Sponsors Link

Kenapa Selalu Flu Saat Menstruasi? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Merasa tidak enak badan bagi wanita di masa menstruasi merupakan kondisi yang sering terjadi. Sehingga seringkali timbul pertanyaan, kenapa selalu flu saat menstruasi. Karena sering hal tersebut terjadi tanpa kejelasan sebab. Dan ini merupakan hal rutin yang dialami setiap bulan. Sebagian lagi berpikir untuk mengatasinya, supaya kondisi yang demikian tidak terlalu mengganggu. Hanya saja tidak banyak informasi yang didapatkan mengenai hal tersebut. Adapun artikel berikut ini akan membahas mengenai kondisi ini. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini penjelasan tentang kenapa selalu flu saat menstruasi.

ads

Penyebab

Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya gejala influenza saat sedang masa menstruasi. Di antara penyebab tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Hormon yang berubah pada saat menstruasi menyebabkan suhu badan menjadi tidak stabil. Akibatnya suhu badan akan naik perlahan dan mengalami demam ringan. Di samping itu akan terjadi gejala lain seperti flu misalnya meriang, mual, pusing, perut tertekan saat batuk dan bersin maupun pilek ringan.
  • Saat menstruasi umumnya wanita mengeluarkan banyak energi, sehingga mudah lelah dan daya tahan tubuhnya tidak maksimal. Oleh sebab itu mudah sekali terserang gejala flu seperti batuk pilek dan demam.
  • Saat menstruasi sangat umum jika tubuh wanita mengalami dehidrasi. Akibatnya karena kondisi tersebut muncul gejala flu ringan seperti demam maupun batuk pilek disertai bintik merah yang akan sembuh dengan sendirinya saat masa menstruasi berakhir.

Gejala

Biasanya jika mengalami flu saat menstruasi, ada beberapa gejala yang menyertai kondisi tersebut. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Diawali dengan suhu badan tubuh yang meningkat perlahan dan menimbulkan flu disertai demam serta sakit kepala ringan.
  • Dapat disertai rasa pusing dan sakit pada kepala atau migren.
  • Kemudian timbul pula rasa tidak enak di badan seperti meriang dan pegal-pegal.
  • Pada beberapa kasus ditemukan gejala seperti batuk pilek panas malam hari yang ringan misalnya batuk kering tanpa dahak dan gejala hidung tersumbat.
  • Otot dan tubuh merasa sangat lelah sehingga mudah mengantuk setelah aktivitas fisik.
  • Disertai sakit berupa kram perut dan umumnya juga disertai rasa mual serta ingin muntah.

Cara Menangani

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jika terjadi kondisi selalu flu saat menstruasi, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Perbanyak minum air putih, sebaiknya minimal 2 liter per hari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Sehingga saat menstruasi resiko mengalami kondisi badan yang kurang nyaman seperti gejala influenza disertai sakit kepala dapat dihindari.
  • Istirahat lebih banyak, karena dengan tidur yang lebih banyak maka tubuh akan bekerja maksimal untuk melakukan proses pemulihan stamina. Sehingga gejala flu mereda serta badan tidak merasa sakit atau meriang.
  • Olah raga teratur, supaya hormon yang ada dalam tubuh dapat bekerja secara imbang. Sehingga resiko mengalami flu akibat perubahan hormon yang ekstrim dapat dihindari.
  • Konsumsi vitamin C dosis tinggi supaya daya tahan tubuh meningkat dan energi tubuh kembali normal. Dengan demikian penyebab flu tidak kunjung sembuh dapat diminimalisasi.
  • Perbanyak asupan makanan yang kaya akan nutrisi baik vitamin dan mineral. Sehingga daya tahan tubuh lebih baik dan tidak perlu mengalami gejala flu.

Demikian penjelasan singkat tentang kondisi kenapa selalu flu saat menstruasi. Dengan penjelasan tersebut maka diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap tentang kondisi yang kurang menyenangkan ini. Sehingga dapat dilakukan penanganan yang baik, supaya gejala flu tidak berkembang menjadi infeksi sekunder.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu