Sponsors Link

Kenapa Suara Tiba-Tiba Hilang Tanpa Sakit Tenggorokan Karena Batuk ?

Sponsors Link

Semua orang tentu pernah merasakan suara tiba-tiba hilang tanpa sakit tenggorokan. Selanjutnya akan muncul di pikiran mengapa terjadi hal demikian. Dan tentu akan berpikir bagaimana cara pengobatannya. Karena penyakit yang seperti ini tentu tidak jelas asal-usulnya. Biasanya suara hilang didahului sakit tenggorokan atau batuk karena amandel. Namun jika tidak timbul tanda-tanda demikian, maka apa yang sebenarnya terjadi. Sementara tidak banyak informasi yang bisa didapat dengan jelas tanpa menanyakan hal ini kepada dokter dan mendapatkan diagnosa penyebab yang tepat. Sehingga untuk mengatasi hal ini, berikut penjelasan mengenai kondisi suara tiba-tiba hilang tanpa sakit tenggorokan. Termasuk gejala, penyebab dan cara mengatasinya.

ads

Gejala

Biasanya jika suara tiba-tiba hilang tanpa sakit tenggorokan umumnya akan didahului oleh beberapa gejala seperti di bawah ini:

  • Timbul demam ringan yang tidak terlalu tinggi namun timbul selama beberapa hari secara konstan dan tidak kunjung sembuh.
  • Disertai rasa tidak nyaman di badan karena demam termasuk flu demam serta sakit kepala atau pusing.
  • Perut terasa kurang nyaman dan merasakan mual ingin muntah.
  • Pernafasan terasa kurang lancar dan bahkan dapat menimbulkan batuk yang menyebabkan sesak nafas atau kesulitan bernafas.

Penyebab

Biasanya kondisi ini dapat terjadi karena beberapa sebab, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Iritasi pada tenggorokan, yang menyebabkan suara menjadi hilang namun tidak disertai batuk. Karena itu untuk meyakinkan penyebabnya sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter THT. Sehingga didapat keterangan tentang sumber penyakit yang lebih jelas.
  • Banyak dahak di dada, yang membuat pita suara di tenggorokan tertutup oleh dahak. Akibatnya akan timbul kesusahan dalam berbicara. Suara akan hilang dan nantinya baru dapat timbul kembali jika dahak di pita suara berangsur-angsur menghilang dengan perlahan.
  • Serangan infeksi baik akibat virus maupun bakteri, dimana hal ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan maupun infeksi tenggorokan lainnya. Sehingga sebaiknya segera diatasi dengan pengobatan yang sesuai.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi kondisi yang tidak nyaman tersebut, sebaiknya segera atasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Minum air putih sebanyak mungkin, usahakan minimum 2 liter dalam satu hari. Supaya dahak yang menutupi pita suara dapat makin encer dan suara akan kembali normal seperti sedia kala.
  • Istirahat dan olahraga teratur, supaya daya tahan tubuh makin prima dan imunitas tubuh makin maksimal. Dengan demikian maka penyakit yang menyebabkan batuk berdarah akan cepat pulih dengan sendirinya dan suara dapat kembali normal seperti semula.
  • Konsumsi obat herbal baik untuk meredakan batuk dan radang pada tenggorokan. Dengan demikian obat tersebut akan mengencerkan dahak pada pita suara dan menghilangkan penyebab iritasi atau radang pada tenggorokan. Dengan demikian suara akan kembali normal seperti sebelumnya.
  • Makan dan minum yang berkuah hangat supaya tenggorokan selalu terasa hangat pula. Dengan demikian maka penyakit penyebab suara hilang akan sembuh dengan sendirinya. Sehingga kemampuan pita suara dapat kembali dan penyebab batuk berdarah dapat dihindari.

Demikian beberapa penjelasan tentang kondisi suara tiba-tiba hilang tanpa sakit tenggorokan. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, maka akan dapat dilakukan langkah pengobatan yang sesuai. Sehingga penyakit cepat sembuh dan tidak muncul lagi di kemudian hari. Yang terutama tidak disertai balita batuk pilek tidak sembuh-sembuh dan dapat sembuh segera dengan sendirinya ataupun secara alami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu