Sponsors Link

Sering Keluar Dahak Tapi Tidak Batuk: Bahaya, Penyebab Dan Penanganannya

Sponsors Link

Bagi sebagian besar pembaca Batuk Flu tentu sudah pernah merasakan masalah di tenggorokan yang di sebabkan oleh berbagai macam hal. Kita memang tidak akan pernah tahu kapan penyakit datang menyerang tubuh. Karena mungkin tanpa Anda sadari banyaknya aktifitas yang Anda lakukan setiap hari ternyata membuat sistem metabolisme di dalam tubuh menjadi turun. Akibatnya tubuh sangat mudah di serang penyakit.

ads

Penyebab Tenggorokan Sering Keluar Dahak Tapi Tidak Batuk

Tidak hanya metabolisme tubuh yang menurun yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Penyakit yang paling sering menghampiri banyak orang adalah batuk. Tetapi terkadang pada tenggorokan terasa ada dahak namun tidak terasa batuk. Hal ini di sebabkan oleh beberapa penyebab seperti di bawah ini.

1. Infeksi pada tubuh

Penyebab pertama dari sering keluar dahak tapi tidak batuk adalah terjadinya infeksi di dalam tubuh. Dahak muncul ketika tubuh sedang mengeluarkan pertahannya terhadap kuman yang masuk ke tenggorokan. Sehingga adanya lendir di dalam tenggorokan tidak selalu di artikan sebagai munculnya penyakit namun juga bisa berarti pertahanan tubuh. Beberapa gejala anak batuk setelah berenang haruslah Anda waspadai.

2. Sinusitis kronis

Sinusitis merupakan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri maupun jamur sehingga menyebabkan rongga sinus membengkak. Jika rongga sinus sudah membengkak maka akan memicu terjadinya penumpukan lendir sehingga munculah dahak tanpa di sertai batuk. Ini penyebab ingus tidak berhenti yang harus Anda ketahui.

3. Polusi udara

Orang yang paling sering mengalami kondisi berdahak namun tidak batuk adalah mereka yang tinggal di area perkotaan. Banyaknya udara yang tidak sehat dan masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan penumpukan lendir berlebih di area tenggorokan. Hasilnya Anda akan sering merasakan dahak padahal tidak sedang sakit batuk. Penyebab suara hilang saat flu ini sangat penting untuk di pelajari.

Bahaya Sering Keluar Dahak Tapi Tidak Batuk

Seringnya keluar dahak tetapi sama sekali tidak batuk ternyata memiliki bahaya tersendiri bagi tubuh. Apalagi jika dahak ini tidak segera Anda tangani maka Anda bisa terkena penyakit yang lebih parah lainnya. Adapun bahaya dari seringnya keluar dahak namun tidak terjadi batuk yang harus Anda waspadai adalah sebagai berikut ini.

1. Susah bernafas

Lendir yang muncul di area tubuh khususnya bagian tenggorokan dan paru-paru jika tidak segera di tangani maka bisa menyebabkan timbulnya masalah pernafasan. Sebab lendir yang di biarkan begitu saja lama kelamaan akan menumpuk hasilnya saluran pernafasan menjadi tertutup dan Anda akan kesulitan bernafas. Penyebab batuk tbc yang harus Anda ketahui dan juga waspadai.

2. Tidur tidak nyenyak

Ketika tubuh sudah sangat lelah setelah mengerjakan berbagai aktifitas setiap hari maka kegiatan yang paling cocok untuk Anda lakukan adalah beristirahat dengan santai. Namun ketika ada dahak di tenggorokan Anda maka Anda akan sulit sekali tertidur. Bahkan setiap malam Anda bisa mengalami insomnia yang cukup akut. Pengidap sinusistis tidak boleh minum susu karena bisa memperburuk kesehatan.

Pengobatan Sering Keluar Dahak Tapi Tidak Batuk

Sponsors Link

Setiap penyakit tentu memerlukan caranya sendiri untuk menyembuhkannya. Sama seperti jika Anda sering mengeluarkan dahak namun Anda tidak sedang batuk maka Anda juga harus memperhaktikan cara pengobatannya dengan seksama. Cara pengobatan untuk sering keluar dahak tapi tidak batuk yang bisa Anda coba sendiri di rumah adalah:

1. Hindari makanan yang bisa menyebabkan alergi

Dahak yang terjadi pada tenggorokan Anda tidak hanya di sebabkan karena adanya infeksi bakteri di dalam tubuh namun terkadang juga di karenakan karena makanan yang Anda konsumsi ternyata menimbulkan alergi di tubuh Anda. Alergi ini lah yang memicu terjadi dahak yang berlebih. Oleh karena itu Anda harus menghindari makanan dan minuman yang menimbulkan alergi. Ketahui penyebab hidung sakit saat flu berikut ini.

2. Bersihkan area rumah Anda utamanya area tempat tidur

Debu paling sering menempel di kasur dan selimut yang Anda gunakan setiap hari. Debu juga bisa menyebabkan udara yang masuk ke dalam tubuh Anda menjadi tidak sehat. Oleh karena itu pastikan sebelum tidur Anda sudah membersihkan area tempat tidur Anda. Waspadai penyebab ingus berbau busuk.

3. Sering minum air hangat

Ketika ada dahak di dalam tenggorkan maka lebih sering lah minum air hangat di bandingkan dengan air dingin. Beberapa penyebab ingus bewarna coklat ini harus Anda ketahui.

Nah itu tadi beberapa bahaya, penyebab, dan cara menangani jika terjadi sering keluar dahak tapi tidak batuk yang harus Anda ketahui.

, , ,