi ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus, bakteri dan kuman penyebab sakit tenggorokan sebelum batuk tidak dapat masuk dan berkembang biak di dalam tubuh. Manfaat ini juga terdapat di madu dan lemon dimana lemon mengandung vitamin C juga mampu meningkatkan sistem imun penderita.

  • Berkumur dengan air garam

Salah satu pengobatan sakit tenggorokan sebelum batuk ini juga ampuh. Garam selain sebagai bumbu masakan juga sangat baik dalam mengobati sakit tenggorokan sebelum batuk. Hal ini dikarenakan garam terdapat senyawa yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan sebelum batuk. Anda juga dapat membaca cara menegobati pilek dengan air garam.

Demikian penjelasan secara singkat namun mendalam tentan sakit tenggorokan sebelum batuk: penyebab, bahaya dan pengobatan. Bagi Anda yang sekarang mengalami kondisi sering batuk dan sakit tenggorokan maka Anda dapat mengikuti cara tersebut dalam proses pengobatannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu