Sponsors Link

Sering Batuk di Pagi Hari: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Kondisi batuk memang tidak pernah dapat diprediksi oleh siapapun. Batuk ini dapat muncul setiap saat ketika orang tersebut mengalami penurunan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang melemah mampu dengan mudah virus, bakteri dan kuman masuk ke jaringan tubuh manusia. Batuk sendiri merupakan reaksi dalam tubuh manusia untuk mengeluarkan zat atau benda asing dari dalam tubuh keluar tubuh. Biasanya kondisi batuk ini muncul di setiap pagi setelah bangun dari tidur. Kondisi tersebut adalah kondisi yang paling sering dari mayoritas orang yang mengalami batuk. Bagaimana kondisi tersebut dapat terjadi? Pada artikel ini akan membahas secara tuntas sering batuk di pagi hari : gejala, penyebab dan pengobatan.

ads

Sebelum itu, kami menyarankan anda untuk mengetahui beberapa ciri dari batuk jenis lainnya seperti ciri – ciri batuk kronisdan juga batuk menahun pada orang dewasa yang bisa semakin menambah wawasan anda ketika anda mengalami kondisi seperti itu.

Gejala sering Batuk di Pagi Hari

Dalam setiap perubahan kondisi tubuh manusia terutama kesehatan manusia, tubuh telah memberikan sinyal pertanda berupa gejala – gejala yang timbul akibat munculnya reaksi tubuhberupa batuk pada saat pagi hari. Berikut ini beberapa gejala sering batuk di pagi hari:

  • Hidung tersumbat dan pilek

Kondisi batuk di pagi hari memang tak lepas dari kondisi hidung yang mampet alias pilek. Kondisi ini terjadi karena ada perubahan suhu di pagi hari yaitu suhu menjadi lebih dingin. Kondisi perubahan suhu ini yang dapat memproduksi lendir yang berlebih di pagi hari sehingga terciptalah lendir yang menutupi  rongga hidung dan akan menjadi hidung tersumbat dan pilek.

  • Demam ringan

Batuk terjadi karena daya tahan menurun sehingga virus, bakteri dan kuman mampu dengan mudah masuk ke jaringan tubuh manusia. Namun, tubuh manusia melawan virus dan kawan – kawan tersebut dan menyerangnya, kondisi seperti ini timbulah demam sebagai perlawan daya imun terhadap virus tersebut.

  • Sakit tenggorokan

Kondisi batuk memang erat kaitannya dengan organ tubuh yang bernama tenggorokan. Batuk dapat muncul akibat dari sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan ini dapat diakibatkan oleh salah mengkonsumsi makanan atau terlalau sering atau banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak atau bahan yang tak alami dengan pengawet buatan.

  • Sakit kepala ringan

Gejala batuk selanjutnya yaitu sakit kepala ringan. Sakit kepala ini terjadi karena otot leher akibat batuk akan berhubungan langsung dengan otot pada daerah kepala.

Artikel terkait:

Penyebab sering Batuk di Pagi Hari 

Setiap perubahan kondisi kesehatan tubuh pasti terdapat penyebab atau pemicu terjadi perubahan tersebut, termasuk batuk. Ada beberapa penyebab sering batuk di pagi hari. Berikut ini beberapa penyebab sering batuk di pagi hari, seperti dibawah ini.

  1. Bronkitis Akut, salah satu penyebab batuk di pagi hari yang paling sering ditemukan adalah bronkitis akut. Penyakit ini menyerang saluran udara (bronkus) dan menyebabkan pembengkakan di saluran tersebut. Penyakit bronkitis akut ini disebabkan oleh infeksi virus.
    Sponsors Link

  2. Pneumonia, penyakit ini merupakan kondisi dimana terjadi infeksi yang menyerang kantong udara di dalam paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Di setiap pagi hari, pendertia pneumonia ini sering mengalami batuk di pagi hari.
  3. Edema paru ( paru – paru basah), penyakit ini terjadi karena penumpakan cairan pada paru –  paru. Dimana cairan ini menumpuk dan menyebabkan penderita susah bernafas. Pada penderita edema sering mengalami batuk di setiap bangun paginya.
  4. Kanker paru – paru,  penyakit kanker paru – paru ini juga dapat menyebabkan batuk pada pagi hari. Kondisi ini dapat terjadi karena tumor atau kanker akan menghambat saluran pernapasan ketika di pagi hari.
  5. Asma, pendertia asma ini memang tergolong penyakit yang sering mengalami batuk yang tidak mengenal waktu termasuk di pagi hari. Hal ini karena penyakit asma ini memang mengakibatkan penderitanya kesulitan dalam bernafas.

Pengobatan dari sering Batuk di Pagi Hari

Kondisi batuk yang terus menarus di pagi hari secara medis dikenal dengan istilah batuk persistance. Batuk jenis ini diakibatkan oleh beberapa penyakit yang telah dijelaskan diatas. Namun, apapun penyebab dari batuk ini yang harus dilakukan adalah mengobati batuk ini agar sembuh dan tidak batuk lagi di pagi hari. Berikut ini beberapa pengobatan dari sering batuk di pagi hari, antara lain:

Sponsors Link

  • Terapi uap

 salah satu cara yang sering dilakukan dalam mengurangi intensitas batuk di pagi hari adalah melakukan terapi uap. Terapi uap ini dilakukan dengan cara menghirup uap air hangat di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Manfaat terapi uap ini mampu melegakan dan memperlancar saluran pernapasan sehingga penderita batuk ini lebih mudah untuk bernafas.

  • Mengkonsumsi minuman jahe hangat plus madu

Produk herbal asli dari tanah Indonesia ini memang sangat ampuh dalam mengobati segala penyakit. Dengan mengkonsumsi minuman jahe hangat akan menambah memperlacar tenggorkan bahkan dapat mengencerkan dahak. Selain itu, apabila minuman jahe hangat ditambahkan dengan madu maka akan lebih ampuh dalam mengusir virus penyebab batuk. Jahe dan madu merupakan kolarobarasi yang handal dalam menaklukkan beragam penyakit. Jahe dan madu adalah produk yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh supaya mampu melawan virus penyakit dan membentengi diri dari serangan virus sehingga mampu mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi batuk. Selain itu terdapat pula cara mengeluarkan dahak dengan jeruk nipis.

  • Berkumur dengan air garam hangat

Selain sebagai bumbu dapur, garam juga mampu mengobati penyakit seperti batuk. Dimana air garam ini mampu membunuh kuman, bakteri dan virus yang menyebabkan batuk.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sering batuk di pagi hari: gejala, penyebab dan pengobatan. Bagi Anda yang sekarang mengalami rutinitas batuk di pagi hari, sebaiknya Anda ikuti beberapa pengobatan seperti yang dijelaskan diatas serta perhatikan pula penyebab batuk ini agar Anda terhindar dari batuk. Untuk semakin menambah wawasan anda, maka kami menyarankan anda untuk membaca tentang cara mengobati batuk berdahakpenyebab batuk sampai muntah, dan tips meredakan batuk dengan coklat.

, , ,