Sponsors Link

Sering Pilek dan Pusing: Penyebab, dan Penanganannya

Sponsors Link

Kondisi seseorang yang terkena pilek dan pusing adalah suatu keadaan yang sering dialami oleh setiap orang. Namun apabila duarasi dan intensitas timbulnya penyakit tersebut tidak normal menujukkan indikator adanya penyakit lain yang akan muncul. Oleh sebab itu gangguan kesehatan apapun baik yang ringan maupun berat sebaiknya harus ditangani dan diobati secara cepat, tepat dan benar agar terhindar dari penyakit lainnya yang berbahaya. Kondisi tubuh yang sering pilek dan pusing memiliki beberapa gejala, penyebab dan cara pengobatannya. Pada kesempatan ini di artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang sering pilek dan pusing: gejala, penyebab, penanganannya.

ads

Artikel terkait:

Penyakit pilek ini memang sering dianggap sebagian besar orang sepele namun ini dapat berpengaruh kepada sistem yang ada didalam tubuh terutama sistem pernapasan. Selain itu, pilek juga disertai oleh penyakit lainnya seperti sakit kepala atau pusing. Oleh sebab itu harus segera diobati agar tidak muncul penyakit lainnya.

Gejala Sering Pilek dan Pusing

Kondisi seserorang yang mengalami pilek disertai pusing memiliki beragam tanda yang ada pada dirinya. Gejala atau tanda ini akan muncul sebelum terserang pilek. Nah, berikut ini beberapa gejala sering pilek yang disertai pusing, antara lain:

  1. Demam tinggi, penderrita sebelum muncul pilek sering mengalami suhu tubuh yang tinggi. Keadaan seperti ini secara medis diartikan bahwa sistem kekebalan tubuh berusaha melawan virus, bakteri atau kuman penyebab pilek. Kondisi demam ini berlangsung singkat sebelum muncul pilek.
  2. Berisn – bersin, keadaan ini sering dialami oleh penderita sebelum terkena pilek. Bersin – bersin ini biasanya diakibatkan oleh faktor alergi terutama alergi debu dan bulu binatang.
  3. Hidung tersumbat, kondisi ini memang pasti terjadi karena pilek menyebabkan hdiung tersumbat karena produksi lendir di dalam rongga hidung berlebihan sehingga menutupi rongga hidung. Hidung tersumbat ini mengakibatkan terjadi gangguan pada sistem pernapasan. Baca juga  flu disertai mata berair .
  4. Radang tenggorokan, Produksi lendir atau ingus yang berlebihan di ronggo hidung akan turun ke area tenggorokan maka akan menyebabkan radang tenggorokan.
  5. Nyeri pada leher, salah satu gejala sering pilek yang sering dialami oleh sebagian besar orang yaitu nyeri pada leher. Nyeri pada leher ini akan berdampak pada rasa sakit kepala atau pusing yang dialami oleh penderita flu. Hal ini dikarenakan intensitas dan durasi flu yang tinggi akan memunculkan sakit kepala yang hebat.

Penyebab Sering Pilek dan Pusing

Pada dasarnya penyakit pilek ini disebabkan oleh faktor ringan yang mungkin sebagian besar orang tidak menyadarinya. Oleh sebab itu dengan mengetahui penyebab sering pilek dan pusing dapat mencegah munculnya pilek yang disertai sakit kepala. Berikut ini beberapa penyebab sering pilek dan pusing seperti dibawah ini.  Baca tentang batuk karena penyakit jantung.

  • Karena Flu

Virus influenza atau penyebab flu ini akan memicu produksi lendir di dalam rongga hidung yang berleibhan sehingga akan mengganggu sistem pernapasan penderita. Intensitas dan durasi flu akan membuat produksi lendir lebih besar sehingga pilek semakin parah.

  • Karena Batuk

Kondisi tubuh yang mengalami batuk secara terus meneerus akan mudah memperburuk sistem kekebalan tubuh. Keadaan seperti ini yang dapat memicu timbulnya penyakit lainnya yaitu pilek. Hal ini dikarenkan kondisi daya tahan tubuh yang lemah akan mempermudah virus, bakteri dan kuman peneybab pilek masuk ke dalam tubuh dan berkembang.

Sponsors Link

  • Karena Infeksi Sinus

Pilek ini sering disebabkan oleh infeksi yang terjadi di rongga sinus. Infeksi ini akan menyebabkan meningkatkan produksi lendir dan menutupi rongga hidung. Sinusitas atau infeksi di rongga sinus akan berdampak pada sakit kepala. Hal ini dikarenkan lendir pada rongga sinus akan menekan syaarf pada kepala dan menyebabkan pusing.

Penanganan Sering Pilek dan Pusing

Pilek yang disertai rasa pusing di kepala ini memang sangat mengganggu aktifitas keseharian pendeitanya. Selain itu, kondisi pilek dan pusing akan mempercepat munculnya penyakit lainya bahkan akan tercipata penyakit kronis atau berbahaya apabial pilek yang disertai sakit kepala ini tidak segera ditangani secara tepat dan benar. Pengobatan yang tepat dan benar membuat penderita sembuh dari terhindar dari penyakit kronis. Berikut ini penanganan sering pilek dan pusing, antara lain: Baca juga tentang cara mengobati salesma.

1. Lakukan terapi uap

kondisi pilek membuat kesulitan dalam bernapas karena terdapat lendir atau cairan yang menutupi rongga hidung. Salah satu cara meredakan pilek yaitu dengan menghilangkan lendir tersebut sehingga rongga hidung lega dan menormalkan sistem pernapasan. Cara yang dapat dilakukan untuk kondisi ini yaitu lakukan terapi uap. Uap yang ada di terapi ini dapat melegakan rongga hidung dan menyembuhkan pilek disertai pusing.

Sponsors Link

2. Perbanyak mengkonsumi air putih

air putih memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan. Selain untuk meningkatkan asupan cairan di dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi, air putih juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan memperbanyak mengkonsumsi ari putih mampu meredakan pilek yang disertai pusing.

3. Rutin mengkonsumsi buah dan sayuran

dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Buah dan sayuran yang dikonsumsi tersebut harus mengandung vitamin C. Penderita pilek dan pusing akan sangat baik jika sering mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C. Hal ini dikarenakan dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut akan mampu menyembuhkan pilek yang disertai pusing.

Demikian penjelasan secara lengkap dan mendalam tentang sering pilek dan pusing: gejala, penyebab, penanganannya. Bagi Anda yang sekarang mengalami pilek disertai pusing maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan diatas agar Anda dapat mendapatkan solusi yang tepat untuk menyembuhkan pilek yang Anda alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,