Sponsors Link

Sinusitis Karena Alergi: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Mungkin sebagian dari kalian masih awam tentang penyakit sinusitas. Sinusitas merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan pada daerah sinus atau rongga diantara hidung dan sekitar pipi. Peradangan ini menimbulkan infeksi hingga menganggu saluran pernapasan lainnya.

ads

Sinusitas ini disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang dapat datang dari berbagai kondisi tubuh manusia seperti tingkat kelembaban pada rongga hidung. Selain itu kondisi penderita yang alergi pada alergen tertentu dapat memicu munculnya sinusitas ini. Pada artikel ini akan dibahas tentang sinusitas karena alergi : penyebab, bahaya dan pengobatan.

Jenis Sinus 

Pada organ tubuh manusia memiliki beragam jenis sinus di area sekitar wajar. Berikut ini jenis sinus antara lain:

  1. Sinus ethamoid, sinus ini terdapat diatara dua mata
  2. Sinus maksilaris, sinus ini terletak dibalik tulang pipi
  3. Sinus spenoid, sinus ini berada di belakang dahi
  4. Sinus frontalis, sinus ini ada di pangkal hidung dekat dengan dahi

Penyebab Sinusitas 

Keadaan penderita sinusitas ini sangat terganggu dan tidak nyaman dalam beraktifitas sehari – hari. Oleh sebab itu, sinusitas ini harus segera diobati agar tidak berdampak parah dan menimbulkan penyakit lainnya. Dalam proses penyembuhan harus dilihat terlebih dahulu asal muasal atau penyebabnya agar dapat dicarikan solusi yang tepat. Selain itu, mengetahui penyebab sinusitas dapat membantu Anda dalam mencegah agar tidak terulang kembali terkena sinusitas. Berikut ini beberapa penyebab sinusitas, antara lain:

  • Karena infeksi Virus

Salah satu faktor pemicu munculnya sinusitas adalah infeksi virus seperti virus influenza penyebab penyakit flu. Virus influenza ini dapat menjalar ke area rongga sinus dan berpotensi memicu timbulnya sinusitas. Virus yang masuk ke rongga sinus akan membuat peradangan pada area rongga sinus. Virus influenza yang telah menjalar ke rongga sinus mengindikasikan flu berkepanjangan dan terus menerus disertai dengan intensitas flu yang tinggi. Sebaiknya Anda tangani secara cepat, tepat dan benar dengan rutin mengkonsumsi obat sinusitas hingga kondisi Anda benar – benar stabil dan tidak muncul flu.

Artikel Terkait:

  • Karena Alergi

Faktor ini merupakan penyebab yang sering dialami oleh mayoritas orang ketika menderita sinusitas. Beberapa orang memiliki alergi terhadap alergen terntu seperti dalam keadaan suhu yang dingin dimana ada beberapa orang yang dengan mudahnya mengalami flu. Selain virus influenza yang mudah berkembang di suhu dingin, keadaan tubuh orang tersebut yang sensitif terhadap dingin membuat sistem kekebalan tubuhnya menurun sehingga dengan mudahnya virus influenza masuk ke dalam tubuh orang tersebut. Selain alergi tersebut juga terdapat alergi lainnya seperti alergi debu, serbuk sari, bulu binatang, tungai dan makanan tertentu.

  • Kebiasaan Merokok

Salah satu kebiasaan yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan adalah merokok. Salah satu ganguan yang sering dialami perihal gangguan pada sistem pernapasan. Hal ini dikarenakan asap rokok dapat terhirup melalui rongga hidung dapat menjalar ke rongga sinus dan dapat memicu timbulnya penyakit sinusitas. Selain asap rokok, merokok juga dapat memicu penyakit kronis seperti serangan jantung, kanker, impotensi dan sebagainya.

Sponsors Link

Bahaya Sinusitas Karena Alergi

Setiap penyakit berpotensi memicu munculnya penyakit lainnya. Alergi memang menjadi faktor utama dan sering dialami oleh banyak orang ketika mengalami sinusitas. Penyakit yang erat kaitannya dengan sistem pernapasan ini dapat berdampak ke sistem tubuh lainnya. Berikut ini dampak atau bahaya sinusitas karena alergi seperti dibawah ini.

1. Infeksi telinga

dampak penyakit sinusitas ini dapat menjalar ke sistem pendengaran manusia. Hal ini dikarenakan letak sinus yang berdekatan dengan telinga membuat sinusitas dapat menimbulkan infeksi telinga. Infeksi ini bisa berupa infeksi bagian dalam telinga maupun luar telinga atau di daun telinga. Telinga yang terinfeksi akan mengalami peradangan dan rasa nyeri dibagian teling tersebut

2. Osteomyelitis

ads

kondisi gangguan kesehatan ini dialami berupa rasa sakit kepala akibat adanya peradangan. Osteomyelitis ini merupakan salah satu bahaya dari sinusitas karena alergi yang sering disertai dengan beberapa gejala seperti mual, muntah dan demam tinggi.

3. Infeksi pembuluh darah di sekitar sinus

Akibat sinusitis yang tidak diobati dapat mengakibatkan terjadinya infeksi pembuluh daerah di sekitar sinus yang mengalami sinusitas. Hal ini dikarenakan pembuluh darah di sekitar sinus tersebut mengalami tekanan dan kompresi dari syaraf sinus sehingga menyebakan munculnya rasa nyeri.

Pengobatan Sinusitas Karena Alergi

Setiap gangguan kesehatan baik ringan maupun berat harus segera diobati dan disembuhkan dengan cepat, tepat dan benar. Oleh sebab itu pengobatan sinusitas karena alergi ini harus dicari cara yang cepat, tepat dan benar dalam mengobati sinusitas tersebut. Berikut ini beberapa pengobatan sinusitas karena alergi antara lain:

  • Mengkonsumsi minuman hangat

Anda dapat mengkonsumsi teh hangat atau sup hangat yang digunakan untuk melegakan sistem pernapasan serta meredakan flu. Selain itu, juga mampu untuk menghangatkan rongga hidung sehingga juga dapat merilekskan syaraf disekitar rongga hidung dan sinus diasekitar area wajah. Keadaan membuat sinusitas Anda akan sembuah secara perlahan – lahan.Pada sinusitis yang masih tergolong ringan dapat disembuhkan dengan meminum minuman penyembuh flu.

  • Memperbanyak mengkonsumsi air putih, 

Air putih memang banyak memiliki khasiatnya dan yang paling utama yaitu mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat maka dipastikan virus influenza akan mati sehingga akan meredakan sinusitas. Selain itu, manfaat air putih lainnya yaitu mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Mengkonsumsi air jahe dan madu

Khasiat jahe memang terbukti ampuh dalam mengobati flu karena mampu melegakan sistem pernapasan terutama di bagian rongga hidung. Selain itu, juga dapat melegakan dan merilekskan rongga sinus. Keadaan ini yang membuat peradangan pada rongga sinus akan berkurang dan dengan berjalannya waktu akan sembuh. Selain itu manfaat jahe serta madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita sehingga sistem imun dapat melawan virus influenza penyebab flu dan sinusitas. Baca juga cara menyembuhkan sinusitis.

Demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang sinusitis karena alergi: penyebab, bahaya dan pengobatan. Bagi Anda yang sekarang menderita penyakit sinusitas maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan tersebut sehingga Anda dapat mencoba untuk mengobati sinusitas yang Anda alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus