Sponsors Link

Benarkah Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak ? Apakah Bahaya?

Sponsors Link

Batuk memang terkesan diremehkan oleh sebagian orang. Bahkan penyakit ini tidak diberikan tindakan lebih lanjut ketika orang terkena batuk. Mayoritas orang beranggapan batuk akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Apakah Anda beranggapan seperti demikian? Kalau iya, Anda salah. Batuk merupakan gejala awal dari penyakit – penyakit yang lebih serius.

ads

Batuk bisa menyebabkan segala kemungkinan seperti TBC, sesak napas atau bahkan berakibat batuk dan flu dapat menyebabkan kematian. Sesak nafas akibat batuk merupakan suatu gangguan pernafasan yang wajib Anda waspadai efek sampingnya. Batuk yang menyebabkan sesak napas ini dapat menyerah siapa saja tidak mengenal usia. Akan tetapi hanya jenis batuk tertentu yang dapat mengakibatkan sesak napas.

Benarkah sesak nafas karena batuk berdahak?

Batuk berdahak merupakan batuk yang mengeluarkan cairan dari rongga mulut. Hal ini diakibatkan oleh cairan yang tersumbat di tenggorokan yang susah untuk keluar. Kondisi seperti ini yang membuat saluran pernapasan akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Oleh sebab itu batuk berdahak berpotensi besar dalam mengalami serangan sesak nafas. Apabila batuk yang  Anda alami sekarang dibiarkan atau tanpa pengobatan yang tepat maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan Anda mengalami sesak nafas yang tentunya sangat tidak menyenangkan dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-sehari. (baca juga: batuk berdahak hanya malam hari )

Batuk berdahak ini sangat tidak nyaman untuk penderitanya, penderita mengalami susah berkomunikasi secara verbal, menelan makanan, sehingga nafsu makan menurun dan berat badan pun akhirnya menurun. Sesungguhan dahak terjadi ketika tumpukan lendir dapat berubah menjadi dahak dan biasanya dahak berwarna putih kental. Hal ini disebabkan oleh keberadaan virus dan bakteri yang berkembang dalam lendir tersebut, dimana semakin pekat warna dahak maka semakin parah infeksi yang sedang terjadi. Salah satu contohnya adalah batuk berdahak hijau.

Apakah bahaya?

Sesak nafas memang sangat bahaya, karena apabila tidak ditangani secara cepat, tepat dan benar maka dapat berakibat pada radang paru – paru. Hal ini akan sangat membahayakan bagi keberlangsungan hidup penderita apalagi terkena batuk kronis. Dimana beragam penyebab batuk kronis.  Berikut ini bahaya – bahaya fatal apa saja yang mungkin terjadi pada penderita jika tidak diobati secara cepat dan tepat, antara lain:

  • Radang Tengorokan

Kondisi ini erat kaitannya dengan jumlah dahak yang ada di tenggorokan. Batuk yang disertai dengan sesak nafas akan berdampak pada radang tenggorokan dan sakit ditenggorokan saat menelan makanan. Kondisi seperti ini yang akan membuat penderita mengalami nafsu makan yang berkurang sehingga apabila tidak ada penanganan khusus makan akan berdampak buruk yaitu menurunnya daya tahan tubuh penderita.

Hal ini akan lebih parah lagi karena akan memudahkan virus atau bakteri pembawa penyakit lain masuk ke jaringan tubuh penderita. Seperti itulah munculnya penyakit kronis yang lebih parah dan berbahaya.

  • Suara Menghilang
Sponsors Link

Dampak lain dari batuk yang disertai sesak nafas adalah hilangnya suara. Suara diproduksi di pitas suara dan pita suara berada di area tenggorokan. Apabila tenggorokan ada gangguan maka secara tidak langsung akan berdampak negatif untuk produktifitas pita suara.

Gangguan produktifitas suara ini bisa berupa suara serak atau bahkan suara menghilang. Apabila penderita mengalami hal ini akan susah bagi penderita untuk berkomunikasi secara verbal sehingga membuat aktifitas penderita tidak akan efektif dan produktif.

  • Tubuh penderita lemas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan menurunnya nafsu makan maka akan mengurangi berat badan. Hal ini akan berdampak pada kondisi tubuh penderita menjadi lemas karena tidak ada input makanan yang akan dirubah menjadi energi.

Sponsors Link

  • Munculnya penyakit lain yang lebih bahaya

Penderita yang sudah tidak memiliki nafsu makan maka secara otomatis akan berdampak buruk yaitu berkuranganya daya tahan tubuh penderita. Hal ini akan mengakibatkan penyakit – penyakit yang lebih bahaya lagi seperti serangan jantung.

  • Berpotensi terkena radang paru – paru

Karena penderita mengalami batuk yang susah bernafas atau sesak nafas berarti ada ketidak optimalan fungsi paru – paru. Hal ini kalau dibiarkan secara terus – menerus maka tidak menutup kemungkinan penderita mengalami radang paru – paru. Kondisi seperti ini sangat memperhatikan bagi Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda periksakan diri sebelum berakibat fatal.

Nah, begitulah penjelasan mengenai batuk berdahak disertai sesak nafas. Kondisi seperti ini harus Anda cermati dan perhatikan secara seksama agar Anda dan keluarga Anda dapat mewaspadai dan menindaklanjuti secara cerdas ketika mengalami hal serupa. Semoga artikel ini bermanfaat. ( baca juga: batuk karena diabetes )

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab