Sponsors Link

Sering Flu di Pagi Hari: Gejala, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Mayoritas orang pasti pernah mengalami flu, karena penyakit ini lebih mudah dan cepat tertular dari dan ke orang. Fleu merupakan penyakit yang berada di sistem pernapasan terutama rongga hidung akibat terinfeksi virus influenza. Apalagi kondisi daya tahan tubuh orang tersebut lemah maka dengan mudah orang tersebut tertular virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit flu.

ads

Penyakit ini memang tidak berbahya akan tetapi akan menganngu aktifitas sehari – hari karena orang yang terkena flu akan merasa tidak nyaman. Flu dapat muncul kapan saja namun sebagian besar flu sering terjadi di pagi hari. Memang kondisi di pagi hari sehabis bangun tidur akan mudah terkena flu. Artikel ini akan membahas tentang fenomena sering flu di pagi hari : gejala, bahaya dan penangannnya.

Artikel Terkait:

Kondisi bangun tidur di pagi memang kondisi yang rentan terkena beragam penyakit ringan seperti flu, pilek dan batuk. Hal ini dikarenakan pada kondisi bangun tidur, dimana kondisi tubuh manusia belum terbentuk daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak ada benteng untuk melindungi diri dari serangan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Gejala Sering Flu di Pagi Hari

Sistem tubuh manusia begitu komplek, dimana ketika terjadi perubahan maka tubuh akan mengeluarkan sinyal berupa tanda – tanda atau gejala dari suatu penyakit yang dialaminya. Setelah tiga uang, penyakit flu juga memiliki gejala yang dapat Anda identifikasi sehingga Anda dengan cepat bisa menanggulanginya. Berikut ini beberapa gejala sering flu di pagi hari, seperti dibawah ini:

  • Hidung tersumbat

Gejala flu di pagi hari yang sangat terlihat adalah Anda mengalami hidung tersumbat. Kondisi ini terjadi karena di pagi hari suhu udara dingin sehingga tubuh memproduksi cairan lendir yang berlebih. Cairan lendir ini akan menutupi rongga hidung dan akan membuat Anda susah bernafas, kondisi ini dikenal sebagai hidung tersumbat. Anda harus membaca juga Penyebab Hidung Tersumbat.

  • Demam

Flu juga dapat menyebabkan demam. Kondisi demam ini dipicu oleh daya tahan tubuh yang semakin menurun akibat dari virus influenza yang telah masuk ke tubuh Anda. Kondisi daya tahan tubuh yang lemah akan lebih mudah capek, letih dan lemas. Keadaan ini akan mudah bagi timbulnya penyakit lainnya seperti demam. Demam merupakan gejala dimana sistem daya tahan tubuh manusia melawan virus, dalam kasus ni adalah virus influenza.

  • Batuk

Kondisi ini dapat terjadi jika produksi lendir berlebihan. Lendir akan turun ke bawah dan masuk ke tenggorokan. Hal ini akan berdampak timbulnya batuk terutama batuk berdahak. Batuk berdahak ini dapat disebabkan oleh cairan lendir pada rongga hidung atau dapat pula dihasilkan sendiri di tenggorokan. (Baca juga: Penyebab Batuk Berdahak).

  • Keluar cairan dari hidung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu gejala flu adalah hidung tersumbat yang diakibatkan oleh cairan lendir. Salah satu gejala flu ini juga yaitu mengeluarkan cairan dari hidung. Cairan ini yang dikenal sebagai ingus.

Sponsors Link

  • Sakit kepala 

Virus influenza juga dapat mengakibatkan terjadinya sakit kepala. Hal ini dapat terjadi karena ketika flu mulai menyerang maka otot leher akan kaku dan berdampak pada sakit di kepala. Kondisi ini hanya berlangsung beberapa saat setelah virus flu itu masuk kedalam tubuh Anda.

  • Badan lemas

Dari gejala diatas ini yang paling terlihat jelas oleh orang lain yaitu badan terasa lemas tak bertenaga. Kondisi ini terjadi akibat kurangnya cairan dalam tubuh Anda atau yang dikenal sebaga dehidrasi. Cairan tubuh hilang karena sebagian besar cairan dalam tubuh Anda diubah kedalam cairan lendir yang berada di rongga hidung, sehingga dalam tubuh Anda kekurangan pasokan air atau cairan.

Bahaya Sering Bersin di Pagi Hari

ads

Setiap penyakit pasti memiliki dampak atau akibatnya baik kecil maupun besar. Apalagi flu yang sering Anda alami pasti terdapat bahaya dari kondisi tersebut. Berikut ini beberapa bahaya sering bersin di pagi hari, antara lain: Baca juga Cara Mengobati Pilek Pada Bayi.

  • Berat Badan Menurun

Kondisi ini terjadi akibat flu yang membuat Anda susah dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan flu membuat Anda tidak nyaman dan dapat mengurangi nafsu makan Anda. Kondisi ini terus berlanjut dan apabila tidak ada pengobatan yang tepat maka ini akan berbahaya bagi kesehatan Anda.

  • Mata gatal dan berair

Keadaan seperti ini dapat terjadi karena semakin sering flu di pagi hari maka intentistas flu akan menyebabkan mata gatal dan berair. Kondisi ini disebabkan oleh kontraksi hidung yang dapat berdampak pada saraf mata sehingga katong air mata memproduksi air yang berlebih.

  • Hidung bengkak

Durasi flu yang lama akan membuat produksi cairan lendir yang berlebih akibat flu yang tak kunjung sembuh. Produksi cairan lendir yang berlebih disertai bersin – bersin maka akan berdampak pada terjadinya hidung bengkak.

Penanganan Sering Flu di Pagi Hari

Kondisi sering flu di pagi hari harus segera dilakukan pengobatan yang cepat dan tepat. Hal ini karena flu ini dapat menjadi pintu gerbang masuknya beragam penyakit yang lebih berat atau kronis lainnya. Berikut ini beberapa penanganan sering flu di pagi hari, antara lain: (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional).

  • Mandi dengan air hangat di pagi hari, 

Aktifitas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama penderita flu. Dengan mandi air hangat di pagi hari akan memperlancar sirkulasi darah dan melegakan pernapasan. Air hangat juga dapat digunakan sebagai terapi uap yang ampuh mengobati penyakit flu.

  • Perbanyak minum air putih, 

Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh apalagi diminum waktu pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini akan membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan asupan air atau cairan dalam tubuh agar tubuh tetap sehar dan terhindar dari dehirdrasi. Selain itu  dengan mengkonsumsi atau memperbanyak air putih akan mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

  • Berolahraga di pagi hari, 

Waktu pagi hari memang sangat baik untuk olahraga. Cukup sempatkan waktu 15 menit melakukan joging atau lari kecil mengelilingi halaman rumah sudah sangat baik bagi kesehatan dan dapat menghilangkan flu dengan cepat. Udara yang sejuk dan segar di pagi hari akan baik bagi tubuh dan diiringi tubuh berkeringat akibat olahraga pagi akan menambah kesegaran dan kesehatan tubuh.

Demikianlah penjelasan singkat tentang fenomena sering flu di pagi hari gejala, bahaya dan penanganannya. Bagi Anda yang memiliki kecenderungan untuk mengalami flu di pagi hari maka sebaiknya Anda haru perhatikan penjelasan diatas. Anda akan mendapatkan informasi terkati gejala, bahaya dan penanganannya sehingga Anda dapat terhindar atau mampu mengobati flu di pagi hari.

, , ,