Sponsors Link

Kenapa Sering Bersin Tapi Tidak Flu? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Bersin merupakan gejal penyakit flu, namun ada beberapa kasus yang menunjukkan bersin tanpa terkena flu. Pada musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau seperti sekarang ini merupakan mudahnya beragam virus, bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Apalagi kondisi sistem kekebalan tubuh manusia mengalami penurunan, sehingga mudahnya virus, bakteri dan kuman masuk ke tubuh manusia. Virus, bakteri atau kuman tersebut akan menimbulkan beragam penyakit, salah satunya flu. Kondisi tubuh yang sering bersin memang tidak sepenuhnya diakibatkan terserang penyakit flu. Pada artikel ini akan dibahas mengenai kenapa sering bersin tapi tidak flu? Apa penyebabnya?.

ads

Artikel terkait:

Kenapa sering bersin tapi tidak flu?

Bersin adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan zat penyebab iritasi (iritan) dari hidung dan tenggorokan. Hal ini akan mengganggu aktifitas sehari – hari jika bersin ini terus – menerus. Berikut ini beberapa alasan kenapa sering bersin tapi tidak flu?, atara lain:

  1. Alergi

Kondisi alergi ini disebabkan oleh respons alami tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam rongga hidung. Pada dasarnya, sistem imun manusia akan melindungi serangan berbahaya yang berasal dari bakteri penyebab penyakit. Oleh sebab itu, kondisi alergi ini akan berusa mengeluarkan bakteri atau benda asing tersebut dengan bersin.

  1. Infeksi

Beberapa infeksi yang disebabkan oleh virus akan membuat penderitanya mengalami bersin – bersin.

  1. Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi dimana sinus mengalami pembengkakan. Kondisi seperti ini biasanya berdampak pada nyeri wajah, batuk, demam dan kelelahan. Kondisi sinusitis ini memiliki gejala alergi seperti hidung beringus dan bersin – bersin.

  1. Mengkonsumsi obat tertentu

Semua obat akan menyebabkan efek samping baik itu ringan maupun berat. Beberapa jenis obat seperti beta blocker atau obat anti- inflamasi non steroid dapat berpotensi untuk menimbulkan gejala bersin – bersin.

  1. Rhinitis non – alergi

Kondisi seseorang yang mencium bau menyengat seperti parfum atau masakan akan menjadi suatu iritan dengan gejala bersin terus menerus. Hal ini dikarenakan saluran pada hidung mengalami peradangan akibat mencium zat atau barang tersebut. Apabila Anda hal tersebut maka menjauhlah zat atau benda tersebut yang menyebabkan bersin –  bersin.

  1. Polip hidung

Secara medis, polip hidung didefinisikan benjalan tetapi bukan kanker yang ditemukan di dalam rongga hidung. Kondisi seperti ini  akan menimbulkan gejala berupa bersin yang tak kunjung berhenti. Selain itu kondisi polip hidung ini, akan berdampak pada berkurangnya indra penciuman.

  1. Polusi

Kondisi udara juga berdampak pada munculnya bersin – bersin. Salah satu kondisi udara yang menimbulkan bersin terus menerus adalah polusi. Hal ini dikarenakan polusi merupakan kodisi udara yang bercampur asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan pembakaran tidak sempurna lainnya. Polusi yang memuat kondungan karbon dioksida (CO2)  dan monooksida (CO) ini sangat berbahaya bagi tubuh, selain menimbulkan bersin – bersin yang tak kunjung sembuh, akan tetapi juga dapat menimbukan kanker paru – paru.

Sponsors Link

  1. Kondisi ventilasi rumah yang beruk

Kondisi ventilasi atau jendela atau lubang untuk pergantian udara dari dalam rumah ke luar rumah atau sebaliknya ini akan berpengaruh penting bagi kesehatan penghuni rumahnya. Apabila kondisi ventilasi rumah buruk dapat diartikan tidak baiknya sirkulasi udara dari atau ke dalam rumah. Hal ini akan berdampak buruk timbulnya beragam penyakit seperti bersin – bersin tak kunjung berhenti, sesak nafas bahkan bisa terkena kanker paru – paru. Terlebih lagi didalam rumah ada zat berbahaya seperti asap rokok, debu akan tetap diruangan dan tidak bisa keluar rumah gara – gara ventilasi rumah buruk. Hal ini akan membahayakan penghuni rumah karena kesehatannya teracam.

  1. Mengkonsumsi kortikosteroid

Salah satu alasan kenapa sering bersin tapi tidak flu adalah mengkonsumsi obat – obatan dengan jenis kortikosteroid. Hal ini akan memicu munculnya bersin berulang – ulang. Bersin – bersin ini akan diiringi dengan rasa nyeri pada hidung atau tenggorokan.

Selain alasan tersebut , pada artikel ini juga akan dibahas mengenai penyebab sering bersin tapi tidak flu.

baca juga:

Apa penyebabnya?

Seperti yang dijelaskan diatas, beberapa penyakit akan terjadi apabila ada penyebabnya. Berikut ini beberpa penyebab sering bersin tapi tidak flu, antara lain:

Sponsors Link

1. Dehidrasi

Kondisi dehidrasi ini disebabkan oleh kurang mengkonsumi air putih. Kondisi tubuh yang kurang air atau cairan di dalam tubuh akan berdampak pada lemasnya tubuh serta berkurangnya sistem kekebalan tubuh manusia. Pada dasarnya, air dibutuhkan dalam sirkulasi darah, pencernaan, dan sistem sekresi manusia. Apabila tubuh kekurangan air atau dihidrasi maka racun yang berada di tubuh akan mengendap dan susah keluar dari tubuh manusia. Oleh sebab itu, penuhilah konsumi air putih minimal 8 gelas air putih per hari untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Stress

Kondisi stress ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan dengan stress maka akan memperlemah sistem kekebalan tubuh manusia. Apabila sistem kekebalan tubuh manusia lemah, maka dengan mudahnya virus, bakteri atau kuman masuk ke tubuh manusia. Kondisi tersebut akan mudah tercipta beragam penyakit salah satunya bersin dan flu.

3. Kurang olahraga dan istirahat tidak teratur

Kebiasaan begadang akan membuat orang lupa diri bahwa dirinya harus istirahat yang cukup dan teratur. Kebiasaan ini akan disambut gembira oleh virus dan kawan – kawan untuk masuk ke tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kurang istirahat atau istirahat tidak teratur disertai dengan kurang berolah raga akan menciptakan lemahnya sistem kekebalan tubuh, sehinga virus, bakteri dan kuman mudah masuk dan menyerang manusia dengan menciptkan beragam penyakit.

Nah, demikian penjelasan dari pertanyaan kenapa sering bersin tapi tidak flu? Apa penyebabnya?. Bagi Anda yang sekarang mengalami bersin – bersin sebaiknya Anda perhatikan beberapa penyebab dana alasan diatas supaya Anda terhindar kondisi bersin yang tak kunjung berhenti. Apabila bersin Anda tetap tidak berhenti, sebaiknya Anda segera ke dokter agar dilakukan tindakan medis yang tepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab