Sponsors Link

Sering Batuk Saat Hamil: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Sebenarnya batuk itu adalah merupakan sebuah refleks yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh kita terhadap zat atau benda asing yang dikhawatirkan dapat membahayakan kondisi tubuh. Benda atau zat asing tersebut biasanya masuk melalui saluran pernapasan yang biasanya akan menyebabkan iritasi serta rasa yang tidak nyaman pada daerah tenggorokan.

ads

Beberapa benda atau zat asing tersebut seperti misalnya debu, asap kendaraan, kuman, virus, ataupun hal lainnya yang bisa mengganggu pernapasan. Sementara batuk yang menyerang ibu hamil biasanya akan dibarengi atau disertai dengan pilek. Kedua kondisi ini memang sering menyerang ibu hamil, namun dikarenakan ibu hamil dilarang mengkonsusmi obat generik, maka ia tidak bisa melakukan pengobatan terhadap kondisi batuk atua pilek yang ia alami.

Perlu anda tahu jika misalnya batuk yang dialami hanya menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan, maka tentunya kondisi ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena biasanya akan bisa sembuh dengan sendirinya dan terlebih tidak akan memberikan dampak atau pengaruh apa – apa terhadap ibu hamil.

Bahaya Sering Batuk Saat Hamil

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai seperti apa bahayanya sering batuk saat hamil yang harus diwaspadai dan segera lakukan penanganan agar kondisinya tidak semakin memburuk. Sebelum itu, ada dua informasi penting lainnya yang harus anda tahu yakni cara mengobati batuk karena sinusitis dan buah penyembuh sinusitis.

1. Resiko Keguguran

Bahaya sering batuk saat hamil adalah ketika volume batuk tersebut terlalu sering dan suara batuk yang dikeluarkan terlalu keras. Jika sudah seperti ini, maka akan menimbulkan tekanan pada daerah diafargma. Tekanan yang terlalu keras pada area diafragma diketahui bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami resiko keguguran atau bahkan bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan dalam kondisi prematur.

2. Batuk Disertai Nyeri

Bahaya yang kedua sering batuk saat hamil adalah akan menyebabkan sensasi seperti nyeri pada bagian tenggorokan maupun juga perut ketika batuk. Kondisi yang seperti ini jika dibiarkan begitu saja dan tanpa dilakukan penanganan apapun malah akan berdampak pada nyeri yang dialami akan semakin parah.

Dan menurut sumber yang kami dapatkan, jika ibu hamil terlalu sering mengalami nyeri pada bagian perut maka kemungkinkan akan mengakibatkan ia mengalami kontraksi dan pada akhirnya bisa mengakibatkan ibu hamil tersebut mengalami resiko keguguran.

3. Bronkitis

Jika batuk yang dialami oleh ibu hamiil tersebut terindikasi disebabkan karena serangan dari virus maupun kuman, maka bisa mengakibatkan ia mengalami resiko terkena penyakit bronkitis atau radang paru – paru. Jika ibu mengalami penyakit bronkitis, maka tentunya penyakit tersebut akan menurun kepada bayinya.

Dengan kata lain, bayi tersebut juga akan beresiko besar ia mengalami bronkitis. Maka dari itu, harus dilakukan penanganan secara tepat dan tepat sehingga ibu hamil tidak sampai mengalami penyakit bronkitis ini terlebih lagi bayi yang ada di dalam kandungan juga tidak akan beresiko mengalami penyakit yang serupa yang hanya akan merugikan dirinya.

Sponsors Link

4. Mempengaruhi Nafsu Makan

Perlu anda tahu bahwa batuk yang dialami oleh ibu hamil dalam jangka waktu yang lumayan lama, maka hal ini bisa mengakibatkan nafsu makannya menjadi berkurang. Kondisi tersebut otomatis akan menyebabkan berat badannya menurun secara tiba – tiba dan yang lebih parahnya adalah bahwa kondisi ini akan berpengaruh terhadap kesehatan bayinya.

Maka dari itu, untuk mencegah hal ini maka yang harus anda lakukan adalah segera berkonsultasi dengan dokter mengenai apa yang harus anda lakukan untuk menyembuhkan batuk yang anda derita sehingga tidak sampai membuat berat badan anda menurun drastis.

Pengobatan Sering Batuk Saat Hamil

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai apa saja pengobatan yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi batuk yang diderita oleh ibu hamil. Hal ini juga seperti yang telah dijelaskan pada obat batuk pilek untuk ibu hamil.

1. Banyak Istirahat

Sponsors Link

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi batuk yang anda alami adalah dengan meluangkan waktu anda untuk beristirahat. Dengan beristirahat maka sistem kekebalan tubuh kita akan semakin lama semakin normal sehingga anda tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit karena sistem kekebalan tubuh anda sudah dalam kondisi yang baik.

2. Memperbanyak Mengkonsumsi Sayuran Dan Buah – Buahan

Cara yan kedua sebagai pengobatan untuk batuk yang sering dialami oleh ibu hamil adalah ia harus memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan juga buah – buahan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sayuran dan buah – buahan mengandung banyak sekali kandungan vitamin dan juga zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai obat batuk bagi kita semuanya.

Maka dari itu, untuk membantu mengobati sering batuk pada ibu hamil dan juga untuk membuatnya lebih bisa tahan dalam kondisi apapun, maka disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah – buahan dan juga sayuran. Tentunya buah dan sayuran yang dikonsusmi harus terbukti aman bagi ibu hamil.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih juga sangat bemanfaat untuk digunakan sebagai pengobatan batuk maupun juga gangguan yang ada kaitannya dengan sistem pernapasan. Seperti yang diketahui bahwa batuk bisa mengakibatkan tenggorokan menjadi kering karena adanya infeksi.

Maka dari itu, untuk menanggulangi ini semua maka yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan memperbanyak mengkonsusmi air putih sehingga bisa membantu meredakan batuk yang dialami. Kami juga menyarankan anda untuk membaca informasi lainnya seperti cara mengobati ingus berwarna hijau, alasan mengapa bersin setiap pagi dan malam.

, , ,