Sponsors Link

Sering Terkena Flu dan Demam : Penyebab – Bahaya – Pengobatan

Sponsors Link

Saat terserang sakit flu yang disebabkan oleh infeksi virus pada bagian sistem pernafasan kita, biasanya akan menimbulkan beberapa gejala lanjutanseperti sakit kepala, badan menjadi pegal hingga menjadi demam. Flu dan demam sering kali menjadi gejala yang dialami sebagian orang dan membuat keadaan tubuh menjadi lemah dan tidak bisa beraktifitas dengan maksimal. Sakit flu sebenarnya bukan merupakan penyakit berat, namun harus segera ditangani jika sudah muncul vitamin untuk flu  beberapa gejala tadi.

ads

Ketika sedang flu dan demam, kita harus mengetahui berapa suhu tubuh kita saat itu. Demam yang tinggi biasanya mencapai 38 derajat celcius. Jika saat flu Anda juga merasakan demam, maka ini sebagai proses kekebalan tubuh Anda yang sedang melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, parasit atau bakteri. Flu dan demam juga dapat sembuh setelah pemberian obat flu yang ampuh serta perbedaan flu dan pilek istirahat yang cukup.

Penyebab Sering Terkena Flu dan Demam

Flu dan demam utamanya dapat menyerang tubuh manusia sekaligus, karena virus yang berhasil masuk ke dalam tubuh dari lingkungan sekitar, merupakan virus penyebab flu dan demam. Virus flu umumnya menyerang tubuh orang yang sistem kekebalanya sedang menurun. Masa inkubasi virus tersebut biasanya berlangsung hingga 3 hari kedepan. Adapun demam yang dialami, merupakan salah satu gejala flu yang muncul sejak awal terkena virus flu hingga beberapa hari setelahnya. Virus penyebab flu dan obat batuk dan pilek tradisional demam adalah rhinovirus.

Bahaya Sering Terkena Flu dan Demam

Flu dan demam sebenarnya bukan penyakit berbahaya yang bisa berlangsung sangat lama. Namun, sakit flu dan demam dapat terjadi berulang, jika pasien yang mengalaminya memang memiliki sistem imun yang menurun. Jika terulang, maka flu dan demam ini bisa jadi merupakan indikasi penyakit yang lebih serius. Adapun beberapa faktor pemicu yang menyebabkan kondisi ini adalah:

  • Kurang beristirahat
  • Memiliki pola makan yang kurang teratur
  • Kurang melakukan aktifitas fisik
  • Mengalami stress yang berlebihan
  • Sistem kekebalan tubuh yang mudah menurun

Jika Anda mengalami sakit flu dan demam secara berulang, sebaiknya gejala flu pada anak segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Pengobatan Sering Terkena Flu dan Demam

Sakit flu dan demam yang sedang dialami, tentunya harus segera diobati agar kita tetap bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Untuk artikel ini, akan direkomendasikan beberapa pengobatan alami dan mudah untuk mempercepat proses kesembuhan flu dan demam, yaitu :

Banyak Beristirahat

Saat terkena flu apalagi disertai dengan demam, keadaan tubuh biasanya akan menjadi lemah karena sistem imun kita sedang melawan virus penyebab flu tersebut. Oleh sebab itu, banyaklah makanan untuk flu beristirahat di tempat tidur. Usahakan tubuh kita tetap hangat kondisinya dengan menggunakan selimut.

Minum Teh Hijau Hangat

Apakah Anda tahu, Teh hijau memiliki kandungan seperti antioksidan dan polifenol yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Saat flu, seduh teh hijau kurang dari satu menit dalam air mendidih.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat menurunkan risiko sakit flu bagi orang yang mudah terserang virus penyebab flu. Vit C dapat diperoleh dari suplemen maupun jenis buah-buahan alami.

Saat terkena flu sebaiknya kita lebih banyak beristirahat di tempat tidur dan juga menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan hangat seperti sup hangat. Sering terkena flu dan demam tidak akan terulang lagi jika kita menjaga kondisi tubuh dengan baik.

, ,