Sponsors Link

Sering Flu dan Sakit Tenggorokan: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Kondisi tubuh yang terkena flu ini memang sering dialami setiap orang. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza dan mudah sekali tertular. Meskipun mudah sekali tertular kepada orang lain namun flu ini juga mudah untuk disembuhkan. Keadaan seperti itu tidak lantas Anda menyepelekan karena flu ini bisa menjadi gerbang utama munculnya penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Penyakit tersebut muncul karena dampak dari tubuh yang mengalami flu. Salah satu contohnya adalah sakit tenggorokan. Hal ini dapat terjadi karena lendir pada ronggo hidung saat flu turun ke bagian tenggorokan sehingga tenggorokan akan sakit jika menelan makanan. Pada kesempatan ini di artikel ini akan dibahas secara mendalam tentang sering flu dan sakit tenggorokan: penyebab, bahaya dan pengobatan.

ads

Artikel Terkait:

Keadaan geografis di negara tropis yang mudah sekali menyebabkan munculnya virus influenza. Hal ini dikarenakan virus ini dapat tumbuh dan berkembang secara subur di daerah yang lembab seperti negara tropis. Keadaan inilah yang membuat penduduk di negara tropis lebih mudah terkena flu. Flu ini pada umumnya disertai penyakit lainnya seperti sakit tenggorokan. Kondisi seperti ini yang membuat kondisi penderita akan menjadi tidak nyaman dalam beraktifitas sehari – hari.

Penyebab Sering Flu dan Sakit Tenggorokan

Terciptanya suatu penyakit pasti didasarkan pada penyebab tertentu. Penyebab inilah yang menjadi dasar pertimbangan dalam proses pencegahan dan pengobatan. Sejalan dengan hal tersebut, keadaan tubuh yang sering mengalami flu dan sakit tenggorokan juga terdapat penyebab yang memicu kondisi tubuh tersebut. Berikut ini beberapa penyebab sering flu dan sakit tenggorokan yang wajib Anda perhatikan, seperti dibawah ini:

  • Alergi

Beberapa orang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi seperti alergi terhadap alergen tertentu. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan sering flu dan sakit tenggorokan. Sebagai contoh alergi pada keadaan yang bersuhu dingin, bulu binatang, debu dan jamur maka orang yang memiliki alergi tersebut akan mengalami gangguan kesehatan seperti flu dan sakit tenggorokan.

  • Penyakit gerd

GERD (gastroesophageal reflux) merupakan kondisi tubuh dimana asam lambung naik ke area tenggorokan. Penyakit ini disertai rasa sakit pada ulu hati serta rasa seperti terbakar di dada karena naiknya asam lambung ke esofagus atau tenggorokan. Kondisi ini akan berdampak pada rasa sakit di tenggorokan terutama saat menelan makanan.

  • Tumor

Salah satu penyebab sering sakit tenggorokan yaitu adanya tumor atau kanker pada esofagus atau tenggorokan. Keadaan tumor ini mengakibatkan peradangan sehingga penderita merasa kesakitan di area tenggorokan. Selain itu, penderita juga mengalami gangguan kesehatan lainnya seperti suara serak, sakit saat menelan makanan, berbicara, bahkan terjadi pendarahan jika peradangan di tenggorokan ini sudah parah.

  • HIV

Kondisi penderita yang terkana HIV maka akan merusak sistem kekebalan tubuh. Keadaan seperti ini memudahkan virus influenza untuk masuk dan berkembang di dalam tubuh penderita. Hal ini yang menyebabkan penderita sering flu yang disertai dengan sakit tengggorkan. Sakit tenggorokan ini akibat dari virus yang telah menyebar ke area tenggorokan sehingga menyebabkan terjadi peradangan pada tenggorokan. (Baca juga: Penyebab Batuk Alergi).

Bahaya Sering Flu dan Sakit Tenggorokan 

Sponsors Link

Penyakit flu memang tergolong penyakit ringan dan mudah disembuhkan, namun apabila penyakit ini tidak segera disembuhkan maka akan menjadi cambuk atau pemicu munculnya kondisi gangguan tubuh lainnya. Selain gangguan kesehatan atau penyakit lainnya juga akan berdampak pada perubahan keadaan fisik penderita. Bahaya ini wajib dihindari oleh penderita flu disertai sakit tenggorokan. Berikut ini beberapa bahaya sering flu dan sakit tenggorokan seperti dibawah ini:

1. Berat badan menurun

Kondisi tubuh yang mengalami flu yang disertai sakit tenggorokan akan membuat penderita tidak memiliki nafsu makan. Hal ini dikarenakan penderita mengalami rasa sakit di tenggorokan saat menelan makanan. Keadaan seperti itu yang membuat berat badan penderita mengalami penurunan. Selain itu, berkurangnya nafsu makan berarti berkurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuh penderita.

Apabila keadaan seperti itu tidak ditangani dan diobati secara cepat, tepat dan benar maka akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh penderita sehingga memudahkan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit mudah masuk dan berkembang di dalam tubuh penderita. Bahkan dapat berdampak munculnya penyakit yang lebih berbahaya.

2. Hidung bengkak

ads

flu yang berkepanjangan terus menerus dapat  mengakibatkan hidung bengkak. Hal ini dikarenakan produsktifitas lendir di rongga hidung yang berlebihan serta durasi atau intensitas flu yang tinggi.

3. Mata gatal dan berair

seperti halnya hidung bengkak, akibat dari durasi dan intensitas flu dapat berupa mata gatal dan berair. Sering flu erat kaitannya dengan kontraksi hidung yang mengakibatkan perubahan keadaan pada syaraf mata. Mata akan mengalami gatal dan berair akibat produksi air mata yang berlebih.

Pengobatan Sering Flu dan Sakit Tenggorokan

Setiap penyakit pasti memiliki cara pengobatannya, salah satunya pengobatan sering flu disertai sakit tenggorokan seperti dibawah ini. Anda juga harus membaca tentang Cara Mengobati Flu dan Cara Pencegahan Flu.

  • Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih memang sangat baik sekalai dalam mengbati dan menjaga kesehatan tubuh. Penderita yang mengalami flu yang disertai sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Selain dapat mengurangi dehidrasi, air putih mampu mengikatkan sistem kekebalan tubuh serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Rutin Mengkonsumsi Air Jahe dan Madu

Penderita yang sering flu disertai sakit tenggorokan ini juga dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi air jahe dan madu. Jahe ini dapat mengurangi intensitas flu, mengencerkan lendir atau ingus, memudahkan ingus keluar darri rongga hidung dan yang paling penting mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe mampu melegakan tenggorokan sehingga dapat meringakan sakit tenggorokan. Selain jahe, terdapat tambahan madu yang diharpkan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pendeita.

  • Istirahat yang Cukup dan Rutin Berolahraga

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh lainnya yaitu rutin berolahraga disertai istirahat yang cukup. Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat maka akan sulit bagi virus influenza menyerang dan berkembang di tubuh pendertita.

Demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang sering flu dan sakit tenggorokan: penyebab, bahaya dan pengobatan. Bagi Anda yang sekarang mengalami flu disertai sakit tenggorokan maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan tersebut sehingga Anda dapat mencoba untuk mengobatinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,